in , ,

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Aman Saat Liburan

Panduan Mendaki Saat Musim Hujan yang Perlu Diketahui

Ilustrasi mendaki gunung saat hujan
Ilustrasi mendaki gunung saat hujan via Unsplash

Musim hujan sudah tiba di beberapa daerah. Meski demikian, hal ini bukan penghalang untuk lakukan aktivitas outdoor seperti mendaki gunung. Resikonya memang besar, namun bukan berarti mustahil. Yuk, simak beberapa tips daki gunung saat hujan berikut ini Teman Traveler.

Baca juga : Pesona Doi Inthanon, Tempat Tertinggi di Thailand Utara

Pilih Jalur Paling Mudah

michal_parzuchowski_htzcevy5ykm_unsplash_Hd0.jpg
Ilustrasi jalur pendakian via Unsplash

Cobalah memilih jalur pendakian termudah. Hal ini akan sangat membantu ketika Teman Traveler mendapati cuaca buruk saat pendakian. Selain itu, sebaiknya pilih gunung dengan jalur pendakian tidak terlalu panjang. Rute yang relatif singkat dan tak terjal bakal relatif menghemat energi.

Teman Traveler juga bisa coba menjelajahi gunung yang puncaknya bisa ditempuh dalam sehari saja. Berikutnya, pastikan ada banyak pos di sepanjang jalur pendakian. Ini sangat berguna untuk lindungi diri kala terjadi hujan, badai, maupun petir.

Pantau Prakiraan Cuaca

johannes_plenio_600dw3_1rv4_unsplash_wwV.jpg
Ilustrasi cuaca buruk via Unsplash

Berikutnya, jangan lupa mencari informasi terkini soal kondisi cuaca sebelum keberangkatan. Jangan anggap remeh, karena kondisi alam bisa sangat tak terduga, terutama di musim hujan. Dengan lakukan pengamatan, Teman Traveler bisa tahu apakah jalur pendakian yang dilalui berpotensi alami cuaca buruk atau tidak.

Teman Traveler bisa manfaatkan laman BMKG atau aplikasi cuaca seperti AccuWeather. Namun jika kalian baru memulai pendakian dan tiba-tiba cuaca buruk datang, alangkah baiknya bersabar menunggu hingga kondisi membaik. Bagaimanapun perjalanan bakal lebih mudah jika sedang tidak hujan.

Bawa Jas Hujan

vidar_nordli_mathisen_igknvdvsbpa_unsplash_Kvh.jpg
Ilustrasi menggunakan jas hujan saat pendakian via Unsplash

Perlengkapan mendaki satu ini tak boleh ketinggalan. Selalu pastikan Teman Traveler membawa jas hujan atau ponco untuk lindungi diri dari basah kuyup ketika menerjang derasnya hujan. Ini sangat penting, terutama ketika kalian bertualang di gunung dengan pos pendakian minim. Mengenakan mantel juga takkan membatasi ruang gerak saat mendaki.

Gunakan Kantong Kedap Air

dan_gold_ceeo7vd9qae_unsplash_fjL.jpg
Ilustrasi rain cover via Unsplash

Melapisi carrier merupakan hal wajib ketika Teman Traveler lakukan pendakian saat hujan. Agar lebih aman, kalian bisa gunakan kantong kedap air. Tambahan asesoris ini akan memastikan semua barang bawaan bebas dari air selama dibawa mendaki di tengah hujan.

Jangan Paksakan Diri

nick_scheerbart_sogoafeswo8_unsplash_4EH.jpg
Ilustrasi menerjang cuaca buruk via Unsplash/Travelingyuk

Jika cuaca tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendakian, jangan paksakan diri. Tak perlu menuruti ego untuk mencapai puncak. Langsung saja turun kembali ke basecamp. Ingat, pulang dengan selamat adalah tujuan utama saat mendaki gunung. Teman Traveler masih bisa kembali mendaki saat cuaca sudah bersahabat.

Itulah sekilas ulasan mengenai tips daki gunung saat hujan. Bagaimana, adakah di antara Teman Traveler yang berencana menaklukkan Gunung Semeru di Jawa Timur atau Rinjani di Lombok dalam waktu dekat? Next

ramadan

Hai Van Pass, Pesona Paripurna Alam Vietnam dan Kelezatan Kuliner Tiada Duanya

4 Tempat Indah di Banyuwangi, Bikin Sadar Pentingnya Jaga Lingkungan