in , ,

Tips Nyaman Liburan Naik Bus, Catat Baik-baik Teman Traveler

Perjalanan Liburan Jarak Jauh Jadi Nyaman

Ilustrasi perjalanan naik bus
Ilustrasi perjalanan naik bus via Unsplash

Bus bisa jadi salah satu transportasi paling recommended untuk liburan. Perjalanan memang bakal memakan waktu lama, namun harga yang dipatok bakal lebih murah dibanding kereta api atau pesawat terbang. Nah, agar Teman Traveler tetap hepi, berikut ini adalah tips nyaman liburan naik bus yang bisa kalian coba.

Baca juga : Benteng Vredenburg, Saksi Bisu Sejarah Kemerdekaan RI di Jogja

Cari Informasi

tristan_hess_aa2ponlzyke_unsplash_8JS.jpg
Ilustrasi bus via Unsplash/Travelingyuk

Hal ini wajib dilakukan jika Teman Traveler baru pertama kali lakukan perjalanan jauh menggunakan bus. Carilah informasi lengkap soal harga tiket, jam keberangkatan dan kedatangan, rute, fasilitas, serta tempat pemberhentian. Selain itu, pilihlah bus yang dilengkapi fasilitas toilet.

Tak perlu bingung memilih armada bus. Tentukan sesuai kebutuhan dan bujet. Beragam platform digital bakal sangat membantu Teman Traveler untuk mendapatkan informasi berguna. Kalian tak perlu lagi datang langsung ke agen. Oh ya, jangan lupa membaca ulasan dari para penumpang sebelumnya ya.

Memilih Tempat Duduk

annie_spratt_tg822f1xzt4_unsplash_H4t.jpg
Ilustrasi memilih tempat duduk nyaman via Unsplash

Posisi dan tempat yang tepat akan menunjang kenyamanan Teman Traveler selama perjalanan, apalagi jika kalian mudah mabuk perjalanan darat. Sebaiknya jangan pilih kursi yang tepat berada di atas roda karena paling mudah terkena guncangan.

Sementara bagi sebagian orang, kursi di samping jendela kerap jadi pilihan. Di sini penumpang bisa leluasa tidur dengan menyandarkan kepala ke jendela.

Soal selimut dan bantal, jangan khawatir. Kebanyakan bus dengan rute perjalanan jauh biasanya sudah menyediakan dua fasilitas tersebut.

Pakaian Nyaman

priscilla_du_preez_dulfuy7k82g_unsplash_vWh.jpg
Ilustrasi pakaian nyaman via Unsplash

Duduk berjam-jam bakal terasa lebih nyaman jika Teman Traveler mengenakan pakaian yang tepat. Pasalnya tubuh bakal duduk lama dan hanya bisa berdiri sejenak. Kenakan baju dan celana berbahan longgar dan menyerap keringat. Jangan lupa bawa baju hangat guna mengantisipasi dinginnya suhu di dalam bus kala malam hari.

Tas Kecil

alfonso_ramirez_tq8rwnm0eby_unsplash_Z58.jpg
Ilustrasi tas kecil via Unsplash

Selama menumpang bus Teman Traveler sebaiknya tidak menyimpan barang berharga di dalam bagasi. Letakkan semuanya dalam tas kecil yang mudah dibawa ke mana-mana, termasuk saat kalian pergi ke toilet maupun turun untuk makan.

Datang Tepat Waktu

eutah_mizushima_2tlasvhqil0_unsplash_Plk.jpg
Ilustrasi datang tepat waktu via Unsplash

Layaknya transportasi publik lain, Teman Traveler harus datang menyesuaikan jadwal keberangkatan. Jangan sampai berangkat terlalu mepet ke terminal maupun pool untuk mengantisipasi kemacetan atau bahkan ketinggalan bus.

Itulah sekilas ulasan mengenai tips nyaman liburan naik bus yang bisa Teman Traveler coba. Jadi, mau menjelajah wisata Jogja atau Bandung nih? Selamat traveling ya! Next

ramadan

Candi Songgoriti, Situs Bersejarah dengan Banyak Kisah di Dalamnya

Puaskan Hobi Berkuda bak Koboi di Telaga Sarangan Magetan