in , , ,

Tips Mengatur Travel Budget dan Apa Saja yang Harus Disiapkan

fi tips menagtur travel budget

Liburan menjadi sebuah kebutuhan untuk mengembalikan semangat dan refreshing setelah sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Tentunya perlu ada persiapan, berikut tips mengatur travel budget dan apa saja yang perlu disiapkan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Amazing Art World Jadi Alasan Baru untuk Liburan ke Bandung

1. Menentukan Lokasi Liburan

menentukan lokasi liburan
Ilustrasi via pexels Torsten Dettlaff

Pertama Teman Traveler perlu menentukan lokasi liburan, ingin ke luar kota, luar negri atau di dalam kota. Tentunya ini berpengaruh dalam mengalokasikan dana liburan.

2. Moda Transportasi

moda transportasi
Ilustrasi via pexels Anugrah Lohiya

Berikutnya, tentukan akan pergi menggunakan moda transportasi dengan mobil pribadi, kendaraan umum seperti kereta, pesawat, kapal laut atau lainnya. Masukkan dana transportasi pulang – pergi terlebih dahulu jika menggunakan transportasi umum, sedangkan kendaraan pribadi sediakan uang untuk mengisi bahan bakar.

Selanjutnya bagi Teman Traveler yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat menentukan di lokasi liburan perlu menggunakan transportasi untuk berkeliling. Nah, siapkan dana menyewa sepeda motor, mobil atau jasa ojek online.

3. Akomodasi Penginapan

akomodasi penginapan
Ilustrasi via pexels Elina Sazonova

Pergi liburan ke luar kota tentu membutuhkan tempat untuk menginap, Teman Traveler dapat memilih akomodasi penginapan di hotel, airbnb, homestay, villa atau resort yang memiliki biaya berbeda-beda. Tentukan sesuai kemampuan budget namun jangan lupa melihat kenyamanannya. Selain itu Teman Traveler dapat melihat promo menarik di aplikasi akomodasi untuk sedikit menghemat.

4. Biaya Makan

biaya makan
Ilustrasi via pexels Adrienn

Kemudian terasa tidak afdal liburan tanpa wisata kuliner lokal untuk itu sediakan biaya makan selama tinggal di luar kota. Tips hematnya Teman Traveler dapat memilih akomodasi yang menyediakan sarapan gratis.

5. Sediakan Biaya Tak Terduga

sediakan biaya tak terduga
Ilustrasi via pexels Karolina Grabowska

Sediakan juga biaya tak terduga atau kebutuhan extra, sebab bisa jadi Teman Traveler harus mengeluarkan biaya untuk keperluan lain yang tidak bisa ditebak. Biaya extra ini dibutuhkan jika ingin membeli oleh-oleh, memasuki objek wisata, dan hiburan wisata lainnya.

6. Perhitungkan Dengan Baik

perhitungkan dengan baik
Ilustrasi via instagram Karolina Grabowska

Dana liburan ini sebaiknya tidak kurang dan berlebihan, untuk itu perhitungkan dengan baik poin-poin di atas atau keperluan liburan lainnya. Memastikan tidak ada kekurangan biaya saat pergi pelesiran, selain itu membuat hati tenang liburan nyaman.

Demikian tips mengatur travel budget dan apa saja yang perlu dipersiapkan, semoga bermanfaat untuk Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi predator fun park

Predator Fun Park di Batu Jawa Timur, Ajak Keluarga Wisata Edukasi

Sakura Hills, Nuansa Jepang Di Lereng Gunung Lawu