in ,

Tips Sederhana Agar Liburan Makin Aman, Jangan Disepelekan!

Tips aman ketika liburan, catat daftarnya!

Tips liburan aman

Bagi yang sering bepergian, mungkin sudah mengerti apa yang harus dipersiapkan nantinya. Namun bagi Teman Traveler yang baru pertama kali wisata ke luar negeri atau kota sebaiknya menyimak sejumlah tips liburan aman berikut. Walaupun tampak sepele, tapi bisa cukup berbahaya jika sampai terlewatkan. Simak daftarnya yuk!

Baca juga : Halloween Season, Liburan Horror Paling Dinanti

Menyimpan Struk ATM

Menyimpan struk ATM, via Instagram/safetravelertips

Pertama kali bepergian? Sebaiknya kalian harus berhati-hati. Terutama jika bersangkutan tentang informasi pribadi yang salah satunya bisa didapat dari struk ATM. Alangkah baiknya untuk menyimpan sejumlah bukti transaksi di ATM karena orang lain bisa mendapatkan data pribadi lewat sana.

Backup Data Paspor

Tips liburan aman, via Instagram/rashmimallya

Membackup data paspor dan dokumen penting lainnya wajib dilakukan. Sebelum bepergian silahkan untuk scan atau menggandakan paspor, sim, dan lain-lain dalam bentuk email atau hard copy. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan barang, kalian masih bias mengakses informasi lewat file cadangan.

Pakai Koneksi Internet yang Aman

Koneksi internet yang aman, via Instagram/gt_nakameguro

Saat ini internet menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari. Kalau kalian pergi ke luar negeri, Teman Traveler bisa dengan mudahnya menemui akses internet di berbagai tempat seperti bandara, kafe, dan lain-lain yang belum tentu aman digunakan. Untuk jaga-jaga, hindari memasukkan data pribadi seperti email, password emai, nomor rekening, dan informasi penting lainnya.

Pelajari Rute Bus

Pelajari Rute Bus, via Instagram/translinkboy

Bagi Teman Traveler memilih menggunakan transportasi umum ketika traveling kalian harus mempelajari terlebih dulu soal rute kendaraan tersebut. Caranya bisa lakukan riset di internet dengan Google map. Perhitungkan jarak dari tempat menginap ke destinasi tujuan. Atau bisa kunjungi laman resmi perusahaan transportasi yang bersangkutan untuk mengetahui rute sekaligus jadwal berangkat bus.

Download Peta Offline

Offline Map, via Instagram/mapy_cz

Internet menawarkan beragam kemudahan. Salah satunya bisa kalian jumpai pada fitur Offline di Google Map. Teman Traveler bisa mengunduh peta offline dari rumah. Tinggal cantumkan destinasi, ketuk pilihan Save Offline, dan matikan paket data. Tak perlu lagi deh khawatir soal koneksi yang tiba-tiba terputus selama perjalanan berlangsung. Fitur tersebut bisa membantu untuk lebih menghemat baterai handphone.

Tulis Informasi Kondisi Medis

Informasi kondisi medis, via Instagram/cleverdux

Penting bagi kalian yang mengalami kondisi medis atau penyakit tertentu, akan lebih baik jika Teman Traveler menulis sejumlah informasi soal penyakit dengan menggunakan bahasa lokal negara mana yang kalian tuju.

Kalian bebas menggunakan media apa saja mulai dari kertas, handphone, kartu, dan lain-lain. Jika alergi terhadap suatu bahan tertentu terutama ketika memilih makanan di suatu restoran, kalian bisa menanyakan hal tersebut kepada pekerja di tempat makan.

Menutup Lubang Intai di Kamar

Lubang intai di kamar hotel, via Instagram/patriknovak17

Poin satu ini berguna bagi kalian yang memilih hotel sebagai tempat untuk bermalam. Biasanya setiap pintu kamar hotel dilengkapi dengan lubang intai. Fasilitas tersebut berguna untuk melihat seperti apa keadaan di luar. Jika kalian mendapatkan ruangan dengan lubang intai yang rusak, mintalah untuk menukarnya dengan kamar lain kepada petugas. Karena bisa saja di lubang tersebut telah dimasukkan kamera tersembunyi.

Seperti yang diberitakan oleh Kompas, pria pengintip bernama Michael David Barret kedapatan merekam seorang tamu perempuan bernama Erin tengah bertelanjang lewat lubang intip di kamar hotel. Rekamannya telah tersebar di dunia maya. Atas tindakannya, Barret dinyatakan bersalah di pengadilan.

Itulah sejumlah tips liburan aman yang bisa kalian terapkan ketika traveling ke luar negeri. Jangan lupa untuk selalu jaga barang bawaan ya! Next

ramadan
Resort di Bali dengan Kids Cooking Class via Facebook CrystalKuta Hotel

Akomodasi di Bali Sediakan Kids Cooking Class, Aktivitas Seru Bareng si Kecil

Air Terjun Sarang Burung

Air Terjun Sarang Burung, Si Tingkat Tujuh yang Menggoda