in , ,

Taman Kebon Ratu, Taman Indah dengan Spot Foto Berbahan Barang Bekas

Dijamin betah deh kalau sudah ke sini

Siapa bilang mencari area wisata gratis dan menarik di Jombang susah. Walaupun tidak terkenal sebagai daerah jujukan wisata, kita bisa menemukan beberapa destinasi menarik dan tentunya gratis di seputaran Jombang. Salah satunya adalah Taman Kebon Ratu. Tidak seperti taman biasa, taman yang sangat luas ini menyajikan beberapa titik untuk bersantai dan juga spot-spot foto menarik untuk pengunjungnya. Untuk lebih jelasnya, bisa simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Berseni Tinggi dan Tak Boleh Terlupa, Deretan Sarung Tradisional Khas Indonesia

Lokasi Taman Kebon Ratu

taman kebon ratu
Salah satu sisi Taman Kebon Ratu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Taman Kebon Ratu ini berlokasi di Keplaksari, Peterongan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Lokasinya persis di ujung sebuah pertigaan jalanan utama yang sangat sibuk dan dilewati kendaraan-kendaraan umum antar kota dan provinsi. Sehingga bisa dibilang sangat mudah untuk sampai ke taman indah satu ini.

Hal yang lebih menyenangkan lagi, area parkir yang sangat luas di taman ini sangat mengakomodir semua pengunjung yang datang. Baik menggunakan motor ataupun mobil, semua bisa parkir dengan aman dan nyaman.

Ada Bangunan Unik Yang Mempercantik Area Taman

taman kebon ratu
Area instalasi bambu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sejak masuk ke dalam area taman, kita akan langsung disambut uniknya bangunan yang semakin mempercantik Taman Kebon Ratu ini. Pertama ada sebuah gapura unik dari bambu berwarna-warni. Saking menariknya, beberapa pengunjung juga ada yang memanfaatkannya sebagai area berfoto.

taman kebon ratu
Toilet Taman Kebon Ratu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke bagian belakang area Taman Kebon Ratu, kita juga akan menemukan sebuah bangunan unik dan menarik. Bangunan itu seperti sebuah rumah teletubbies berupa gundukan yang dipenuhi dengan rerumputan hijau. Dilengkapi juga dengan beberapa jendela di samping kanan dan kiri serta pintu di depannya. Dengan bentuk yang begitu menggemaskan, tak ada yang menyangka kalau itu adalah sebuah toilet.

Banyak Spot Foto Keren

taman kebon ratu
Spot tulisan Keplaksari (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pengunjung Taman Kebon Ratu yang kebanyakan adalah anak-anak muda membuat pengelola taman memberikan fasilitas-fasilitas untuk kalangan kekinian, yaitu spot-spot selfie yang menarik. Berjalan ke sisi selatan, kita akan menemukan sebuah rangkaian tulisan besar yang tertulis “Keplaksari”. Beberapa pengunjung biasanya suka berfoto di depan tulisan besar ini.

lrm_export_20190826_065525_7GH.jpg
Spot pesawat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada juga spot berupa monumen kapal perang milik TNI AU. Monumen pesawat ini diletakkan tepat di pojok pertigaan jalan besar. Selain menarik untuk menjadi objek foto pengunjung taman, monumen kapal perang ini secara tidak langsung menjadi identitas Taman Kebon Ratu.

lrm_export_20190826_065425_wyB.jpg
Patung dari bahan bekas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan ke dalam taman kita akan menemukan banyak spot menarik untuk mengambil foto. Berupa tumpukan barang bekas yang dibentuk sedemikian rupa menjadi beberapa patung yang menyerupai hewan. Seperti jerapah, badak dan beberapa patung hewan lainnya.

lrm_export_20190826_065318_Slf.jpg
Spot dari ban bekas (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sedangkan di sisi utara, kita akan menemukan sebuah taman bunga dengan bentuk melingkar. Tepat di tengahnya ada sebuah patung berbentuk bunga warna-warni. Uniknya lagi patung tersebut terbuat dari bahan bekas berupa pipa besi dan juga ban-ban tak terpakai yang disatukan sehingga membentuk sebuah patung bunga lengkap dengan tangkainya.

Taman Rindang Cocok Untuk Olahraga Pagi Dan Sore

taman kebon ratu
Suasana Taman Kebon Ratu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Taman Kebon Ratu ini memang terhitung sangat luas. Di dalamnya pun kita bisa melakukan berbagai aktivitas, termasuk olahraga. Di sisi utara area parkir kendaraan kita bisa menemukan tanah lapang yang dimanfaatkan untuk area olahraga panahan. Sementara itu, jalur pejalan kali di dalam taman biasanya dimanfaatkan pengunjung taman untuk joging di pagi dan sore hari.

Bermain dengan Burung Merpati Di Tepi Telaga

taman kebon ratu
Dermaga di taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bertempat di tengah Taman Kebon Ratu, kita bisa menemukan sebuah telaga kecil dengan air yang dangkal. Tapi bukan itu sisi menariknya. Tepat di sisi telaga kita akan menemukan bangunan dermaga beton lengkap dengan gazebo untuk bersantai.

Hal yang menarik adalah adanya rumah-rumah burung merpati yang dipasang di sekitar tempat ini. Kita bisa bermain bersama burung merpati di area dermaga buatan ini. Nah, supaya burung mau mendekat, kita dapat memberinya makan.

Tersedia Area Khusus Merokok

taman kebon ratu
Area khusus merokok (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di dalam taman ini juga disediakan area khusus merokok. Keadaannya sangat baik dan terawat, jadi para perokok bisa dengan bebas menghisap rokoknya di sini. Namun sayangnya, para pengunjung memanfaatkan tempat ini untuk duduk-duduk santai.

Jadi, itulah taman indah yang berada di Kabupaten Jombang. Keindahannya tak kalah dengan taman lain yang sudah lebih dulu populer. Bagaimana, apa kalian tertarik untuk mengunjunginya? Next

ramadan

Pulau Bidadari, Tempat Melarikan Diri dari Hiruk Pikuk Jakarta

Taman Mozaik, Destinasi Instagenic yang Bermula dari Sebuah Rawa