in ,

Terjadi Lagi Pelecehan Seksual di Dalam Kereta, Simak Tips-tips Menghindarinya

Tips Terhindar dari Pelecehan di Kereta Api

tips terhindar dari pelecehan di kereta api
tips terhindar dari pelecehan di kereta api

Media sosial kembali dihebohkan dengan pengakuan seorang penumpang wanita yang mengalami pelecehan seksual. Perempuan tersebut kemudian membuat thread di Twitter yang sekarang menjadi viral. Twit tersebut menjadi viral dan dibangikan lebih dari 17.000 kali.

Baca juga : Tersesat Saat Mendaki, Tanda SOS dari Benda-benda Ini Bisa Bantu Menyelamatkanmu

Singkat cerita, pemilik akun tersebut melakukan perjalanan menggunakan kereta api jurusan Jakarta-Surabaya pada Senin (22/4/2019). Ia mendapatkan perlakukan tidak senonoh dari orang yang baru saja dikenalnya. Tentu saja ini menambah daftar panjang terjadinya pelecehan di dalam kereta api.

Dengan kejadian yang baru-baru saja ini, ada beberapa tips yang bisa Teman Traveler untuk terhindar dari pelecehan seksual. Yuk mari simak tips terhindar dari pelecehan di kereta api seperti berikut ini, supaya tidak was-was lagi saat solo traveling, terutama untuk wanita.

Dihimbau untuk Tidak Tidur

Usahan untuk tidak tidur, via Shutterstock
Usahan untuk tidak tidur, via Shutterstock

Saat melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api, terutama saat solo traveling, upayakan untuk tetap terjaga. Dengan tetap terjaga kamu akan bisa mengawasi pergerakan di sekelilingmu. Untuk membuatmu tetap terjaga, kamu bisa membawa camilan, makanan, ataupun hal-hal lainnya yang tidak menurunkan kewaspadaan. Jangan tidur ya, terutama saat penumpang sedang padat-padatnya.

Mengabari Keluarga Saat Sudah Naik Kereta

Mengabari keluarga terdekat, via Shutterstock
Mengabari keluarga terdekat, via Shutterstock

Tips lainnya adalah mengabari keluarga atau orang terdekat jika kamu sudah naik kereta api. Setidaknya ada orang yang tahu kamu naik kereta api. Kita tidak akan tahu kejadian buruk yang tengah mengintai, untuk berjaga-jaga usahakan untuk selalu mengabari orang terdekat, ke manapun akan berangkat traveling.

Membawa Alat Bantu untuk Melawan Pelecehan

Bawa buku tebal, via Shutterstock
Bawa buku tebal, via Shutterstock

Tips terhindar dari pelecehan di kereta api yang paling penting adalah membawa alat bantu unuk melawa pelecehan. Bisa pepper spray atau alat kejut listrik. Namun jika sudah terdesak, kamu bisa menggunakan barang-barang apa saja yang berada di dalam tas. Mulai dari buku tebal, payung, sandal, helm dan lain sebagainya. Bekali dengan sesuatu yang akan membuatmu aman ya.

Tetap Waspada dengan Sekitar

Waspada dengan sekitar, via Shutterstock
Waspada dengan sekitar, via Shutterstock

Menonton drama Korea saat sedang perjalanan naik kereta memang menyenangkan. Namun jangan sampai hal tersebut menurunkan kewaspadaanmu ya. Mendengarkan musik juga sama saja. Sebenarnya bermain hp, games dan lain-lain tidak masala jika kewaspadaanmu tetap terjaga ya. Namun ada baiknya untuk tetap fokus saja di perjalanan, jangan sampai lengah.

Kenalan dengan orang baru memang merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan. Namun kamu harus selalu waspada dengan niatan sesorang berkenalan denganmu ya. Jangan sampai kamu menjadi korban selanjutnya. Jangan sampai jalan-jalan yang kamu lakukan maah berakhir mengenaskan. Next

ramadan
Kuliner Segar Buat yang Kalah Nyaleg via Instagram @jan_pyt

Kuliner Segar Buat yang Kalah Nyaleg, Dinginkan Kepala Pakai Es Tradisional Nusantara

Teak Tree Eatery & Living Salatiga

Teak Tree Eatery & Living, Nongkrong Romantis ala Eropa di Salatiga