in ,

5 Theme Park Teredukatif di Indonesia, Serunya Jalan-jalan Sambil Tambah Ilmu

Pernah mengunjungi salah satunya?

Indonesia tak hanya kaya dengan wisata alamnya, tapi juga destinasi buatannya. Menariknya, beberapa wisata buatan seperti theme park juga menghadirkan banyak edukasi dengan beragam tema. Ingin tahu theme park mana saja yang dianggap teredukatif di Indonesia? Yuk kita simak uraian berikut. 

Baca juga : 4 Event Gratis Yogyakarta yang Wajib Dimasukkan ke Kalender Jalan-Jalan Kamu Tahun Ini

1. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta 

theme park teredukatif indonesia
Taman Mini Indonesia Indah via instagram/niki_jurasova

Theme park edukatif pertama adalah Taman Mini Indonesia Indah. Berdiri sejak tahun 1975, wisata ini merangkum kebudayaan Indonesia secara detail. Seperti rumah adat, pakaian tradisional dan budaya masing-masing daerah.

Semuanya dikemas secara apik dan menarik, sehingga membuat para pengunjung yang ada di sana tidak bosan untuk mempelajari keunikan dari setiap daerah. Kalau kalian ingin berkunjung ke taman bertema Indonesia ini, datang saja ke Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta. 

2. Bandung Champion City, Jawa Barat 

theme park teredukatif
Bandung Champion CIty via instagram/adendenii

Jawa Barat juga punya wisata edukasi yang menyenangkan bernama Bandung Champion City. Berlokasi di Lucky Square Mall lantai P8A, Jl. Terusan Jakarta, No. 2, Bandung, tempat ini menghadirkan 77 wahana yang mengusung konsep kota metropolitan.

Di dalamnya, anak-anak bisa menjadi profesi seperti yang ia inginkan. Seperti dokter, pemadam kebakaran, chef dan lain sebagainya. Ada sekitar 177 profesi yang bisa dicoba oleh anak-anak. 

3. Saloka Theme Park, Jawa Tengah 

theme park teredukatif indonesia
Saloka Theme Park via instagram/ninizais 

Beralih ke Semarang, ada Saloka Theme Park yang hadirkan sarana edukasi bagi semua kalangan. Untuk anak-anak, ada zona pengenalan hewan yang juga dipadukan dengan permainan agar lebih menyenangkan.

Sedangkan bagi semua umur, ada Lumbung Ilmu Galileo yang di dalamnya berisi pengetahuan tentang antariksa dan disajikan secara menarik. Untuk Teman Traveler yang ingin menimba ilmu sambil bermain di sini, bisa langsung meluncur ke Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah  

4. Jawa Timur Park 2, Jawa Timur 

Jawa Timur Park 2 via instagram/vonyayun

Teman Traveler tentu tak asing lagi dengan tempat wisata bernama Jawa Timur Park 2. Destinasi satu ini mirip dengan kebun binatang namun dibuat dengan konsep menyenangkan. Di setiap kandang hewan disertakan info penting mengenai nama latin, daerah asal sampai dengan kebiasaannya.

Kemudian, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa hewan yang ada. Namun, tetap ada pengawasan dari para ahli. Untuk lokasinya, tempat wisata ini berada di Jl. Oro-oro Ombo No. 9, Batu, Jawa Timur. 

5. Amanah Borneo Park, Kalimantan Selatan 

Amanah Borneo Park via instagram/nalevinady

Selanjutnya, ada Amanah Borneo Park yang berlokasi di Jalan Taruna Bhakti, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Di dalamnya terdapat sejumlah wahana dan sebagian besar mempunyai nilai edukasi untuk anak-anak.

Seperti Taman Lalu Lintas yang memberikan edukasi mengenai makna rambu-rambu di jalan raya. Kemudian Kolam Tangkap Ikan yang berfungsi untuk melatih ketangkasan dan juga mengenalkan beragam jenis ikan. Selanjutnya Kereta Wisata yang akan mengenalkan anak-anak terkait apa yang ada di perkebunan. 

Itulah deretan theme park teredukatif di Indonesia. Semuanya memiliki tema masing-masing untuk dikenalkan kepada masyarakat. Mulai dari kebudayaan Indonesia sampai dengan pengenalan hewan. Dari sini kita tahu bahwa banyak sekali tempat wisata yang tak hanya memberikan hiburan, tapi juga memberikan pengetahuan baru bagi pengunjung. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi salah satunya?  Next

ramadan

7 Jajanan Seru di Nishiki Market Kyoto yang Harus Dicoba

Ruang TV di Bellevue Heritage

Bellevue Heritage Bali, Villa Eksklusif Harga Terjangkau