in ,

Viral Tanah Retak di Pantai Anom, Kenapa Ya?

Ada kejadian yang tengah viral di media sosial. Adalah tanah retak di Pantai Anom, Kabupaten Tangerang. Kira-kira kenapa ya penyebabnya?

Baru-baru ini, ada wisata alam yang sedang hits di jagat maya. Namanya adalah Pantai Anom. Hal ini dikarenakan tanah pantai tersebut mengalami keretakan. Wah, kok bisa ada tanah tiba-tiba retak di Pantai Anom ya? Yuk simak ulasan di bawah ini tentang alasannya. 

Baca juga : The Most Mesmerizing Destinations in Poso

Ini Penyebab Tanah Retak 

tanah retak di pantai anom
Ada penyebab dari tanah retak via instagram/ nurmayuliyanti_

Melihat keretakan tanah di Pantai Anom, banyak yang mengira kalau peristiwa tersebut terdapat campur tangan manusia. Sebenarnya, itu adalah pernyataan yang salah teman traveler. Alasannya karena tanah retak tersebut asli dari fenomena alam, di mana pada waktu itu Sungai Cisadane meluap dan membawa lumpur ke Pantai Anom. 

Kemudian, musim kemarau pun datang dan berlangsung agak lama. Selanjutnya, di tengah-tengah musim kemarau, hujan turun sehingga membuat pasir yang bercampur lumpur tadi mengeras. Alhasil, pasir wisata Tangerang ini gersang dan mengalami keretakan. 

Fenomena Ini Tidak Berbahaya

Fenomenanya tidak berbahaya via instagram/ lussyanitz

Tanah retak memang terdengar menakutkan. Namun, ini fenomena yang berbeda kok dari tanah retak yang menyebabkan bencana seperti di Sukabumi. Jika tanah retak di Sukabumi disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi, sehingga membuat rumah berpindah dari tempatnya atau bahkan sampai runtuh.

Sedangkan tanah retak yang ada di Pantai Anom terjadi lantaran percampuran pasir dengan lumpur yang mengeras. Jadi, fenomena ini tidak berbahaya sama sekali kok. 

Semakin Banyak Pengunjung yang Datang 

Banyak wisatawan yang berkunjung via instagram/ heldaa_dhg

Semenjak ada fenomena tanah retak ini, banyak sekali wisatawan yang datang ke sana. Ada yang sekedar melihat-lihat, tapi banyak juga yang mengabadikan momen. Tanah retak tersebut membuat foto menjadi lokasi yang instagenic. Pantai yang dulu sepi pengunjung, kini malah menjadi destinasi yang paling dicari-cari. 

Ini Lokasi dari Pantai Anom

Letaknya di Kabupaten Tangerang via instagram/
abie.banyu

Untuk Teman Traveler yang ingin menengok keindahannya, bisa langsung datang ke Tangerang. Tepatnya di Desa Kramat, Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Pantai ini sangat mudah dicari kok, lantaran letaknya dekat dengan pusat daerah Pakuhaji. 

Fenomenanya sangat unik, sehingga cocok untuk menjadi destinasi liburan Teman Traveler selanjutnya. Menurut kalian, apa ada pantai unik lain dengan fenomena yang sama?  Next

ramadan

Aktivitas Seru di Beachfront Hotel Lombok, Bisa Berayun Hingga Berkuda

Serunya Perang Pandan

Perang Pandan Tenganan, Persembahan Unik untuk Dewa Indra