in ,

Keren! Uang Kertas Rupiah Baru Bisa Berpendar Sesuai Tempat Asal Pahlawan

Sudah tarik tunai dari ATM hari ini? Melihat ada yang berbeda nggak selain saldo yang makin menipis menjelang tanggal tua? Coba cek deh, ada yang beda loh dengan uang kertas kita. Betul! Per 22 Agustus 2022, perbankan mulai menggantikan pasokan uang kertas rupiah lama dengan uang baru emisi 2022.

Baca juga : 5 Hotel Bersejarah Terbaik di Indonesia 2019, Indah Mewah Sarat Kisah

Yang juga berarti uang lama akan perlahan-lahan ditarik dan digantikan. Ya benar, uang kertas rupiah kini punya desain terbaru loh. Sudah pernah lihat seperti apa?

Gambar uang kertas Rupiah baru

Foto via Kompas.tv

Beberapa waktu yang lalu, mulai ramai dibicarakan uang rupiah kertas yang ada sekarang akan digantikan dengan yang baru, yaitu uang rupiah tahun emisi 2022. Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan sejumlah Rp1 triliun uang baru ini akan mulai menggantikan uang-uang kertas lama di seluruh wilayah Indonesia. Wilayahmu sudah dapat?

Perbedaan dengan uang kertas lama

Foto via Detik.com

Tentu saja uang kertas baru ini punya perbedaan dengan yang lama. Salah satunya adalah soal ukuran antar pecahan. Sebelumnya, uang pecahan lama memiliki selisih sekitar 2 milimeter (mm), kini antar pecahan uang baru menjadi 5 mm. Hal ini dilakukan untuk mempermudah teman-teman tunanetra. Di luar itu, tokoh yang digambarkan dalam uang tidak berubah hanya diperbarui saja.

Punya pendar yang berbeda di setiap pecahan

Foto via Kompas.com

Yang membuat uang baru ini lebih unik adalah pendar yang dihasilkan jika diletakkan di bawah sinar UV. Sebuah video di Twitter memperlihatkan bahwa tiap pecahan uang akan memiliki pendar yang berbeda. Dalam videonya, terlihat pada peta Indonesia yang ada di uang baru akan menonjolkan pulau yang berbeda antar pecahan. Pulau yang berpendar adalah pulau asal pahlawan dalam uang kertas, jelas Bank Indonesia.

Berikut lebih detailnya, dikutip dari Kompas.com:

  • Uang pecahan Rp100.000 bergambar Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta: seluruh pulau di Indonesia akan berpendar.
  • Uang pecahan Rp50.000 bergambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat: Pulau Jawa berpendar penuh.
  • Uang pecahan Rp20.000 bergambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi yang lahir di Minahasa, Sulawesi Utara: Pulau Sulawesi berpendar penuh.
  • Uang pecahan Rp10.000 bergambar Frans Kaisiepo seorang politikus dari Papua: hanya Pulau Papua yang berpendar penuh.
  • Uang pecahan Rp5.000 bergambar Dr. K.H. Idham Chalid dari Kalimantan Selatan: Pulau Kalimantan berpendar penuh.
  • Uang pecahan Rp2.000 bergambar Mohammad Hoesni Thamrin seorang tokoh dari Betawi: Pulau Jawa saja yang berpendar penuh.
  • Uang pecahan Rp1.000 bergambar Tjut Meutia pahlawan nasional dari Aceh: Pulau Sumatra berpendar penuh.

Sempat ditolak di SPBU

Foto via Sewaktu.com

Uang kertas rupiah yang baru ini juga sempat mengalami penolakan. Kejadian ini berlangsung di sebuah SPBU di Bandar Lampung, ketika seorang pengguna Tiktok membeli bensin dengan uang baru pecahan Rp50.000 dan ditolak oleh petugas. Ia kemudian jadi bertanya-tanya, apakah benar uangnya tidak berlaku. Untungnya, netizen banyak yang menjelaskan bahwa ini karena uang tersebut masih sangat baru dan persebarannya belum merata.

Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang rupiah kertas baru emisi 2022 bersamaan dengan momen HUT ke-77 RI kemarin. Mengapa harus ganti uang baru? Menurut situs resmi BI, pengeluaran dan pengedaran uang tahun emisi 2022 adalah salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang. Next

ramadan
Spa Korea

Cerita Traveler Pertama Kali Coba Jimjilbang, Ngebugil Bareng di Spa Korea Selatan

Paket My Box Gohan Pizza terbuat dari 100% beras atau nasi

Dampak Perang Rusia Ukraina, Pizza Hut Jepang Bikin Pizza Dari Beras