in , ,

Pilihan Tempat Wisata di Anyer, Liburan Murah Tak Jauh dari Ibukota

Destinasi di Anyer yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari, Bisa Sekalian Beli Oleh-oleh

Tempat Wisata di Anyer
Tempat Wisata di Anyer (c) Yudi Rachmatullah/Travelingyuk

Anyer merupakan kecamatan di Serang, Banten yang memiliki beberapa tempat wisata yang menakjubkan. Termasuk pantai dengan pasir putih yang pesona sunset-nya memanjakan mata. Pilihan destinasinya beragam, apalagi letaknya yang tak jauh dari ibukota. Teman Traveler pun hanya butuh waktu 3 jam-an untuk sampai di sini. Berniat liburan ke sini? Berikut rekomendasi tempat wisata di Anyer dari Kontributor Travelingyuk, Yudi Rachmatullah. Jangan lupa dicatat ya!

Baca juga : Museum Satwa Batu, Wisata Edukasi yang Selalu Baru

1. Mercusuar Cikoneng di Pantai Mercusuar Bojong Anyer

Mercusuar Cikoneng - Anyer (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Mercusuar Cikoneng – Anyer (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Tempat wisata di Banten ini terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer. Teman Traveler bisa masuk melalui Pantai Mercusuar Bojong Anyer. Biaya parkir untuk roda dua hanya Rp10.000 dan roda empat berkisar Rp20.000, tanpa tiket masuk. Dari pantai ini, kalian hanya butuh berjalan sekitar 50 meter menuju mercusuar yang dibangun pada tahun 1885 saat zaman kolonial Belanda di bawah pemerintahan Raja Belanda Z. M. Willem III.

Mercusuar Cikoneng - Anyer (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Mercusuar Cikoneng – Anyer (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Bukan hanya tentang sejarahnya, Teman Traveler bisa melihat pemandangan alam sekitarnya dari ketinggian 75,5 meter ini. Garis pantai dan gunung akan terlihat jelas. Didalamnya terdapat gambar-gambar yang menjelaskan awal pembangunan Mercusuar Cikoneng dan beberapa mercusuar lain di Indonesia. Tak perlu khawatir, tiket masuk mercusuar dengan 18 lantai ini gratis, lho!

2. Monumen Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Titik Nol Kilometer Anyer – Panarukan (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Tidak jauh dari Mercusuar Cikoneng Anyer, ada sebuah monumen yang menandakan pembangunan Jalan Anyer – Panarukan. Tempat wisata di Anyer selain pantai ini berupa globe atau bola dunia yang ditopang oleh dua buah tangan. Monumen tersebut baru diresmikan Januari 2017 lalu.

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Titik Nol Kilometer Anyer – Panarukan (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Pemandangan di sekitarnya tidak kalah indah. Teman Traveler bisa melihat pantai atau menikmati keindahan sunset di Anyer dengan berjalan menuju dermaga di depannya. Jalan masuknya sama seperti ketika Teman Traveler menuju ke mercusuar, yaitu melalui Pantai Mercusuar Bojong.

3. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Pantai Karang Bolong (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Bingung mencari pantai paling bagus di Anyer? Sebenarnya, semua destinasi di sini cantik-cantik. Termasuk Pantai Karang Bolong yang mempunyai karakteristik alam berbeda dari lainnya. Tempat wisata di Anyer ini memiliki gua unik yang terbuat dari karang. Belum lagi pohon-pohon besar dengan akar menjalar yang terlihat artistik. Teman Traveler bakal betah untuk singgah di sini.

Pantai Karang Bolong (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Pantai Karang Bolong (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Dengan biaya parkir motor Rp10.000 dan mobil Rp20.000, serta karcis masuk Rp15.000/orang, Teman Traveler bisa menapaki setiap tangga menuju bukit untuk melihat pantai sekitar Anyer dari ketinggian. Keunikan lainnya adalah terdapat gazebo di atas karang yang menjorok ke arah pantai. Sementara lokasinya berada di Jl. Raya Karang Bolong No.16, Karang Suraga, Cinangka, Serang, Banten

4. Toko Souvenir di Sekitar Pantai Karang Bolong

kerajinan kerang (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Kerajinan kerang (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Tidak lengkap rasanya jika setelah Teman Traveler berlibur di Anyer, tapi belum membawa oleh-oleh. Salah satunya yang bisa dipilih adalah kerajinan kerang. Souvenir ini terbuat dari kerang pantai dengan bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Seperti bunga, burung merak, kura-kura, dan bentuk binatang lainnya. Sementara harganya bervariasi sekitar Rp15.000.

Kerajinan Kerang (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk
Kerajinan Kerang (c) Yudi Rahmatullah/Travelingyuk

Hiasan pintu, jendela, dan lampu kerang juga akan menjadi pelengkap hiasan rumah yang bagus. Sebenarnya aksesori dan kerajinan kerang pantai ini dijual juga oleh pedagang keliling, tapi jika kalian ingin mengunjungi toko kerajinannya, tersedia di depan Pantai Karang Bolong dan sekitar Pantai Mercusuar.

Nah, itulah ulasan tentang tempat wisata di Anyer. Tidak hanya indah, tapi sudah memiliki fasilitas yang nyaman. Untuk Teman Traveler yang hanya punya waktu liburan terbatas, pilihan destinasi di atas bisa jadi rekomendasi. Tertarik menghabiskan liburan di tempat-tempat tersebut? Next

ramadan

Written by Yudi Rahmatullah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Kuliner di Demak, Cocok Untuk Menu Makan Siang Mulai dari 7 Ribu Saja

Via Instagram/ceritamakan

Tempat Soto Bakso di Jogja, Kuliner Campur Citarasa Akur