in , ,

4 Tempat Indah di Banyuwangi, Bikin Sadar Pentingnya Jaga Lingkungan

Saat sedang berlibur ke suatu tempat jangan lupa menjaga kebersihan sekitar

Sebagai kota yang bersinggungan langsung dengan perairan lepas Banyuwangi memiliki banyak potensi pariwisata yang luar biasa. Jumlah wisatawan yang selalu melonjak di setiap tahunnya membuat Banyuwangi seolah menjadi tempat wisata yang berpotensi tercemari lingkungannya. Beberapa tempat ini bikin seketika sadar lingkungan. Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Jurang Tembelan Kanigoro, Spot Romantis Bermandikan Sunset di Jogja

Bangsring Underwater

gopr5702_W6h.JPG
Tidak ada terumbu karang (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Siapa sih yang tidak kenal Bangsring? Tempat yang menawarkan pengalaman bawah lautnya ini menjadi tempat favorit bagi para Teman Traveler yang ingin snorkeling. Tidak hanya snorkeling, juga bisa melihat penangkaran hiu dan bisa juga berenang bersama hiu-hiu kecil ini.

Namun sayangnya aktivitas snorkeling terkadang tidak selalu tentang terumbu karang yang indah. Ketika saya mendatangi tempat ini, terdapat spot tertentu yang rusak terumbu karangnya. Bisa jadi ini karena ulah para pengunjung yang menginjak terumbu karang. Sayang sekali, ya.

Taman Nasional Baluran

20190106_101107_QXz.jpg
‘Bawalah Sampah Anda. Hanya Monyet yang Membuang Sampah Sembarangan’ (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Taman Nasional Baluran juga menjadi tujuan utama banyak pengunjung ketika datang ke Banyuwangi. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati gunung, savana, fauna liar, dan juga pantai sekaligus. Namun sayangnya masih ada saja pengunjung yang kurang peduli lingkungan dan membuang sampah sembarangan. Hal ini membuat petugas memasang tanda himbauan yang bertuliskan “Bawalah Sampah Anda. Hanya Monyet yang Membuang Sampah Sembarangan”.

Pantai Bama

20190106_111547_GUd.jpg
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Masih satu lokasi dengan Taman Nasional Baluran, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Keunikan dari tempat ini adalah banyaknya monyet yang berkeliaran bebas. Selain bermain air pengunjung juga biasanya suka bermain dengan monyet-monyet ini.

Meski ada himbauan untuk tidak memberi makan monyet, namun pengunjung terkadang masih suka bandel. Hal ini kemudian membuat monyet suka mencuri makanan pengunjung ketika lapar.

Akibatnya adalah banyak ditemukan sampah bungkus makanan dan kulit kacang yang berserakan.

Tepi Dermaga

img_20190106_wa0017_iNe.jpg
Tepi Dermaga (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Karena berada di pinggir laut lepas, Banyuwangi tentu memiliki banyak sekali dermaga, dari yang kecil sampai besar. Dermaga juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati laut sambil menunggu sunrise ataupun sunset.

Tidak jarang juga penduduk sekitar yang suka memancing di tepi dermaga ini. Lagi-lagi sangat disayangkan ketika batas antara darat dan laut ini menjadi persinggahan sampah-sampah plastik dan bekas botol minuman. Betapa sampah-sampah ini sangat mengganggu pemandangan.

Itulah beberapa tempat yang seketika membuat saya sadar lingkungan ketika berkunjung ke Banyuwangi. Kamu pernah mengalami hal yang sama? Semoga Teman Traveler termasuk yang peduli lingkungan, ya! Next

ramadan
Ilustrasi mendaki gunung saat hujan

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan, Aman Saat Liburan

Khayal Coffee Studio

Khayal Coffee Studio Bali, Usung Konsep Piknik yang Unik