in , ,

Menikmati Pesona Alami Teluk Hijau Banyuwangi, Indahnya Bikin Merinding

Jelajah Sudut-sudut Indah di Teluk Hijau Banyuwangi

Jalan-jalan di Teluk Hijau
Jalan-jalan di Teluk Hijau (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Berjuluk Sunrise of Java, Banyuwangi memiliki banyak destinasi indah yang layak dikunjungi. Apalagi belakangan Pemerintah setempat rajin melakukan promosi. Akses kian dipermudah. Beragam event juga kerap diadakan demi menarik minat pelancong. Nah, salah satu destinasi menarik yang pantang dilewatkan di Banyuwangi adalah Teluk Hijau alias Green Bay.

Baca juga : Baobab Resort, Hotel Keren di Tengah Taman Safari Prigen

Panorama alam di sini benar-benar memanjakan mata. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

Pesona Alami

Taman Nasional Meru Betiri (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Teluk Hijau memang belum sepopuler Kawah Ijen yang sudah tersohor hingga mancanegara. Namun menurut saya, Teman Traveler dijamin takkan rugi mengunjungi tempat ini karena termasuk salah satu pantai indah dengan kondisi yang masih sangat alami.

Teluk Hijau (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Posisi Teluk Hijau masuk dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Namanya diambil dari warna air laut sekitar. Kandungan alga di dalamnya memantul corak hijau jika terkena sinar matahari.

Lantaran masih relatif sangat sepi, tak ada salahnya Teman Traveler memilih lokasi ini sebagai destinasi liburan. Sambil jalan-jalan di atas hamparan pasir putih, kalian bisa sedikit merilekskan pikiran dari kesibukan dan aktivitas sehari-hari.

Keseruan di Sekitar Teluk

Bermain air laut (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Banyak aktivitas seru bisa Teman Traveler lakukan di Teluk Hijau. Kalian bisa coba berenang atau sekedar bermain air. Apalagi perairan sekitar sini begitu jernih, seolah begitu menggoda untuk segera menceburkan diri di dalamnya. Namun tetap hati-hati ya, karena ombak di wisata Banyuwangi ini cukup besar.

Teman Traveler juga bisa menemukan air terjun di sekitar sini. Terbentuk secara alami dari sumber air tawar. Bisa dimanfaatkan untuk membilas badan usai berbasah-basah ria di sekitar laut.

Bersantai menikmati pemandangan Teluk Hijau, (c) Anggi Paramita

Usai lelah bermain, Teman Traveler bisa bersantai sembari menikmati suasana tenang. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sambil ditemani semilir angin. Apalagi jika kalian datang bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan.

Nah, bagi Teman Traveler yang hobi memancing, Green Bay bakal jadi tempat mengasyikkan. Di sekitar sini ada banyak spot bagus untuk menebar kail. Pastinya bakal sangat seru.

Tiket Masuk Murah Meriah

Akses jalan menuju ke Green Bay (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Teman Traveler hanya perlu membayar Rp10.000 per orang untuk masuk kawasan Green Bay. Sementara biaya parkir hanya Rp5.000 per mobil. Saran saya, sebaiknya kalian menyewa kendaraan yang sanggup melewati medan berat. Pasalnya jalan menuju sini cenderung berbatu, tidak cocok untuk city car.

Lantaran masuk wilayah Taman Nasional Meru Betiri, fasilitas umum di tempat ini cukup terbatas. Sebaiknya Teman Traveler membawa makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung atau toko di sekitar teluk. Tapi ingat ya, bawa pulang sampah kalian. Jangan sampai merusak atau mengotori alam.

Tak Ada Akses Kendaraan Umum

Desa Sarongan (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Terpisah jarak 90 km dari Banyuwangi, Teluk Hijau berada di wilayah Desa Sarongan, Kecamatan Pasanggaran. Saya sarankan Teman Traveler menyewa mobil karena akses transportasi umum menuju tempat ini masih cukup jarang.

Begitu sampai di Kantor Desa Sarongan, Teman Traveler bisa lanjutkan perjalanan ke Desa Rajegwesi. Berikutnya ambil jalur ke arah kanan hingga mencapai area parkir. Kalian masih harus sedikit trekking sebelum benar-benar sampai di tujuan. Namun jangan khawatir, kalian tak bakal merasa lelah karena ditemani pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Salah satu sisi Pantai Batu (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Di tengah perjalanan Teman Traveler akan melewati Pantai Batu. Sesuai namanya, di sini kalian takkan menemukan hamparan pasir, melainkan batu-batu kecil. Jika terkena ombak, bebatuan tersebut akan menghasilkan suara unik.

Itulah sedikit ulasan mengenai Teluk Hijau alias Green Bay. Jadi bagaimana Teman Traveler, kapan kalian berencana mengunjungi Banyuwangi? Next

ramadan

Barat Cave, a Hundred Waterfalls in the West Wind Cave

Summer Fashion ala Aurel Hermansyah via Instagram @aurelie.hermansyah

Intip Summer Fashion ala Aurel Hermansyah Buat Outfit Liburan