in ,

Traveling Yuk ke 10 Tempat Wisata Terpopuler di Kepulauan Anambas

Pulau Bawah, via instagram

Anambas adalah nama kabupaten kepulauan yang letaknya di kawasan Laut China Selatan. Kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten Natuna ini merupakan salah satu anggota dari provinsi Kepulauan Riau. Dalam survey yang pernah dilakukan CNN Travel, salah satu pulau di kepulauan Anambas pernah dinobatkan sebagai pulau terindah se-Asia.

Baca juga : Ngabuburit di Agrowisata Karangsari, Sensasi Cicipi Blimbing Kualitas Unggul

Dari sana kemudian makin banyak traveler yang penasaran dengan keindahan alam daerah ini. Meski aksesnya tidak semudah menjangkau pulau Bali namun tidak sedikit traveler yang berkunjung ke sana. Anambas memang menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Daerah ini terdiri dari 238 pulau yang sangat mungkin dikembangkan sebagai tempat wisata. Saat ini setidaknya ada 10 tempat yang paling populer dikunjungi wisatawan. Berikut daftarnya.

1. Sunset Sempurna Pantai Arung Hijau

Pantai Arung Hijau di Anambas layak dijadikan salah satu tujuan wisata kalian. Pantai ini berada di desa Tiangau, kecamatan Siantan Selatan. Setiap akhir pekan pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan sebab kawasan ini termasuk salah satu tujuan wisata paling populer di Anambas. Posisi pantainya yang menghadap langsung ke barat membuatnya menjadi spot sunset yang banyak disukai pengunjung.

Pantai Arung Hijau, via instagram
Pantai Arung Hijau, via instagram

Sunset di Pantai Arung Hijau memang sempurna. Matahari dengan sinarnya yang mulai meredup perlahan tenggelam di balik laut. Selain menawarkan pemandangan matahari tenggelam yang eksotis pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah baik di darat maupun dasar lautnya. bagi warga setempat, pantai Arung Hijau adalah spot memancing terfavorit.

2. Menikmati Lanskap Alam yang Eksotis di Pulau Penjalin

Penjalin adalah nama pulau yang terletak di administratif kecamatan Palmatak, kabupaten Kepulauan Anambas, provinsi Kepulauan Riau. Jarak pulau ini dari ibukota Tarempa sekitar 90 menit perjalanan. Pulau Penjalin adalah satu dari beberapa pulau terpopuler di Anambas yang banyak dikunjungi wisatawan.

Pulau Penjalin, via instagram
Pulau Penjalin, via instagram

Pulau ini punya lanskap alam yang komplit dari pesisir pantai hingga perbukitan. Pantainya dianugerahi dengan pasir putih nan lembut. Beberapa sudut pantai dapat ditemukan batuan granit yang memperindah pemandangan. Pantai ini punya karakteristik yang landai dengan visibilitas air yang cukup jernih. Jadi kegiatan paling disukai traveler di pulau ini adalah berenang dan snorkeling.

3. Pasir Busung, Seonggok Daratan Pasir yang Menyembul di Tengah Laut Anambas

Pernah mendengar istilah Pulau Gosong atau Pasir Timur? Daratan berupa pasir ditengah laut yang umumnya muncul saat surut. Fenomena seperti itu ternyata bisa dijumpai di Anambas tepatnya berada di kecamatan Siantan Timur dan oleh warga setempat disebut dengan Pulau Pasir Busung.

Pasir Busung, via instagram
Pasir Busung, via instagram

Pulau ini bisa traveler temukan saat mengekplorasi kawasan seperti Selat Rangsang, Manda Riau atau Penjalin. Namun tidak semua traveler beruntung bisa menemukan Pasir Busung sebab hanya saat-saat surut saja pulau ini akan muncul ke permukaan. Saat itu kapal bisa bersandar di tepi dan traveler bisa main di pulau pasir atau berenang di pantainya.

4. Pulau Bawah, Pulau Terindah se-Asia

Pulau Bawah tidak boleh terlewatkan dalam list kunjunganmu di kepulauan Anambas. Sebab ini adalah spot primadona bagi setiap wisatawan. Pulau ini masuk dalam wilayah administratif kecamatan Siantan Selatan dimana juga terdapat Pantai Arung Hijau yang terkenal dengan sunsetnya yang menawan.

Pulau Bawah, via instagram
Pulau Bawah, via instagram

Pulau Bawah adalah refleksi dari kesempurnaan pulau tropis yang ada di dunia. Anggapan itu semakin dikukuhkan dengan gelar sebagai pulau terindah di Asia menurut survey yang pernah dilakukan oleh CNN Travel. Pulau ini mengalahkan kandidat lain yang tak kalah indah yaitu Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Islands (Thailand).

5. Memandangi Indahnya Air Terjun Temburun Hingga Tertegun

Didalam wilayahnya yang berupa gugusan pulau, Kepulauan Anambas juga memiliki pesona lainnya yang berada di darat yaitu Air Terjun Temburun. Air terjun yang memiliki pemandangan pantai ini bisa traveler temukan di desa Temburun, kecamatan Siantan Timur. Lokasinya cukup sulit dijangkau jika melalui jalur darat namun pemandangan indah yang disuguhkan akan mengusir penat seketika.

Melalui jalur darat air terjun Temburun bisa dijangkau dengan sepeda motor melintasi jalanan yang kondisinya sangat ekstrim. Rutenya melewati kampung Baru, Bukit Tengkorak, Kampung Tengah hingga Desa Rintis. Kalau mau yang lebih bersahabat bisa menumpang perahu dari pelabuhan Tarempa menuju Dermaga Desa Temburun kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki.

