in , , ,

Hai Van Pass, Pesona Paripurna Alam Vietnam dan Kelezatan Kuliner Tiada Duanya

Indahnya pesona alam Vietnam

Sedang berada di Da Nang, Vietnam, dan berencana mengunjungi Hue? Sebelum kamu beli tiket pesawat atau bus, baca dulu tentang serunya naik motor melalui Hai Van Pass. Dulunya merupakan jalan yang sibuk, sekarang kawasan ini tergolong sepi meskipun hanya beberapa kilometer dari pusat kota. Kenapa begitu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Jalan-jalan ke Kerajaan Es ala Elsa Frozen, Indah dan Bermandikan Cahaya

Cara ke Sana

Hai Van Pass menghubungkan Da Nang dan Hue, Vietnam © Arakita Rimbayana
Hai Van Pass menghubungkan Da Nang dan Hue, Vietnam © Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Dari pusat kota Da Nang, terus menuju utara dan kemudian belok kiri (ke arah Barat) ke jalan Duc Thang yang akan membawamu ke jalan Luong Bang. Dari sana, kamu tinggal mengikuti jalan ini menuju Hai Van Pass. Kalau kamu bingung atau takut nyasar, tinggal buka Google Maps dan ikuti petunjuknya dengan mudah. Jangan salah masuk ke jalur terowongan khusus roda empat, ya!

Pemandangan Indah di Puncak

Pemandangan di puncak Hai Van Pass, Vietnam © Arakita Rimbayana
Pemandangan di puncak Hai Van Pass, Vietnam © Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Meskipun jalan ke puncak Hai Van Pass tidak terlalu menantang, pemandangan seperti ini yang menanti di puncak jelas mampu menghilangkan lelah sejenak. Beberapa bagian jalanannya sedikit bergelombang, jadi harap perhatikan rambu-rambu peringatan untuk mengurangi kecepatan.

Kurangi kecepatan motormu juga saat kamu melihat hewan-hewan liar berkeliaran (bahkan menyebrang jalan), seperti monyet, kambing, dan bahkan sapi!

Sesuatu Menunggumu di Balik Gunung

Kawasan restoran seafood di balik Hai Van Pass Vietnam © Arakita Rimbayana
Kawasan restoran seafood di balik Hai Van Pass Vietnam © Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Setelah melewati Hai Van Pass, mampir dulu ke kawasan Lang Co dimana terdapat banyak pilihan restoran seafood. Kawasan ini terkenal karena tangkapan lautnya yang segar, langsung dari kawasan laut dan danau di sekitar restoran. Setelah tanya kanan-kiri dan baca ulasan online, pilihan saya jatuh ke restoran Lang Chai Lang Co dan hasilnya pun tidak mengecewakan!

Pilih sendiri tangkapan segar untuk disantap Lang Chai Lang Co Vietnam © Arakita Rimbayana
Pilih sendiri tangkapan segar untuk disantap © Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Restoran ini terletak di 9 An Cu Dong, TT. Lang Co dan buka setiap hari mulai jam 6 pagi sampai 10 malam. Penduduk sekitar Da Nang memang gemar makan seafood, bahkan sebagai menu sarapan. Banyak tempat duduk tersedia, jadi kamu tidak perlu reservasi terlebih dahulu.

Enak dan Murah

Tiram bakar ala Vietnam © Arakita Rimbayana
Tiram bakar ala Vietnam © Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Dari pengalaman pribadi saya tinggal di Vietnam selama 7 bulan, ada satu hidangan yang selalu jadi pilihan saya setiap mengunjungi restoran seafood: tiram bakar ala Vietnam dengan saus creamy pedas, bawang goreng, dan kacang tanah.

Kepiting saus asam © Arakita Rimbayana
Kepiting saus asam © Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Saat masuk ke restoran ini, saya kira saya harus membayar cukup mahal. Ternyata tidak sama sekali! Setelah makan satu kepiting, sepiring tiram bakar, cumi bakar, dan nasi goreng, saya hanya perlu membayar sekitar 400.000 VND (kira-kira Rp250.000). Murah, kan?

Petualangan Seru yang Diakhiri Kuliner Lezat

Titik observasi lainnya di Hai Van Pass, Vietnam © Arakita Rimbayana
Titik observasi lainnya di Hai Van Pass, Vietnam © Arakita Rimbayana/Travelingyuk

Tentunya kamu bisa memilih untuk naik bus ke Hue, tapi apa serunya? Naik motor dari Da Nang ke Hue menjanjikan pengalaman lebih seru ketimbang duduk cantik di dalam bus. Ditambah lagi, kamu bisa berhenti di mana saja dan kapan saja kamu mau, termasuk di titik observasi cantik tempat ambil foto keren. Ambil kendali sekarang juga dan nikmati road trip yang seru! Next

ramadan
Promo Tiket Pesawat 2020

4 Promo Tiket Pesawat, Liburan Hemat Demi Menyongsong Tahun 2020

Ilustrasi mendaki gunung saat hujan

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Aman Saat Liburan