in , ,

Taman Prestasi, Lokasi Teduh di Tengah Teriknya Surabaya

Ada wahana boatnya juga loh

Surabaya kini dikenal dengan kota seribu taman. Alasannya karena sejak di bawah pimpinan Ibu Tri Rismaharini, taman-taman teduh mulai dibangun di setiap sudut kota. Salah satunya adalah Taman Prestasi yang cukup menyita perhatian banyak orang. Kalau Teman Traveler ingin tahu lebih lengkap, simak informasinya di bawah ini.

Baca juga : Tamasya ke Kebun Binatang Surabaya, Gimana Kondisinya Sekarang?

1. Lokasi Taman Prestasi

taman prestasi
Gapura Taman Prestasi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Taman Prestasi letaknya sangat strategis lho, Teman Traveler. Yaitu dekat dengan Balaikota Surabaya dan berada di belakang Gedung Negara Grahadi. Tepatnya berada di Jl. Ketabang Kali No. 6 Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

2. Taman Hijau dengan Fasilitas Ruang Terbuka

taman prestasi
Koridor di taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika kalian masuk ke area Taman Prestasi, hawa sejuk sudah semakin terasa. Banyak sekali tanaman hijau di sana yang berfungsi untuk memberikan penyegaran kepada pengunjung. Bahkan, ada juga tanaman hijau yang digunakan sebagai terowongan. Selain untuk memberikan keteduhan, terowongan ini juga bisa digunakan sebagai spot berfoto.

taman prestasi
Sebuah sudut di Taman Prestasi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu ada hal menarik saat kalian masuk ke dalam taman melalui pintu masuk utama. Teman Traveler akan disambut sebuah patung Petruk dengan memakai baju safari khas Surabaya yang lengkap dengan udengnya. Patung ini seolah menjadi penanda selamat datang untuk pengunjung yang masuk ke dalam area Taman Prestasi.

taman prestasi
Area tengah taman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan ke bagian tengah Taman Prestasi, ada sebuah area berbentuk lingkaran dilengkapi dengan tribun mini di sekelilingnya. Setiap sore hari tempat ini begitu ramai. Ada anak-anak belajar bersama dan pemuda pemudi berkumpul sambil bergurau. Kalau di hari Minggu, tempat ini biasanya digunakan beberapa komunitas untuk bertukar pikiran.

3. Ada Arena Bermain untuk Anak

lrm_export_20190826_062347_rTf.jpg
Arena bermain anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Anak-anak juga ikut dimanjakan apabila datang ke taman satu ini. Ini dikarenakan banyaknya arena bermain di setiap sudut taman. Menariknya lagi, arena bermain tersebut terletak di lokasi yang teduh, sehingga anak-anak tidak akan terkena panas.

lrm_export_20190826_062306_iKg.jpg
Belajar di area outdoor (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau kalian datang ke Taman Prestasi di hari Jumat atau Sabtu, biasanya akan bersamaan murid sekolah Taman Kanak-Kanak ataupun Playgroup yang sedang melakukan pembelajaran outdoor. Mereka melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bermain hingga belajar tentang lingkungan sekitar.

4. Ada Maskot Prestasi di Dalamnya

lrm_export_20190826_062540_u54.jpg
Maskot Adipura (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di dalam taman ini juga terdapat beberapa maskot sebagai penanda prestasi yang pernah diraih Surabaya. Salah satunya adalah maskot Adipura yang bisa Teman Traveler temukan di tengah-tengah taman bunga.

lrm_export_20190826_062614_stk.jpg
Maskot Wahana Tata Nugraha (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada juga maskot Wahana Tata Nugraha yang terpajang di sana. Maskot tersebut merupakan penghargaan tahunan yang diberikan Pemerintah Indonesia untuk kota-kota dengan tatanan transportasi publik yang baik. Salah satunya ya Surabaya ini. Oleh karenanya, taman ini dinamakan dengan Prestasi.

lrm_export_20190826_062035_aOF.jpg
Patung pesawat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain beberapa maskot prestasi, ada juga monumen pesawat perang bekas milik TNI AU yang dipajang. Biasanya, monumen satu ini digunakan pengunjung sebagai area berfoto.

5. Wahana Boat Untuk Hiburan Pengunjung

lrm_export_20190826_062221_wCd.jpg
Wahana boat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada fasilitas menarik lain yang disediakan oleh taman satu ini. Yaitu kapal boat yang berada di Kali Mas. Teman Traveler bisa mencoba wahana ini setiap harinya. Untuk Senin – Jumat beroperasi dari jam 08.00 sampai 15.00. Sedangkan hari Sabtu buka dari pukul 08.00 – 15.00, lalu buka kembali jam 18.00 sampai 21.00. Sementara Minggu buka dari jam 07.00 dengan pola operasional seperti hari Jumat. Untuk harga tiketnya adalah sebesar Rp4 ribu per orang.

Itulah informasi tentang Taman Prestasi yang ada di Surabaya. Ada banyak hal yang bisa ditemukan di sana. Bukan hanya ada tempat duduk, tapi juga terdapat wahana yang bisa memanjakan pengunjung. Jadi, Teman Traveler jangan sampai lupa mampir ke sini ketika berada di Surabaya. Next

ramadan
Pantai Sendiki Malang

Pantai Sendiki, Jangan Ngaku Pecinta Pantai Kalau Belum ke Sini

Salah satu menu di RM Kampung Kecil Depok

Kampung Kecil Depok, Lesehan Nikmat Harga Bersahabat