in , , ,

Tips Hindari Kejahatan Seksual Saat Solo Traveling, Tetap Waspada!

fi tips hindari kejahatan

Maraknya pemberitaan yang mengancam para perempuan di luar sana membuat was-was saat ingin bepergian terutama berwisata sendiri. Berikut tips hindari kejahatan seksual saat solo traveling, tetap waspada agar liburan menjadi aman dan menyenangkan. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : 5 Kuliner Legendaris Wajib Cicip Tahun 2020, Tetap Bertahan di Tengah Kafe Kekinian

1. Pilih Penginapan Dengan Akses Terjangkau dan Aman

pilih penginapan
Ilustrasi via pexels Andrea Davis

Pertama pastikan Teman Traveler pilih penginapan yang dekat keramaian dengan review baik, aman dan mudah diakses dengan transportasi umum. Saat sampai di kamar periksa seluruh area dan pastikan tidak ada kamera pengintai.

2. Jangan Beri Informasi Diri

jangan beri informasi diri
Ilustrasi via pexels fillvlad

Kemudian tentu saat di destinasi liburan Teman Traveler akan berjumpa dan berkenalan dengan orang baru. Jangan beri informasi pribadi terlalu mendetail dan jangan mudah percaya orang baru tersebut. Kita tidak pernah tahu motif seseorang selain itu menjaga diri agar tetap aman. Bersikaplah ramah yang sewajarnya saat mengobrol.

3. Jangan Pulang Terlalu Malam

jangan pulang terlalu malam
Ilustrasi via pexels Iset

Teman Traveler mungkin ingin menikmati destinasi liburan lebih lama hingga malam tetapi hindari pulang terlalu malam karena akan memperbesar risiko kejahatan. Apalagi pada tengah malam jalanan sudah sepi terkadang minim cahaya. Jika terpaksa pastikan ada teman pulang yang searah atau naik taksi sampai penginapan.

4. Bawa Alat Pertahanan Diri

bawa alat pertahanan diri
Ilustrasi via instagram protectedbynancy

Berikutnya Teman Traveler wajib membawa alat pertahanan diri seperti pepper spray, taser gun, kubotan, pisau lipat, dan sebagainya. Alat ini akan membantu saat ada orang mencurigakan menyergap atau bersikap tak senonoh. Teman Traveler dapat menyemprotkan pepper spray tepat di mata yang akan memberikan efek perih sehingga ada waktu untuk melarikan diri.

5. Kabari Orang Terdekat

kabari org terdekat
Ilustrasi via pexels mentatdgt

Selanjutnya selalu memberi kabar dan update lokasi Teman Traveler kepada orang terdekat orang tua, kakak, adik, teman, atau kerabat. Selain itu beri juga informasi lokasi menginap, tempat wisata dan lokasi lain yang akan dikunjungi.

Demikian penjelasan tips hindari kejahatan seksual saat solo traveling, semoga bermanfaat untuk Teman Traveler! Next

ramadan

Sarapan di Glodok, Cobain Nasi Ulam Haji Nana

Batu Angkruk Dieng Punya Jembatan Kaca Yang Mirip Dengan First Cliff Walk di Swiss