in ,

Sempat Ditutup Lantaran Erupsi, Tangkuban Perahu Akan Dibuka Kembali dengan Syarat

Gunung Tangkuban Perahu Dibuka Kembali dengan Syarat

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) sekitar pukul 15:49 WIB lalu. Pascaerupsi, areal gunung ini diputuskan untuk ditutup sementara mulai Sabtu 27 Juli 2019. Penutupan tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya erupsi, debu tebal, yang mengendap di sekitaran areal kawah. Ditakutkan akan membahayakan pengunjung jika tetap dibuka. Bagaimana berita lengkapnya?

Baca juga : Jelajah Museum Zoologi Frater Vianney, Belajar Tentang Hewan Versi Menyenangkan

Erupsi Pada Tanggal 26 Juli

Tangkuban Perahu, via Instagram/amdanauthentic
Tangkuban Perahu, via Instagram/amdanauthentic

Letusan freatik terjadi pada Jumat (26/7/2019) tercatat oleh sensor seismograph BMKG di Stasiun Seismik Lembaga (LEM). Waktu titik gelombang tercatat sekitar pukul 15:50 WIB dengan durasinya 4 menit.

Dampak erupsi tersebut terjadi hujan abu di sekitaran areal Subang, Lembang, Bandung dan sekitarnya. Dampak lebih lanjutnya, mengganggu aktivitas orang-orang yang ingin mendaki Gunung Tangkungan Perahu.

Dibuka Kembali 1 Agustus 2019

Sudah mulai aman, via Instagram/priskypribadiofficial999
Sudah mulai aman, via Instagram/priskypribadiofficial999

Pendakian Gunung Tangkuban perahu rencananya dibuka kembali pada Kamis (1/8/2019). Namun sebelum dibuka, pihak pengelola harus memenuhi beberapa sayarat terlebuh dahulu yang diajukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Salah satunya adalah prosedur evakuasi dan kawasan bebas dari abu vulkanik. Sampai pada Rabu (31/7/2019) pembersihan sudah dilakukan dan hampir mencapai 100%.

Tangkuban Perahu yang mulai membaik, via Instagram/instanusantara
Tangkuban Perahu yang mulai membaik, via Instagram/instanusantara

Tidak hanya itu saja, ada syarat lainnya yang perlu dilakukan. Yakni harus ada WhatsApp group yang berisi Muspida, Kepala Desa, dan juga pengelola. Sehingga jika terjadi sesuatu bisa langsung mendapatkan informasi yang valid. Syarat lainnya adalah pihak pengelola juga perlu memperbaiki rute evakuasi dan memasang papan ataupun juga poster jalur evakuasi di sejumlah titik.

Sekilas Informasi Mengenai Gunung Tangkuban Perahu

Segera dibuka kembali, via Instagram/rafii_amri
Segera dibuka kembali, via Instagram/rafii_amri

Tangkuban Perahu merupakan gunung yang berada di Jawa Barat. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari arah utara Bandung. Ketinggiannya mencapai 2.084 meter. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan sebagian besar adalah lava dan sulfur. Sementara mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang.

Areal ini dikelola oleh Perum Perhutanan, dan suhu rata-rata hariannya mencapai 17 derajat Celcius pada siang hari dan 2 derajat Celcius pada malam hari.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk menunggu kondisi aman terlebih dahulu ya Teman Traveler. Cari informasi yang valid dan jangan mudah termakan hoax. Sudah siap mendaki lagi? Next

ramadan
Pemandangan di Bukit Malumbu

Bukit Malimbu, Eksotisnya Panorama Lombok

Riau Fantasi, the Biggest Leisure Park in Sumatra