in , ,

Taman Labirin di Jawa, Sensasi Liburan yang Seru!

Serunya Menjelajah Taman Labirin di Jawa, Semuanya Unik

Labirin Coban Rondo
Labirin Coban Rondo via Instagram.com/martadina96

Taman Labirin sempat jadi tren di sejumlah tempat wisata. Wahana ini menantang para pengunjung untuk memilih jalur bercabang demi menemukan jalan keluar. Pastinya seru dan jadi pengalaman liburan tak terlupakan. Nah, kali ini saya akan merekomendasikan beberapa Taman Labirin di Jawa untuk Teman Traveler kunjungi. Yuk, simak satu-persatu, awas tersesat ya!

Baca juga : Eksotisnya Kali Opak Tujuh Bulan, Desa Wisata Baru di Kabupaten Sleman

Wanawisata Baturraden

img_20190902_055848_S9c.jpg
Labirin Baturraden via Instagram.com/olipe_oile

Baturraden dikenal sebagai kawasan yang punya potensi alam beragam. Di sini Teman Traveler bisa menemukan wahana taman labirin yang ada di kawasan Perhutani Wisata Alam (Palawi). Lokasi tepatnya ada di Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Bisa kalian tempuh menggunakan sepeda motor, melintas jarak 18 kilometer dalam perjalanan kurang lebih satu jam.

Kawasan hutan di sini cukup rindang, ciptakan suasana asri dan sejuk. Teman Traveler juga bisa temukan sejumlah villa dan penginapan jika ingin habiskan waktu lebih lama.

Untuk menikmati keseruan taman labirin di sini, Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp10.000 saja. Jika berhasil melewatinya, kalian bakal disambut kesegaran air mancur yang mempesona. Wahana ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00, catat ya.

Rest Area Lembah Asri Serang

Labirin rest area serang
Cantik dan menantang via Instagram.com/mei_dwicahyani

Masih di Jawa Tengah, Teman Traveler juga bisa temukan labirin apik dan menantang di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Wahana ini masih satu komplek dengan rest area Lembah Asri Serang. Kalian tinggal berjalan kaki sekitar 500 meter melewati perkebunan sayuran untuk sampai sini.

Menariknya, labirin di sini dibuat dari barisan tanaman pucuk merah yang tampak memikat mata. Selain merasakan serunya jalan-jalan sambil bermain teka-teki, di sini Teman Traveler juga bakal temukan sejumlah spot apik untuk berswafoto. Pengelola bahkan sudah sediakan gardu pandang khusus guna menikmati pemandangan dari ketinggian.

Untuk menjajal wahana hasil kerja sama pengelola rest area dengan petani setempat ini, Teman Traveler cukup bayar biaya sekitar Rp5.000 per orang. Cukup murah bukan?

Benteng Van Den Bosch

Labirin van den bosch
Petuangan labirin dekat benteng Belanda via Instagram.com/aileenvin

Benteng Van den Bosch ternyata juga sediakan wahana teka-teki labirin. Teman Traveler bisa menemukan lokasinya di Jalan Untung Suropati, No.II,
Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Lokasinya sangat mudah diakses, hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kota.

Wahana ini berada persis di bagian depan benteng. Usai puas bermain di labirin, Teman Traveler bisa berfoto di spot-spot Instagenic bangunan berarsitektur Eropa tersebut. Menariknya lagi, jalan menuju sini sudah dilengkapi jalur pedestrian dengan guide block untuk penyandang disabilitas.

Untuk menikmati wahana dan keindahan di sekitar sini, Teman Traveler hanya dikenakan biaya sekitar Rp5.000. Cukup murah bukan? Buka antara pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, jangan lewatkan tempat ini jika bertandang ke Ngawi ya.

Air Terjun Coban Rondo

Labirin coban rondo
Uji kemampuan di sini, berani? via Instagram.com/martadina96

Selain Ngawi, Jawa Timur juga masih punya taman sesat lain di Coban Rondo. Lokasi tepatnya ada di Dusun Jurangrejo, Desa Pandesari, Pujon, Batu, Malang. Labirin yang cukup menantang ini tampak begitu indah dari kejauhan, dikelilingi dinding pembatas setinggi dua meter.

Jika berhasil mencapai pusat labirin, Teman Traveler bakal dimanja pemandangan segar air mancur. Tersedia pula gardu pandang untuk melihat indahnya labirin dari ketinggian, sekaligus tempat mengarahkan teman agar tak makin tersesat.

Cukup rogoh kocek sebesar Rp10.000, Teman Traveler sudah bisa nikmati kebingungan menyenangkan ini. Buka tiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00, labirin Coban Rondo bisa jadi tempat pas untuk habiskan akhir pekan.

Taman Bunga Nusantara

Labirin TBN
Labirin Renaissance via Instagram.com/irmansyach_

Kebun bunga seluas 23 hektar ini juga sediakan taman sesat raksasa menguji otak. Teman Traveler tak perlu khawatir tersesat karena sudah ada peta dan penunjuk arah lengkap. Selain itu ada petugas yang mengawasi dari menara pandang, siap memandu kalian jika tak kunjung menemukan jalan keluar.

Labirin ini berada di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Posisinya berdekatan dengan Gunung Gede dan Kebun
Teh Bogor. Jaraknya cuma sekitar dua jam perjalanan dari Jakarta.

Udara di sekitar sini cukup sejuk dan segar Teman Traveler. Sangat direkomendasikan untuk jadi pilihan relaksasi di akhir pekan. Buka setiap hari, Teman Traveler bisa mampir ke destinasi ini antara pukul 08.00 hingga 17.00.  

Balai Kota Bandung

Labirin balai kota bandung
Labirin di Bandung via Instagram.com/jypratama33

Jika ingin tantangan yang lebih sederhana, labirin di depan kantor Balai Kota Bandung bisa jadi pilihan tepat. Beda dengan labirin lain di daftar ini,
wahana dengan empat pintu masuk ini cuma punya sedikit persimpangan. Tantangan utamanya adalah semakin masuk, tanaman dinding pembatas bakal semakin tinggi.

Berada di kawasan gedung tua Bandung, labirin ini tawarkan suasana asri dengan pepohonan rindang berumur ratusan tahun di sekitarnya. Lebar labirin sekitar setengah meter, dengan lantai dari batu granit. Selain itu, pengelola juga sudah sediakan fasilitas umum seperti WiFi, mushola, dan toilet.

Beralamat di Jalan Wastukancana No 2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Jawa Barat, wahana ini cocok dijadikan arena liburan asyik bersama keluarga. Tempatnya buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 20.00.

Itulah rekomendasi taman labirin di Jawa yang bisa Teman Traveler sambangi. Jika sedang menjelajah wisata Bandung dan sekitarnya, boleh sekalian mampir. Dijamin bakal seru deh. Next

ramadan

4 Tempat Nongkrong Mahasiswa UI, Mana yang Sering Disinggahi?

Lokasi Main Skateboard di Malang, Asah Hobi Jadi Makin Asyik