in , , , , , ,

Selain Bali dan Lombok, Sumba Juga Menyimpan Sejuta Keindahan Alam dan Adatnya!

Honeymoon di Pulau Sumba? 12 Rekomendasi Tempat Romantis Ini Patut Dikunjungi

Adat istiadat yang masih terjaga di Sumba. Tikka Dessy/Travelingyuk

Sumba adalah salah satu pulau yang berada di wilayah Indonesia. Pulau Sumba terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan 4 wilayah kabupaten yaitu Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu terletak di Sumba Timur. Membicarakan keindahan Sumba, pasti banyak orang akan penasaran dan banyak yang salah menyebut bahwa Sumba adalah bagian dari Sumbawa.

Baca juga : Hotel di Pemalang, untuk Istirahat Nyaman Saat Mudik Lewat Jalur Pantura

Padahal Pulau Sumba berbeda wilayah dan berbeda provinsi dengan Pulau Sumbawa yang terletak di Nusa Tenggara Barat. Pulau Sumba tidak kalah indahnya dengan pulau tetangganya yaitu Bali dan Lombok. Selain memiliki keindahan alam dan budayanya, pulau ini termasuk masih sepi dari kunjungan wisatawan bila dibandingkan dengan Pulau Bali dan Lombok. Tetapi, tahun-tahun terakhir Sumba mulai dikenal dan kunjungan wisatawan domestik meningkat.   

1. Tanjung Mareha

Menikmati pemandangan dari Tanjung Mareha. Tikka Dessy/Travelingyuk

Tanjung Mareha adalah sebuah bukit kecil di sisi selatan Pulau Sumba yang menjorok ke arah Samudera Indonesia. Tanjung ini terletak di Kecamtan Kodi, Sumba Barat Daya. Menikmati keindahannya dari atas begitu menyenangkan karena dibawah tanjung ini terdapat pemandangan Pantai Bwana yang menawan.

Keindahan pantai Bwana dilihat dari Tanjung Mareha. Tikka Dessy/Travelingyuk

Untuk mencapai Tanjung Mareha, Teman Traveler harus memakirkan kendaraan di tempat yang telah disedikan, kemudian berjalan menyusuri bukit yang relatif landai dan mudah dijangkau dengan berjalan kaki. 

2. Pantai Bwana 

Pantai Bwana yang begitu indah. Tikka Dessy/travelingyuk

Pantai Bwana terkenal dengan ikon khas yaitu batu besar yang tengahnya berlubang. Pantai di sini sangat indah, hamparan pasir putih merica dan juga tempatnya relatif sepi dari pengunjung.  Perjalanan menuju ke Pantai ini, Teman Traveler diharapkan memiliki fisik yang cukup baik, karena untuk turun ke pantainya dari parkiran harus berjalan dan menuruni tebing yang sedikit curam.

Di pantai ini tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman.  Pengunjung diharapkan membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Bwana ini sangat indah dan begitu menakjubkan. Wisata ini terletak di Kodi, Sumba Barat Daya. Suasana yang tenang dan keasrian masih terjaga menambah keindahan Pantai Bwana ini.  

3. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak yang Indah (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pantai Mandorak terletak di Desa Kodi, Sumba Barat Daya. Wisata ini tidak jauh dari Danau Weekuri dan sejalan jika Teman Traveler akan mengunjungi Danau Weekuri. Pantai Mandorak memiliki ombak yang besar. Selain itu, terumbu karang besar yang berada di tengah, menjadikan ikon khas Pantai Mandorak.

Bermain air dan menikmati keindahan Pantai Mandorak. Tikkadessy/Travelingyuk

Pantai Mandorak ini tidak begitu luas, tapi keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai yang lain di kawasan Sumba Barat Daya. Pasir yang putih, air laut hijau kebiru-biruan, deburan ombak, karang-karang yang besar, ditambah perahu nelayan yang berjajar menjadikan pantai ini wajib dikunjungi jika Teman Traveler berada di Sumba Barat Daya. 

4. Desa Adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro. Tikka Dessy/travelingyuk

Pulau Sumba dikenal karena keindahan alam dan juga adat istiadat yang masih terjaga sampai saat ini. Selain keindahan pantai-pantai, danau, air terjun, perbukitan, savana, dan lain lain, Sumba juga masih banyak kampung adat, salah satunya Kampung adat Ratenggaro. Tempat ini berada di wilayah pesisir Sumba Barat Daya.

Berfoto dengan background Kampung adat Ratenggaro. Tikka Dessy/travelingyuk

Kampung ini memiliki keunikan dan ciri khas yaitu atap rumah-rumah penduduk yang menjulang tinggi 15 meter yang bernama rumah adat “Uma Kelada”, ciri khas tersebut menjadikan kampung ini memiliki ciri khas yang mudah diingat. Kampung ini berada di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya. Di Kampung Adat Ratenggaro juga terdapat kuburan-kuburan batu kuno yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

5. Danau Weekuri

Keindahan Danau Weekuri. Tikka Dessy/Travelingyuk

Danau Weekuri terletak di Desa Kalenargo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Danau ini terbentuk dari air lautan lepas dan memiliki pemandangan yang indah serta air yang berwarna hijau kebiru-biruan. Selain itu, danau ini berair payau karena sumber airnya pun masuk dari celah-celah bebatuan karang yang ada di sekitar danau.

Keindahan danau Weekuri. Tikka Dessy/Travelingyuk

Danau weekuri berbatasan langsung dengan laut lepas Samudra Hindia yang memiliki ombak besar. Tapi, Danau Weekuri memiliki kedalaman yang aman dan tidak dalam, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung untuk berenang dan bermain air. Sepanjang danau dibangun jalan dari kayu yang akan membawa Teman Traveler menikmati keindahan pemandangan laut lepas sambil berjalan kaki menyusuri danau.

6. Air Terjun Lapopu

Menikmati keindahan Air Terjun Lapopu. Tikka Dessy/Travelingyuk

Air Terjun Lapopu berada di Desa Hatikuloku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat (Nusa Tenggara Timur). Wisata ini merupakan air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian 90 meter. Air Terjun Lapopu menjadi tujuan wisatawan asing dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Sumba Barat. Air Terjun Lapopu sangat indah dan masih alami.

Keindahan Air Terjun Lapopu. Tikkadessy/Travelingyuk

Air Terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (ManaLawa) Sumba Barat. Wisata ini berbeda dengan air terjun lainnya karena bentuknya bertangga-tangga. Dari parkir kendaraan, Teman Traveler jalan kaki menyusuri anak sungai dan juga jembatan dari bambu. Jalan kaki tidak jauh dari Parkir kendaraan. Pemandangannya sangat indah dan jika musim kemarau, air di sini berwarna hijau kebiru-biruan loh!. Next

ramadan

Bebek Ijo Bu Yayuk, Sambal Pencitnya Dijamin Bikin Nagih!

Tempat Nongkrong Asyik di Kediri, Ya Kafe Ayo Mimik Jawabannya!