in , ,

Tips Tenda Terhindar dari Serangan Babi Hutan

Menghindari Babi Hutan Saat Berkemah di Gunung

Ilustrasi babi hutan via Unsplash

Menjelajahi gunung seharusnya menjadi momen menyenangkan. Namun, terkadang ada saja kendala. Seperti serangan babi hutan ke sekitar lokasi tenda. Supaya hal tersebut tidak terjadi, ikuti tips berikut agar tenda terhindar dari serangan babi hutan.

Baca juga : Fakta Menarik Bus Werkudara yang Mendapat Rekor MURI dari Solo, Super Keren!

Jangan ada tumpukan sampah

Tips tenda terhindar serangan babi hutan
Ilustrasi tumpukan sampah via Unplash

Tips pertama dan yang paling penting supaya tenda terhindari dari serangan babi hutan adalah jangan menumpuk sampah di sekitar tenda. Hal ini menjadi faktor utama datangnya babi hutan ke tenda kalian. Pasti tidak ingin kan, sampah pendakian kalian tercecer karena ulah hewan tersebut. Tapi bukan berarti kalian membuang sampah sembarangan selama pendakian ya.

Tips tenda terhindar serangan babi hutan
Ilustrasi babi hutan via Unsplash

Bereskan sampah dengan baik. Tips yang bisa Teman Traveler terapkan yakni membereskan sisa makan malam, baik wadah maupun sisa makanan. Sebelum tidur, bersihkan segala hal yang sekiranya mampu mengundang perhatian babi hutan. Bisa juga dengan menggantung sampah di batang pohon.

Hindari makanan berbau tajam

Tips tenda terhindar serangan babi hutan
Ilustrasi makanan berbau tajam via Unplash

Tips kedua untuk Teman Traveler yakni hindari meninggalkan makanan yang berbau tajam. Hal tersebut akan menarik perhatian babi hutan untuk mampir ke tenda kalian. Ingat, hewan memiliki indra penciuman yang lebih peka. Makanan berbau tajam seperti sarden bisa menarik perhatian babi hutan.

Tapi tenang saja, kalian masih bisa menyiasatinya. Bersihkan kaleng sarden yang sudah tidak terpakai sebelum diletakkan ke dalam trash bag. Setelah itu, bersihkan semua alat makan dan masak yang telah digunakan. Jika sudah terhindar dari makanan-makanan berbau tajam, tenang saja babi hutan tak akan mampir ke tenda kalian.

Simpan makanan dengan baik

markus_spiske_l6nnhbsd1o0_unsplash_5xk.jpg
Ilustrasi box penyimpan makanan via Unplash

Tips terakhir agar tenda Teman Traveler terhindar dari serangan babi hutan saat mendaki gunung, yakni simpan makanan dengan baik. Ingat, hewan tersebut mendatangi tenda pendaki untuk mencari makanan. Oleh karena itu, cara menyimpan makanan dengan baik menjadi hal penting yang harus diperhatikan para pendaki.

toa_heftiba_x9i_6yoxrxe_unsplash_Bam.jpg
Ilustrasi memasak perbekalan saat mendaki via Unplash

Ada beberapa cara yang bisa Teman Traveler lakukan agar perbekalan makanan tidak mengundang hewan tersebut mampir ke tenda. Usai makan malam, Teman Traveler bisa meletakkan sisa perbekalan dengan menggantungnya di batang pohon. Bisa juga dengan menyimpannya di dalam tenda. Usai memasak perbekalan, kemas dengan baik dan masukkan kembali ke dalam tenda.

Itulah sekilas beberapa tips agar tenda Teman Traveler terhindar dari
serangan babi hutan saat mendaki. Yuk segera realisasikan rencana pendakian kalian. Next

ramadan

4 Pantai Terindah di Purworejo, Lokasi Keraton Agung Sejagad

Candi Pari, Jejak Majapahit di Porong Sidoarjo