in ,

Deretan Tas Etnik Indonesia, Properti Hits OOTD Liburan Wajib Punya

Bikin OOTD Traveling-mu Kian Keren dengan Tas Etnik

Tas rotan bulat
Tas rotan bulat via Instagram yedasbrightstore & ipurpeluart

Tampil cantik saat liburan, mengapa tidak? Ada banyak cara yang bisa Teman Traveler lakukan. Mengenakan tas etnik bisa jadi salah satu alternatif. Tas semacam ini biasanya dibuat para pengrajin lokal dengan menggunakan bahan rotan, maupun batik. Corak tas etnik umumnya mengandung nilai filosofis tertentu. Selain tampil keren, Teman Traveler juga ikut melestarikan budaya lokal. Berikut ragam jenis tas etnik sebagai inspirasi untuk properti OOTD-mu. Sudah siap?

Baca juga : 5 Resort Romantis di Bandung, Pas Buat yang Udah Punya Gandengan

1. Tas Rotan Borneo

Tas rotan ala Borneo
Tas rotan ala Borneo via Instagram.com/miraelbali

Tas berbentuk bulat ini terbuat dari anyaman rotan. Menurut beberapa sumber, tas etnik semacam ini merupakan salah satu hasil karya seni khas Borneo alias Kalimantan. Meski tampak sederhana, tas ini punya nilai fashion cukup tinggi dan bisa bikin foto OOTD-mu kian keren.

Tas rotan ala Borneo
Tas rotan ala Borneo via Instagram.com/miraelbali

Tas bulat ala Borneo tak hanya cocok digunakan saat traveling, namun juga praktis dibawa untuk menemani ke pusat perbelanjaan maupun jalan-jalan di taman. Selain terlihat kece, Teman Traveler juga sekaligus menunjukkan kebangaan pada warisan budaya bangsa lho. Tas rotan juga banyak ditemukan di Bali, lho.

2. Tas Lombok

Tas ala Lombok
Tas ala Lombok via Instagram.com/unistuff_id

Selain pantainya yang indah, Lombok juga punya merupakan penghasil kain tenun jempolan. Sehelai kain motif sasak bisa dihargai jutaan rupiah, bergantung kerumitan dan waktu pembuatannya. Uniknya, kain tenun tersebut tak hanya bisa dijadikan pakaian namun juga tas.

Tas ala Lombok
Tas ala Lombok via Instagram.com/unistuff_id

Tas selempang atau sling bag khas Lombok belakangan jadi salah satu oleh-oleh populer dari Nusa Tenggara Barat. Motifnya yang indah tak hanya memukau wisatawan lokal, namun juga mancanegara. Wajib dimiliki oleh Teman Traveler yang ingin tampil memukau saat jalan-jalan.

3. Tas Toraja

Tas khas Toraja

Tas khas Toraja via Instagram.com/etnick_olshop

Tak kalah dari Lombok, Tana Toraja juga termasuk salah satu daerah Indonesia yang menghasilkan kain tenun kualitas tinggi. Tak ubahnya seperti di Tanah Mandalika, kain tenun Toraja tak terbatas hanya dijadikan pakaian, namun juga tas. Model yang umum beredar di pasaran adalah tas serut atau bucket bag.

Tas khas Toraja

Tas khas Toraja via Instagram.com/etnick_olshop

Tas etnik Toraja ini juga punya motif yang tak kalah menawan dibanding sling bag Lombok. Bahannya tergolong ringan, hingga mudah dibawa ke mana-mana.

4. Noken

Seorang wanita kenakan noken
Seorang wanita kenakan noken via Instagram.com/fo_wenesya

Berkunjung ke Papua tentu tidak lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh. Selain makanan khas seperti keripik keladi, sagu lempeng, dan abon gulung, ada beberapa asesoris khas Bumi Mutiara Hitam yang sayang dilewatkan. Salah satunya tas selempang Noken.

Tas noken khas Papua
Tas noken khas Papua via Instagram.com/dipanad

Tas rajut unik ini dibuat dari serat kayu asli. Uniknya, penduduk setempat biasanya mengenakan noken di kepala – alih-alih tangan. Biasa digunakan untuk membawa belanjaan dari pasar, tas ini diam-diam sudah tercatat di UNESCO sebagai warisan Budaya Takbenda.

5. Tas Anyam Jaring

Tas anyam jaring
Tas anyam jaring via Instagram.com/aghniapunjabi

Tas etnik lain yang belakangan juga populer adalah model anyam jaring. Jika dilihat sepintas, bentuknya mirip keranjang buah-buahan yang biasa digunakan pedagang di pasar. Namun jangan salah, asesoris satu ini sedang nge-hits lho sebagai pelengkap OOTD-an.

Tas anyam jaring
Tas anyam jaring via Instagram.com/elizrahajeng

Bahan yang digunakan umumnya adalah material alami seperti tali rami. Selain kuat, tampilannya yang natural bakal pas untuk melengkapi gaya jalan-jalan santai Teman Traveler.

Itulah tadi sederet tas etnik Indonesia yang bisa Teman Traveler jadikan inspirasi untuk membuat penampilan kian gaya. Ingat, meskipun sedang santai jalan-jalan atau liburan, penampilan harus tetap kelihatan keren! Bagaimana, sudah punya tas yang mana nih? Next

ramadan

Jeeva Jogja, Kafe Aesthetic Buat Ngopi Cantik yang Bikin Jatuh Cinta

Bikin Lupa Diet, Pilihan Nasi Goreng Babat di Semarang Salah Satunya Sudah Eksis Sejak 1954