in , ,

Tips Pertama Naik Kapal, Jamin Anti Mabuk Laut!

Nikmati Perjalanan Laut Bebas Mual dan Pusing

Ilustrasi perjalanan naik kapal
Ilustrasi perjalanan naik kapal via Unsplash

Hai Teman Traveler, adakah di antara kalian yang belum pernah merasakan sensasi jalan-jalan naik kapal laut? Mungkin banyak yang membayangkan rasanya bakal tidak nyaman. Terombang-ambing dan rawan mabuk laut. Nah, untuk mengatasinya Travelingyuk punya beberapa tips pertama naik kapal berikut ini. Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Beda Dengan yang Lain, Inilah 5 Sajian Mie Warna Tak Lazim

Cari Tempat Duduk Nyaman

andrew_sprague_iqvtaccd2yw_unsplash_3ux.jpg
Ilustrasi tempat duduk nyaman (c) Rosita/Travelingyuk

Hal ini sangat penting, terutama buat Teman Traveler yang hendak melakukan perjalanan dengan kapal laut berjam-jam. Posisi duduk yang tepat tentu akan mempengaruhi kenyamanan. Namun ingat, kriteria nyaman tiap orang bisa berbeda-beda.

Ada yang lebih suka duduk di dalam ruangan sambil menonton TV. Namun ada juga yang lebih senang bersantai di sisi luar sambil nikmati pemandangan lautan lepas. Namun manapun posisi yang Teman Traveler pilih, pastikan kalian merasa cukup nyaman dan aman.

Ketahui Letak Pelampung

digital_sennin_0sq5vv713gq_unsplash_dsN.jpg
Ilustrasi pelampung via Unsplash

Hal ini juga tak kalah penting karena erat kaitannya dengan keselamatan perjalanan. Sebelum perjalanan dimulai, pastikan Teman Traveler sudah tahu betul di mana letak peralatan keamanan dan petunjuk keselamatan andai terjadi sesuatu. Cari juga informasi lengkap soal jalur evakuasi dan titik kumpul.

Jalan-jalan Keliling Kapal

vidar_nordli_mathisen__lggza9l3ie_unsplash_FjU.jpg
Ilustrasi cara mengusir bosan via Unsplash

Waktu di atas kapal bisa terasa sangat lama. Teman Traveler mungkin bakal merasa tak ada perjalanan seperti tak ada habisnya. Salah satu cara yang bisa kalian coba untuk mengusir bosan adalah jalan-jalan di sekitar kapal.

Cobalah duduk di sisi kapal sambil nikmati pemandangan sekitar. Tentunya pilih tempat yang memang diperuntukkan bagi penumpang ya. Biasanya di sekitar ruang nahkoda ada beberapa kursi untuk nikmati panorama laut lepas. Cocok juga buat kalian para pemburu foto, yang ingin santai sambil nikmati semilir angin. Jika beruntung, kalian juga bisa nikmati indahnya pemandangan sunrise maupun sunset lho.

Obat Anti Mabuk Perjalanan

Obat satu ini tak boleh ketinggalan. Terutama bagi Teman Traveler yang baru pertama kali liburan naik kapal laut dan harus menempuh perjalanan jauh. Untuk mengantisipasi mual, tak ada salahnya mengonsumsi obat anti mabuk beberapa saat sebelum naik ke kapal.

Bawa Bekal Sendiri

sander_dalhuisen_na6xhnq2od8_unsplash_cz3.jpg
Ilustrasi bersantap via Unsplash/Travelingyuk

Mencoba hal ini juga tak ada salahnya, terutama untuk menghemat pengeluaran. Ingat, harga makanan di atas kapal biasanya lebih mahal beberapa kali lipat dibanding harga normal. Sebaiknya kalian membawa bahan-bahan praktis yang siap disantap sebagai bekal.

Jaga Barang Bawaan

andrew_neel_aae4nqbvkwc_unsplash__1__Y7k.jpg
Ilustrasi menjaga barang bawaan via Unsplash

Tips terakhir, jagalah tas dan barang milik kalian selama berada di kapal. Pihak kapal laut takkan bertanggung jawab atas segala bentuk kehilangan yang terjadi. Waspadalah dengan orang-orang yang sikapnya mencurigakan.

Itulah sekilas ulasan mengenai tips pertama naik kapal yang bisa Teman Traveler coba. Yuk, tunggu apalagi, segera wujudkan rencana liburan ke NTT atau Bali dalam waktu dekat. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan

Puncak Rembangan Jember, Destinasi Keluarga dengan Panorama Surgawi

Taman Abhirama, Si Penyejuk yang Ada di Tengah Sidoarjo