in ,

Liburan ke Tonasa Park Yuk! Bekas Pabrik Raksasa yang Disulap Jadi Destinasi Wisata

Tonasa Park, Bekas Pabrik Semen Jadi Wisata Instagenic Pangkep Terbaru

Berlibur ke Makassar dan sekitarnya untuk menyambut tahun baru, sama serunya dengan merayakan di tempat lain. Di sini banyak sekali destinasi wisata yang baru dan menarik. Salah satunya adalah Tonasa Park. Kawasan umum yang dilengkapi berbagai daya tarik wisata ini dulu merupakan bekas salah satu pabrik semen terbesar di Indonesia. Setelah dioptimalkan beberapa bulan lalu, ia berubah menjadi kawasan yang menyenangkan untuk dikunjungi. Seperti apa persisnya? Simak uraian berikut ini yuk!

Baca juga : Nggak Bakal Kehabisan Kata, Quotes Tentang Traveling Ini Bisa Jadi Caption Fotomu

1. Baru pada Agustus Lalu Dioptimalkan Sebagai Sarana Umum

Seru-seruan di Tonasa Park Bersama Teman via Instagram/ rustammustamin

Di Indonesia belakangan ini banyak bermunculan tempat-tempat wisata baru yang menyenangkan. Tidak sedikit yang merupakan hasil optimalisasi kawasan terbengkalai atau bekas pakai. Salah satunya adalah Tonasa Park. Kawasan ini mulai dapat dinikmati oleh umum dan dimanfaatkan sebagai sarana kegiatan bagi masyarakat umum pada Agustus lalu. Ia terhitung baru dan pastinya akan terus dikembangkan.

2. Bekas Salah Satu Pabrik Terbesar RI dari Tahun 60

Bekas Pabrik Semen yang Disulap Jadi Kawasan Umum via Instagram/ erwinsyah.s

Pemanfaatan bangunan-bangunan terbengkalai dan bekas pakai sebagai tempat wisata, kerap kali menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Mulai dari bekas tambang, bangunan bekas pabrik gula dan kali ini bangunan bekas pabrik semen, semuanya menciptakan sesuatu yang menyenangkan. Tonasa Park, merupakan bekas pabrik semen Tonasa I milik PT Semen Tonasa.

Bangunan Terbengkalai Bekas Pabrik Semen yang Instagenic via Instagram/ satriawaty

Di masanya, pabrik ini merupakan salah satu pabrik terbesar di Indonesia. Ia merupakan hasil kerjasama pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintahan Cekoslovakia yang berlangsung pada 1960. Bangunan Tonasa sudah cukup lama tidak berfungsi. Sehingga, saat ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai sarana umum.

3. Sebagai Monumen Kejayaan Pabrik Semen Tonasa

Alat-alat Berat Menjadi Spot Foto yang Instagenic via Instagram/ penuhikmah1020

Revitalisasi kawasan pabrik semen Tonasa, selain dimanfaatkan sebagai sarana yang dapat digunakan untuk umum, juga berfungsi sebagai monumen kejayaan pabrik semen Tonasa. Pasalnya, di sini terdapat banyak barang-barang peninggalan dari Ceko. Kejayaan pabrik semen Tonasa yang dulu sempat besar, diupayakan untuk tidak hilang.

4. Fasilitas dan Spot Instagenic di Tonasa Park

Spot Sepeda Raksasa di Tonasa Park via Instagram/ faidah15

Beberapa fasilitas yang ada di Tonasa Park, disediakan untuk umum. Seperti beberapa fasilitas showroom CSR yang banyak menampilkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat umum juga bisa diselenggarakan di tempat ini.

Bangunan Tua di Tonasa Park via Instagram/ __deambarwati

Guna memenuhi kebutuhan eksis para generasi masa kini, pihak pengelola juga menyediakan spot-spot foto instagenic di sini. Teman Traveler bisa berfoto di sepeda raksasa, di depan alat-alat berat bekas pabrik, hingga di depan bangunan tua yang justru estetik. Menyenangkan sekali untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Salah Satu Spot Foto Favorit Pengunjung Tonasa Park via Instagram/ silma_shaqila

Tonasa Park yang terbuka untuk umum, bisa lho menjadi destinasi liburan akhir tahun nanti. Di sini takkalah menyenangkan dengan tempat wisata selfie lainnya. Sebab bekas pabrik semen ini disulap jadi sesuatu yang instagenic. Bagaimana? Tertarik? Yuk agendakan! Next

ramadan

Tiket Masuk Taj Mahal Naik Hingga Empat Kali Lipat, Siapkan Dompet Lebih Tebal Biar Selamat

Outfit Liburan Kimmy Jayanti

Outfit Liburan Kimmy Jayanti, Referensi Kalau Kamu Mau Stylish saat Jalan-jalan