in ,

Mau Tetap Bersih Saat Kemah, Ini Dia Tipsnya

Agar Tetap Seru Tanpa Rewel, Simak Tips Berkemah Ini

Berkemah menjadi kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama teman-teman dekat. Namun tak semua orang punya pendapat yang sama. Ada juga sebagian orang yang enggan sama sekali berkemah. Alasannya sederhana, karena tidak dapat menjaga kebersihan karena akses sanitasi yang terbatas. Namun meskipun berkemah, kamu dapat tetap higienis dengan tips berkemah ini kok.

Baca juga : 10 Tips Hilangkan Pedas dengan Cepat!

1. Bawa Hand Sanitizer

Akses toilet sangat terbatas via pexels.com

Beberapa camping ground memang menyediakan toilet umum. Namun beda cerita jika kamu kemah di gunung, yang notabene akses toilet sangat terbatas. Untuk itu kamu dapat membawa hand sanitizer (gel pembersih tangan) untuk menjaga tangan tetap higienis setelah buang air kecil.

2. Hindari Kuku Panjang

Bersihkan kuku sebelum kemah via pexels.com

Kuku yang panjang memudahkan bakteri dan kotoran berkumpul di sela-selanya. Untuk itu usahakan untuk memotong kuku sebelum berangkat. Jika tidak sempat, siapkan gunting kuku dan letakan dalam tas.

3. Gunakan Alat Mandi yang Tak Beraroma

Gunakan alat mandi yang tidak beraroma via pexels.com

Jika tidak ada toilet di sekitar tempatmu berkemah, kamu tetap dapat menjaga kesegaran badanmu kok. Kamu bisa membersihkan badan dengan handuk basah. Kemudian gunakan dry shampoo (sampo kering) jika tidak ingin rambut lepek. Asal hindari penggunaan peralatan mandi dengan aroma buah, karena dapat mengundang serangga untuk mendekat.

4. Cari Air Mengalir Untuk Mandi

Jika ada air mengalir dapat kamu gunakan untuk mandi via pexels.com

Sedang berkemah dan menemukan tempat untuk mandi, rasanya segar minta ampun. Namun sayangnya tidak semua tempat kemah memiliki toilet dengan air yang cukup. Untuk itu kamu dapat menyiasatinya dengan mandi di alam. Hanya saja kamu harus mencari sumber air yang mengalir. Berendam di kubangan yang tidak mengalir, sama dengan mencuci badan dengan air yang mengandung ribuan bakteri.

Beberapa tips berkemah di atas bisa dipraktekkan saat punya rencana camping dengan teman-teman di akhir pekan. Karena banyak hal seru yang terjadi saat berkemah, kamu perlu mencobanya sekali seumur hidup. Setuju, kan? Next

ramadan
Via Instagram hilmanfazaldy

Bukit Kapur Gosari Gresik, Bekas Pertambangan Jadi Lokasi Instagenic

Kuliner Kesukaan Presiden Indonesia, Dari Soekarno Hingga Jokowi