in

Liburan ke Kota Gudeg? Inilah Tempat Wisata Jogja Sekitar Malioboro

Deretan Tempat Wisata Jogja Sekitar Malioboro

Pemandangan di Malioboro
Pemandangan di Malioboro via Shutterstock

Malioboro adalah salah satu pusat keramaian dan oleh-oleh di Jogja. Tak heran jika kawasan ini kerap dipadati oleh wisatawan, baik asing maupun lokal. Tidak mengejutkan pula jika di sekitar Malioboro terdapat banyak tempat wisata Jogja.

Baca juga : Jangan Lewatkan, Empat Festival Unik di Bali Ini Cuma Ada Selama Nyepi

Terlepas dari destinasi mainstream seperti Keraton dan Benteng Vredeburg, masih ada beberapa tempat wisata Jogja sekitar Malioboro yang bisa Teman Traveler sambangi. Tanpa banyak kata lagi, berikut Travelingyuk berikan daftarnya satu-persatu.

1. Titik Nol Jogjakarta

Titik nol Jogjakarta
Titik nol Jogjakarta via Shutterstock

Sesuai namanya, titik nol merupakan lokasi yang terletak persis di jantung Jogja. Wisatawan biasa mengunjungi tempat wisata Jogja murah meriah ini untuk berfoto-foto ria. Suasana di sekitarnya memang cukup menyenangkan.

Di kejauhan, Teman Traveler bisa mengagumi indahnya gedung warisan zaman Belanda yang kini beralihfungsi menjadi bank. Memasuki malam hari, kawasan titik nol biasanya kian meriah dengan pertunjukan kesenian lokal dan atraksi unik dari komunitas setempat.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja
Tugu Jogja via Shutterstock

Tugu Jogja merupakan salah satu spot foto populer di Kota Gudeg. Banyak traveler biasanya berebut berfoto dengan latar belakang tugu ini. Tak heran, mengingat Tugu Jogja termasuk salah satu bangunan berstatus ikonik.

Namun demikian, Teman Traveler disarankan datang malam hari. Dengan demikian kalian tak perlu menunggu giliran foto terlalu lama, selain itu hawa sekitar juga bakal lebih sejuk. Bagaimana, tertarik mengunjungi tempat wisata Jogja malam hari ini?

3. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Kauman
Masjid Kauman via Shutterstock

Penggemar wisata religi wajib datang ke masjid terbesar dan tertua di Jogjakarta ini. Menurut catatan sejarah, tempat ibadah ini didirikan semasa Raja Sri Sultan Hamengkubuwono I berkuasa. Dengan luas mencapai 16 ribu meter persegi, Masjid Gedhe Kauman juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Mencari lokasi pun tak bakal sulit, sebab berada persis di utara Keraton. Teman Traveler yang sedang berada di Kota Gudeg sangat disarankan mengunjungi lokasi ini. Selain berwisata, kalian juga bisa menunaikan ibadah dan beristirahat sejenak.

4. Museum Kereta Kencana

Museum Kereta Jogja
Museum Kereta Jogja via Instagram.com/an_langga

Museum Kereta Kencana berada di daerah Rotowijayan, sangat dekat dengan kompleks keraton. Cukup merogoh kocek kurang 5 ribu rupiah untuk tiket masuk, Teman Traveler sudah bisa menyaksikan beragam koleksi kereta kerajaan di sini. Fungsinya bermacam-macam, mulai dari mengangkut tamu agung, Keluarga Keraton, hingga mengantar jenazah.

Total ada 23 kereta kencana yang menjadi koleksi museum ini. Jam bukanya mengikuti jam operasional wisata Keraton. Bagaimana, tertarik berkunjung?

5. House of Raminten

Suasana di House of Raminten
Suasana di House of Raminten via Instagram.com/houseoframinten

Bagaimana jadinya jika Teman Traveler makan di restoran, namun semua pelayannya seperti datang dari masa lalu? Hal tersebut bisa kalian rasakan di House of Raminten. Restoran dekat Malioboro ini mengusung konsep tradisional yang unik.

Di sana Teman Traveler bisa menikmati menu tradisional Jogja seperti nasi gudeg dan nasi kucing. Beragam minuman khas seperti wedang serai, es ponconiti, dan es susu prawan juga bisa kalian nikmati.

Itulah deretan tempat wisata Jogja sekitar Malioboro yang bisa Teman Traveler kunjungi. Bagi kalian yang tak punya banyak waktu berkeliling selama di Kota Gudeg, deretan tempat tersebut bisa jadi inspirasi menarik. Next

ramadan
JHL Solitaire Gading Serpong

JHL Solitaire Gading Serpong, Hotel Bintang Lima di Banten yang Menyabet Rekor MURI

Wisata Alam di Sukoharjo

Jelajahi Wisata Alam di Sukoharjo, Menghayati Panorama Kabupaten yang Berbatasan dengan Gunungkidul