in ,

4 Tempat Wisata Viral Ini Hasil Inovasi Pemuda Indonesia

Bukti bahwa Pemuda Indonesia #LoMudaLoBisa

Apa sih yang bisa disumbangkan pemuda Indonesia kepada bangsa dan negara? Ada banyak, loh! Bukti nyata #LoMudaLoBisa adalah membangun tempat wisata viral kekinian yang mengedepankan potensi wilayah dan kearifan lokal. Di mana sajakah tempat-tempat itu berada? Yuk, simak ulasannya!

Baca juga : Bakmi Gang Kelinci, Lebih dari Setengah Abad Temani Warga DKI

1. Rajati Flower Garden, Kalbar

Image may contain: one or more people, people standing, sky, cloud, flower, tree, plant, outdoor and nature
Rajati Flower Garden via Instagram/yandykoresy

Terletak di daerah Rasau Jaya, Kalimantan Barat, tempat wisata ini merupakan hasil kreasi mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) di sini.

Berjumlah sekitar 27 orang dan dibantu warga desa sekitar, mereka mulai melakukan revitalisasi lahan pada bulan Juni 2019. Tidak tanggung-tanggung, selain membangun dan mendesain taman wisata, tim KKN-PPM UGM juga mendatangkan ratusan benih bunga langsung dari Jawa.

Image may contain: flower, plant, sky, tree, outdoor and nature
Rajati Flower Garden via Instagram/mariachan12

Kerja keras mereka pun membuahkan hasil manis. Bunga-bunga beraneka warna mulai tumbuh dan menghiasi taman sehingga terlihat sangat instagramable sekali, Teman Traveler.

Selain itu, mereka juga menambahkan dekorasi tambahan seperti gapura, taman bermain, hingga spot foto instagenik. Pantas saja sekarang tempat ini dikunjungi banyak sekali wisatawan untuk berburu momen terbaik.

2. Sungai Bunting Lestari, Bangka

Image may contain: one or more people, people sitting, tree, outdoor, water and nature
Sungai Bunting Lestari via Instagram/julianachin_

Tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Belinyu, Bangka ini adalah hasil kreativitas Universitas Bangka Belitung yang melakukan kegiatan KKN di sini.

Di sepanjang sungai, mahasiswa bersama dengan pemerintah serta masyarakat sekitar bergotong royong menanam pohon bakau/mangrove. Selain itu, mereka juga membangun jembatan dan jalan di sepanjang aliran sungai, lengkap dengan spot-spot foto yang instagramable.

Selain menikmati keindahan alam, wisatawan nantinya juga bisa menikmati hidangan ikan segar yang dipanen dari tambak khusus yang dibangun mahasiswa untuk perekonomian desa.

3. Kampung Warna-Warni Jodipan, Malang

Kampung Jodipan via Shutterstock

Siapa yang tidak tahu tempat wisata viral ini? Kampung bernama Jodipan ini awalnya hanya berupa kawasan pinggir kali Brantas yang kumuh dan tak terurus. Semua ini berubah sejak 8 mahasiswa Program Studi Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai Nabila Firdausiyah datang dan menawarkan revitalisasi total bagi kampung ini.

Kereta api melintas di belakang Kampung Jodipan via Shutterstock

Dengan menggandeng program Corporate Social Responsibilities (CSR) sebuah perusahaan cat, para mahasiswa ini menyulap daerah ini menjadi destinasi wisata baru dengan sentuhan warna-warni cat pada dinding, atap, pagar rumah, hingga jalan setapak beserta tangga batunya.

Saat ini, kawasan Jodipan menjadi salah satu destinasi andalan para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Banyaknya spot instagramable membuat para pengunjung berlomba untuk mengabadikan momen terbaik mereka.

4. Desa Wisata Samberpasi, Papua

Image may contain: cloud, outdoor and nature
Pemandangan laut di Pulau Samberpasi via Instagram/_anakpesisir_

Kawasan yang berada di Papua ini sejatinya sudah merupakan desa wisata sejak dulu. Namun, karena pengelolaannya masih belum tertata rapi, daerah ini menjadi kurang banyak terekspos. Maka dari itu, mahasiswa UGM yang sedang melaksanakan KKN di sini berniat membantu mewujudkan cita-cita desa agar semakin dikenal masyarakat luas.

Berbagai fasilitas pun didirikan oleh para mahasiswa dan masyarakat sekitar, mulai dari gapura kampung wisata, tempat makan, pusat cenderamata, ayunan pantai, hingga beberapa ikon wisata dan tempat foto seperti tulisan “SAMBERPASI”. Diving spot pun dibangun dengan harapan desa ini bisa menjadi destinasi penyelaman favorit.

Itulah 4 tempat wisata viral yang dibangun atas hasil kreatifitas pemuda Indonesia. Yuk, Teman Traveler, kita dukung usaha mereka dengan mengunjungi dan mempromosikan destinasi hits tersebut! Next

ramadan
Wisata Pagoda Myanmar

Wisata Pagoda di Myanmar, 5 Diantaranya memiliki Arsitektur Luar Biasa

Suasana di Teduh Coffee Jogja

Teduh Coffee Jogja, Bikin Larut dalam Syahdu