in ,

Tanboy Kun Santap Nasi Padang Jumbo, Yuk Kenali Aneka Nasi Gurih dari Sumatera Ini

Sudah tahu bedanya nasi Kapau sama nasi Padang jumbo, Teman Traveler? Kalau belum, berarti kalian wajib baca informasi berikut.

Nasi Gurih dari Sumatera

Pecinta kuliner pasti sudah kenal dengan sosok Tanboy Kun, YouTuber kuliner yang videonya tidak pernah absen masuk trending. Kali ini Tanboy jadi trending setelah sarapan pagi pakai nasi Padang jumbo, OMG! Nasi dari Sumatera yang terkenal pedas dan kaya bumbu ini mampu dihabiskan dalam waktu sekejab. 

Baca juga : 4 Pulau Ini Berisi Predator-predator Buas

Nasi gurih lezat dari Sumatera bukan hanya nasi Padang lho, Teman Traveler. Maka dari itu, Travelingyuk mau kasih info beberapa nasi khas Sumatera yang harus kalian coba. Kalian bikin videonya juga pas nyobain, biar tidak kalah sama Tanboy Kun.

Nasi Minyak

Nasi Minyak via instagram/dapurdahlianaura

Nasi gurih ini adalah masakan khas Palembang. Nasinya dimasak dengan minyak samin dan rempah-rempah perpaduan selera Nusantara dan Timur-Tengah. Sekilas nasi minyak terlihat seperti nasi kebuli, perbedaannya terletak pada penggunaan beras. Nasi minyak menggunakan beras lokal, sedangkan nasi kebuli menggunakan beras basmati. 

Nasi minyak biasanya disajikan bersama lauk pelengkap, seperti daging, sate pentol, ayam goreng, acar ketimun, kismis dan sambal nanas.

Nasi Kapau

nasi Kapau via instagram/sibungbung

Nasi campur khas nagari Kapau ini berasal dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Nasi Kapau terdiri dari nasi, sambal dan lauk pauk khas Kapau seperti gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cangcang, gulai babek atau paruik kabau. Nasi Kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khasnya.

Perbedaan nasi Kapau dan nasi Padang terletak pada penyajiannya. Kalau nasi Padang dipajang di etalase dan letaknya tinggi. Sedangkan nasi Kapau terletak di meja dan letaknya lebih rendah daripada mata penjual. 

Nasi Padang

Nasi Padang via instagram/rariqyut

Nasi Padang adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk khas Sumatera Barat. Padang sendiri merujuk pada ibu kota provinsi Sumatera Barat. Hampir sama dengan nasi Kapau, nasi Padang juga disajikan dengan sambal khas, gulai sayur nangka, dan daun singkong. Salah satu lauk yang paling terkenal di nasi Padang adalah rendang. 

Sudah umum diketahui oleh masyarakat apabila masakan ini dibungkus dan dibawa pulang, maka kalian akan mendapatkan nasi padang jumbo. Porsi nasinya bisa dimakan oleh dua orang.

Nasi Sala, Pariaman

nasi Sala via instagram/padek.co

Kata ‘sala’ dalam bahasa setempat bisa diartikan sebagai digoreng. Sehingga nasi sala berarti hidangan ikan goreng yang sudah dibalur tepung dan disajikan bersama nasi dan sambal. 

Lapisan adonan ini menciptakan tekstur renyah pada ikan. Jenis ikan yang dipakai untuk membuat nasi sala ini adalah ikan kembung atau gembung yang dalam bahasa setempat disebut gembulo. Gorengan ikan atau sala ini biasa disajikan sebagai menu sarapan pagi dengan ditemani nasi sek, yaitu nasi putih sekepalan tangan yang dibungkus daun pisang.

Yuk, segera dicoba deretan nasi gurihnya, Teman Traveler. Nasi apa saja nih yang sudah pernah dicoba? Next

ramadan

Ini Dia 9 Jenis Pasta Italia yang Namanya Susah Diucapkan

Penduduk Kampung Adat Cireundeu

Kampung Adat Cireundeu, Menelusuri Kearifan Masyarakat Parahyangan