in , ,

Air Terjun Sarang Burung, Si Tingkat Tujuh yang Menggoda

Menikmati Pesona Menggoda Air Terjun Sarang Burung

Air Terjun Sarang Burung
Air Terjun Sarang Burung via Instagram.com/kallolo_petualang

Air Terjun Sarang Burung merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan. Lokasinya ada di Dusun Batu lappa, Desa
Tompo, Kecamatan Barru. Teman Traveler harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam menggunakan mobil dari Makassar, sebelum sampai di destinasi ini.

Baca juga : Deretan Bakso Keju di Jakarta, Bisa Cicipi Saat Traveling ke Ibu Kota

Air terjun ini dinamakan Sarang Burung oleh warga sekitar, lantaran kicauan burung kerap terdengar di sepanjang perjalanan menuju lokasi. Lantas seperti apa indahnya objek wisata alam ini? Yuk, kita simak penjelasannya.

Cukup Sulit Dijangkau

Suasana asri di sekitar air terjun via Instagram.com/kallolo_petualang

Air Terjun Sarang Burung memang agak sulit dijangkau karena jaraknya cukup jauh. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer, melewati jalur terjal dan menanjak. Meski demikian, panorama menawan di sekitar air terjun dijamin tak bakal bikin menyesal sudah berkunjung ke sini.

Batuan Bersusun

Air terjun bertingkat via Instagram.com/kallolo_petualang

Selain Sarang Burung, air terjun ini juga dikenal dengan nama Batulappa. Dalam bahasa sekitar, nama tersebut berarti batu bersusun. Sebutan tersebut sangat sesuai dengan kondisi fisik destinasi ini. airnya mengalir deras melewati tingkatan bebatuan alami.

Air di sekitar air terjun terasa begitu sejuk dan menyegarkan. Terasa sedikit hembusan angin sepoi-sepoi, ditambah kicauan burung yang menenangkan. Benar-benar menyenangkan rasanya berada di sini.

Uniknya lagi, tingkatan air terjun di sini tak hanya satu, melainkan tujuh. Jarak antar tingkat kurang lebih 100 meter. Masing-masing menawarkan pesona keindahan berbeda.

Perjalanan Melewati Sawah

Aliran air menyegarkan via Instagram.com/kallolo_petualang

Untuk bisa mencapai Air Terjun Batulappa, Teman Traveler harus melakukan perjalanan ke Kabupaten Barru terlebih dulu. Dari situ kalian harus mencari Jalan Pahlawan dan meluncur ke Desa Tompo. Setelah kurang lebih 30 menit, kalian akan sampai di Dusun Batulappa, tempat air terjun berada.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, jalur menuju air terjun lumayan ekstrem. Teman Traveler harus berjalan melintasi pematang sawah. Selanjutnya kalian masih akan dihadapkan pada jalur curam dengan kemiringan mencapai 45 derajat.

Sebaiknya siapkan stamina terlebih dulu, sebab jika tidak Teman Traveler akan cepat kelelahan. Namun jangan khawatir, semua letih itu akan terbayar ketika melihat indahnya Air Terjun Batulappa.

Tips Berkunjung

Aman untuk bermain air via Instagram.com/kallolo_petualang

Teman Traveler takkan menemukan warung atau penjual makanan di sekitar air terjun. Sebaiknya kalian membawa perbekalan sendiri. Selain itu jangan lupa membekali diri dengan trash bag atau kantong sampah, karena di sini juga belum tersedia tempat sampah.

Sangat cocok dikunjungi di awal musim hujan via Instagram.com/kallolo_petualang

Bagi Teman Traveler yang penasaran ingin mengunjungi Air Terjun Sarang Burung, sebaiknya datang di awal musim kemarau atau musim hujan. Debit airnya akan cukup deras dan cukup aman untuk bermain air. Selamat berlibur. Next

ramadan

Tips Sederhana Agar Liburan Makin Aman, Jangan Disepelekan!

Pantai Kastela Ternate

Pesona Indah Wisata Ternate, Kota Mungil Penuh Warna yang Bikin Terpana