in , ,

Tips Dirikan Tenda di Musim Hujan, Penting Agar Liburanmu Tak Buyar

Paling Penting Hindari Saluran Air dan Pohon Besar

Tips mendirikan tenda
Tips mendirikan tenda (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Musim hujan memang kerap bikin rencana liburan buyar, namun tidak buat Teman Traveler yang menyukai aktivitas outdoor. Kalian masih bisa mendaki gunung dan berkemah, dengan catatan intensitas hujan tidak terlalu tinggi ya. Nah, agar semuanya tetap lancar, yuk simak beberapa tips dirikan tenda di musim hujan berikut ini.

Baca juga : 5 Alasan Facemist Wajib Dibawa Saat Traveling

Tali Penahan Tenda

whatsapp_image_2020_01_07_at_23_bLF.jpeg
Tambahan tali untuk mengikat tenda (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Sebelum berangkat, pastikan Teman Traveler selalu memeriksa setiap bagian tenda. Cek beberapa kelengkapan seperti frame, foot print, pasak, dan layer. Selain itu, jangan lupa bawa tali pengikat tambahan. Gunanya agar tenda tak mudah goyah saat hujan lebat maupun ada angin kencang.

Jangan Berkemah di Bawah Pohon

whatsapp_image_2020_01_07_at_23_2qp.jpeg
Jauhi pohon (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Musim penghujan di gunung biasanya diwarnai dengan meningkatnya frekuensi badai dan angin kencang. Oleh karena itu, Teman Traveler sebaiknya tidak berkemah di bawah pohon untuk menghindari pohon tumbang. Jika memang terpaksa, pastikan pohon tersebut kuat dan tidak rapuh. Selain itu, beri jarak beberapa meter antara tenda dan pohon.

Perhatikan Kemiringan dan Kontur Tanah

whatsapp_image_2020_01_07_at_23_qTl.jpeg
Pilih tempat landai (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pastikan untuk mendirikan tenda di lahan landai. Selain penting untuk menjaga kenyamanan selama beristirahat, hal ini juga berguna menghindari aliran air yang bisa mengakibatkan bagian dalam tenda basah. Selain itu periksa juga kontur tanahnya, pastikan benar-benar kuat dan tak rentan longsor.

Gunakan Tenda Double Layer

whatsapp_image_2020_01_07_at_23_mGf.jpeg
Tenda double layer (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Tenda dengan lapisan ganda di bagian badan dan atap sangat disarankan untuk musim hujan. Fitur ini berfungsi menahan air hujan agar tak mudah merembes ke dalam tenda. Sebagai alternatif, Teman Traveler juga bisa memanfaatkan jas hujan untuk menutupi bagian atas tenda.

Perhatikan Arah Angin

photo_1505672678657_cc7037095e60_9Mn.jpeg
Ilustrasi arah angin via Unsplash

Jangan mendirikan tenda dengan posisi pintu berlawanan dengan arah angin. Hal ini bakal mengakibatkan angin mudah masuk dan berpotensi menerbangkan tenda jika terjadi badai besar. Jadi jangan lupa perhatikan betul hal ini sebelum berkemah ya Teman Traveler.

Hindari Saluran Air

photo_1519852476561_ec618b0183ba_Bms.jpeg
Ilustrasi saluran air via Unsplash

Saluran air terbuka adalah tempat berkembang biak dan bersarangnya hewan-hewan berbahaya sejenis ular. Selain itu, kawasan ini bisa sangat berbahaya jika terjadi luapan air akibat hujan deras. Berpotensi menerjang tenda dan membahayakan nyawa penghuninya.

Itulah sedikit ulasan mengenai tips dirikan tenda di musim hujan. Jadi jangan sampai liburanmu terganggu ya. Langsung rencanakan menjelajah Gunung Semeru atau Bromo bersama kawan terdekat. Next

ramadan
Tanah Toempah

Seribu Batu Songgo Langit, Nikmati Syahdunya Kawasan Pinus Jogja

Suasana di Merah Saga Rooftop

Merah Saga Rooftop, Manjakan Lidah dan Mata dalam Satu Tempat