6. Pulau Durai, Tempat Dimana Traveler Bisa Berumpa Dengan Penyu di Alam Liar

Pulau Durai wajib masuk daftar kunjungan wisatawan saat berlibur di Anambas. Pulau yang terletak di kecamatan Palmatak ini bukan hanya menampilkan suguhan alam pulau tropis nan eksotis namun juga menjadi habitat alami dari jenis satwa penyu sisik dan penyu belimbing. Disinilah traveler bisa berwisata sekaligus mengenal satwa yang cukup langka.

Pulau Durai, via instagram
Pulau Durai, via instagram

Pulau Durai begitu terkenal di kabupaten Kepulauan Anambas. Bersama dengan Pulau Bawah, pulau ini juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan. Pulau dengan pantai berpasir jernih dan berpasir putih ini adalah pemandangan biasa yang akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Tak heran jika traveler yang datang merasa kurang afdhol jika tidak menyeburkan diri ke laut saat berada di pulau ini.

7. Puaskan Bersenang-Senang di Pantai Pasir Panjang

Mempunyai garis pantai yang sangat panjang sehingga dinamakan dengan Pantai Pasir Panjang. Lokasinya berada di Desa Wisata Bahari Lingai. Kawasan ini cukup terkenal karena memiliki beberapa pulau yang indah serta pantai yang keren diantaranya Pulau Lingai, Pulau Gentinguyut, Pulau Semersak, Pulau Musuh dan Pulau Nawan serta Pantai Pasir Panjang (Karkoon), Pantai Teluk Yang, Pantai Nawan dan Pantai Musuh.

Pantai Pasir Panjang, via instagram
Pantai Pasir Panjang, via instagram

Untuk menuju ke tempat ini traveler bisa menggunakan perahu yang menyeberang dari Tarempa dan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Pantai dengan pesisir yang panjang ini membuat traveler lebih leluasa untuk melakukan segala kegiatan. Di pinggirnya juga tumbuh banyak pohon kelapa serta pepohonan lainnya yang bisa digunakan untuk berteduh.

8. Tanjung Momong, Pantai Eksotis di Ibukota Kabupaten

Traveler yang melakukan trip ke Anambas diwajibkan untuk loncat-loncat dari satu pulau ke pulau lain jika mau menemukan spot yang keren. Namun tanpa melakukan island hopping, mereka pun bisa menjumpai tempat wisata yang keren punya salah satunya adalah Pantai Tanjung Momong.

Tanjung Momong,, via instagram
Tanjung Momong,, via instagram

Pantai Tanjung Momong berada di ibukota kabupaten yaitu di kecamatan Tarempa. Pantai yang berada di sebuah tanjung ini memadukan antara keindahan alam, laut yang jernih, hamparan pasir pantai yang putih serta terumbu karang yang terjaga. Garis pantainya yang panjang memberikan banyak pilihan bagi setiap wisatawan, namun ada satu spot yang wajib dikunjungi yaitu kawasan dermaga. Di tempat inilah yang paling banyak dikunjungi untuk bersantai hingga snorkeling.

9. Pulau Temawan, Menilik Pulau yang Menawan

Pulau Temawan salah satu pulau yang harus traveler kunjungi di Anambas. Sama dengan pulau lainnya, pulau ini juga menawarkan keindahan alam di darat dan laut, di permukaan hingga dasar air. Pulau Temawan bisa diakses lewat ibukota kabupaten yaitu Tarempa dengan estimasi waktu sekitar 30-40 menit.

Pulau Temawan, via instagram
Pulau Temawan, via instagram

Bersantai di pulau ini adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Bagaimana tidak traveler akan disuguhi dengan pemandangan laut yang tenang dan hamparan pulau-pulau kecil di tengah laut. Kurang puas hanya bersantai di pesisir, traveler bisa lanjut nyebur ke laut. Dijamin tidak akan menyesal setelah bertemu aneka ikan kecil berwarna-warni di dasar perairan dangkal. Jangan lupa bawa kamera underwater ya!

10. Damainya Pantai Kusik yang Tak Pernah Terusik

Pantai Kusik adalah destinasi terakhir yang Travelingyuk rekomendasikan buat kamu untuk dikunjungi. Pantai ini berada di Letung, Pulau Jemaja, sebuah pulau yang dianugerahi Tuhan dengan alam yang begitu indah dan suasana yang damai. Pulau ini juga mempunyai pantai dengan ombak yang begitu tenang, Pantai Kusik inilah namanya.

Pantai Kusik, via instagram
Pantai Kusik, via instagram

Pantai ini menjadi gambaran sempurna dari sebuah pantai tropis. Di pesisirnya ditumbuhi pohon kelapa. Garis pantainya memang tidak terlalu panjang namun kurungan pulau-pulau di sekitarnya bikin pemandangan disana kian epik. Wisatawan bukan hanya dibuat betah oleh pemandangannya yang indah namun juga oleh keramah tamahan penduduknya.

Sudah pernah berlibur ke Anambas? Bagikan pengalamanmu ke traveler lain donk, caranya cukup komen saja di kolom komentar yang Travelingyuk sediakan. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

7 Hal yang Lazim dan Tidak Lazim Dilakukan Ketika Berada di Jepang

Serunya Wisata ke Dunia Sihir Harry Potter di Dunia Nyata