in , ,

Kamu Traveler Introvert? Ini 6 Tips Khusus Buat Kamu

Tips terbaik biar liburanmu lancar dan anti cemas

Traveling selalu diidentikkan dengan orang berkepribadian ekstrovert, contohnya pergi bertemu orang baru plus berpesta dengan budaya dan ciri khas mereka. Lalu bagaimana dengan mereka yang berkepribadian introvert? Nampaknya terlihat melelahkan sekaligus menakutkan jika traveler introvert harus melakukan semua itu, bukan?

Baca juga : 5 Hotel dengan Arsitektur Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Bali

Nah, untuk Teman Traveler yang introvert, ini dia 6 tips yang bisa dilaksanakan ketika sedang berlibur ke tempat baru.

1. Selalu headphone, sleepmask, dan buku bacaan

https://post.greatist.com/wp-content/uploads/sites/2/2015/08/woman-airplane-sleeping-1296x728-header-1296x728.jpg
Ilustrasi tidur di pesawat via Pinterest

Seringkali bertemu dan ngobrol dengan orang baru terasa melelahkan, apalagi saat butuh istirahat dan menyendiri. Benda-benda di atas sangat membantu kalian untuk menghindari sosialisasi dengan cara yang lebih sopan dan elegan.

2. Pesan kamar di hotel, bukan hostel

Image may contain: indoor
Kamar hotel via Instagram/yanginori

Traveler introvert biasanya membutuhkan ruang privasi yang besar, dan hostel bukan tempat yang tepat untuk itu. Suasana hostel yang sangat terbuka dengan sosialisasi dengan orang baru, ditambah tempat tidur dan mandi yang dipakai bersama-sama membuat Teman Traveler introvert merasa terganggu.

Maka dari itu, hotel konvensional merupakan pilihan yang tepat. Kamarnya yang privat membuat kalian berasa di rumah sendiri tanpa takut menjalin kontak dengan orang asing.

3. Coba lakukan yoga dan aktivitas meditasi lainnya

Image may contain: one or more people, outdoor, water and nature
Aktivitas meditasi via Instagram/yudhajoedha

Orang-orang berkepribadian introvert membutuhkan keheningan jauh lebih intens dibandingkan dengan para ekstrovert. Maka dari itu, yoga ataupun meditasi merupakan akvititas yang tepat untuk dilakukan selama berlibur.

Bentuk aktivitas semacam itu mampu “mendetoks” segala pikiran negatif dan menaikkan emosi positif, sehingga Teman Traveler bisa lebih bahagia dan segar untuk menjalani hari-hari ke depan.

4. Jangan takut buat solo traveling!

Image may contain: 1 person, standing, outdoor and water
Solo traveling via Instagram/raisa6690

Banyak orang introvert yang ingin pergi traveling sendirian, tapi mereka diliputi perasaan ketakutan. “Apa yang terjadi kalau aku mendapatkan bahaya?”, “Apa yang akan kulakukan kalau bertemu dengan hal-hal yang membuatku cemas?”.

Jangan khawatir! Justru kegiatan solo traveling bisa sangat seru dan menyenangkan. Kalian bisa pergi ke manapun yang disuka tanpa perlu menunggu rekan berlibur. Selain itu, Teman Traveler juga bisa berinteraksi secara bebas dengan lingkungan yang disinggahi.

5. Tentukan tempat yang sesuai dengan energimu

Image may contain: 2 people, plant, outdoor and water
Ekspresikan dirimu! via Instagram/wellyhandoko

Orang introvert terkenal sebagai pribadi yang gampang ‘kehabisan energi’, apalagi kalau berhadapan dengan lingkungan dan orang-orang baru.

Sebagai saran, mulailah kenal diri kalian sendiri, tahu batasan dan kapasitas masing-masing. Kalau memang lebih bisa menyesuaikan diri di tempat sepi, kalian bisa pergi menyusuri alam ataupun kawasan sejarah yang hening.

6. Siapkan dirimu untuk terbuka dengan percakapan baru

Image may contain: 10 people
Jangan takut untuk berbaur! via Instagram/diptyabdj

Mau tidak mau, Teman Traveler pasti akan bertemu orang baru. Entah itu petugas bandara, karyawan penginapan, hingga warga lokal.

Maka dari itu, siapkan diri untuk berinteraksi dengan mereka kapanpun itu terjadi. Tidak perlu malu atau takut. Tunjukkan senyum dan keramahan kalian karena orang-orang tersebut pada dasarnya baik dan mau membantu Teman Traveler berlibur dengan aman dan nyaman.

Demikian tips singkat buat para traveler introvert biar bisa berlibur dengan lancar dan anti cemas. Sudah siap menjelajah dunia, Teman Traveler? Next

ramadan

Pandiga Educreation Sport, Tempat Asyik Habiskan Waktu Bersama Keluarga

FI Wisata Raffi Nagita

Artis Ini Berhenti Kerja Demi Keliling Indonesia, Intip Wisata Pilihan Raffi Nagita