in , ,

Tips Pilih Jasa Open Trip, Awas Kena Tipu

Beberapa Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Pilih Jasa Open Trip

Ilustrasi peserta open trip
Ilustrasi peserta open trip via Unsplash

Adakah di antara Teman Traveler yang tertarik menggunakan jasa open trip? Opsi ini memang cukup menggiurkan karena biasanya ditawarkan dengan tarif begitu murah. Namun demikian, tak jarang pengguna jasa ini berujung kecewa lantaran ada banyak hal yang tidak sesuai dengan bayangan. Agar kalian tak alami hal semacam itu, yuk simak tips pilih jasa open trip berikut ini.

Baca juga : Perpustakaan Bank Indonesia, Nikmati Belajar dengan Suasana ala Rumah Sendiri

Cek Review

tips pilih jasa open trip
Nusa Penida, salah satu objek populer untuk jasa open trip via Unsplash

Hal ini wajib Teman Traveler lakukan sebelum memilih jasa open trip. Cek dulu review atau beberapa testimoni mengenai jasa tersebut. Jangan mudah tergiur dengan foto-foto bagus yang mereka unggah di media sosial. Pastikan bahwa penyedia jasa benar-benar terpercaya dan punya reputasi baik di mata pelanggan.

Satu hal yang perlu Teman Traveler ingat, jumlah follower tidak bisa jadi jaminan. Jika menemukan kejanggalan atau banyak komentar negatif, ada baiknya tidak mengambil risiko. Cara ini memang tidak terlalu akurat, namun setidaknya bisa meminimalisir kekecewaan jika ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tanyakan Legalitas Perusahaan

tips pilih jasa open trip
Gunung Bromo juga termasuk destinasi populer untuk jasa open trip via Unsplash

Jika merasa ragu, Teman Traveler tak perlu sungkan menanyakan legalitas perusahaan penyedia jasa open trip. Kalian berhak mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait hal tersebut. Tanyakan soal alamat lengkap kantor mereka, nomor yang bisa dihubungi, dan lain sebagainya.

Jangan Terbuai Harga Murah

oanh_mj_xfkr7fphwgs_unsplash_5IL.jpg
Pengguna open trip biasanya akan mendapat fasilitas homestay via Unsplash

Teman Traveler harus lebih selektif dalam memilih harga. Tak semata mencari harga temurah, kalian juga harus lebih teliti. Memang banyak open trip dengan tarif terjangkau, namun cek juga fasilitas dan list itinerary yang bakal kalian dapatkan. Jika memungkinkan, bandingkan dengan dua atau lima penyedia jasa dengan destinasi serupa.

Dengan demikian, Teman Traveler akan lebih bijak dalam menyikapi harga murah yang ditawarkan penyedia jasa open trip. Jangan mudah terbuai tarif miring. Jika merasa harga tersebut tak masuk akal, langsung coret dari opsi jasa open trip yang akan kalian pilih.

Tanyakan Fasilitas yang Didapat

Sembari membandingkan harga, Teman Traveler jangan lupa tanyakan fasilitas yang bakal dapatkan. Hal ini memang membutuhkan ketelitian ekstra. Tak perlu sungkan-sungkan meski kalian belum memutuskan apakah akan menggunakan jasa open trip tersebut atau tidak. Mintalah semua keterangan secara mendetail.

Minta Bukti Pembayaran

tips pilih jasa open trip
Ilustrasi pembayaran via Unsplash

Setelah melakukan pelunasan biaya, Teman Traveler jangan lupa meminta bukti pembayaran. Penyedia jasa biasanya bakal memberikan invoice berisi keterangan trip yang dipesan, plus detail perjalanan. Simpan bukti ini baik-baik dan jangan sampai hilang. Dokumen ini bisa jadi bahan argumen jika terjadi kendala sebelum maupun sesudah trip berlangsung.

Itulah sekilas tips pilih jasa open trip, bisa dipraktekkan buat keliling wisata Bali misalnya. Jadi tetaplah teliti dan berhati-hati, jangan sampai tertipu oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab ya Teman Traveler. Selamat liburan! Next

ramadan
Dante Pine Enrekang (c) Fagil Muhammad/Travelingyuk

Dante Pine, Wisata Unik dan Ekstrem di Enrekang

Arca Joko Dolog

Arca Joko Dolog, Ngumpet di Balik Taman Apsari