in ,

Segarnya Air Umbul Pengging Solo, Kolam Pemandian Peninggalan Kasunanan Surakarta yang Kini Jadi Tempat Wisata

Umbul Pengging Solo, Kolam Pemandian Alami Peninggalan Kasunanan Surakarta

Nama Umbul Pengging Solo, diambil dari nama kuno dari suatu wilayah yang jika diurutkan sampai pada saat ini, ia berada di antara Solo dan Jogja. Kawasan pemandian ini merupakan komplek peninggalan dari Kasunanan Surakarta. Persisnya dibangun oleh Raja Kasunanan Surakarta, Sri Paduka Pakubuwono X yang memerintah dari 1893 – 1939. Jika mau menebak-nebak, usia kolam pemandian alami ini berkisar antara 79 sampai 125 tahun. Sekarang, Umbul Pengging lebih dioptimalkan sebagai salah satu objek wisata Solo. Penasaran mengunjunginya? Simak terlebih dahulu artikel berikut ini ya!

Baca juga : Batu Payung Lombok, Pantai Unik dengan Spot Instagramable Terbaik

1. Sejarah Umbul Pengging Sebagai Tempat Bersantai Raja dan Keluarganya

Terdapat Bangunan yang Menjadi Tempat Peristirahatan Raja via Instagram/ arpb17

Umbul Pengging Solo, menurut penurutan dari masyarakat sekitar merupakan tempat yang dibangun untuk raja dan keluarganya. Raja bersama para keluarganya, biasa menggunakan kawasan ini untuk bersantai. Penuturan warga sekitar mengenai sejarah tempat ini terlihat dari bangunan peristirahatan yang berada di sekitar kolam pemandian.

2. Terdapat 3 Kolam Pemandian di Umbul Pengging

Umbul Temanten yang Ada di Kawasan Umbul Pengging via Instagram/ dolanboyolali

Berdasarkan sejarah tersebut, mulanya Umbul Pengging Solo tidak dibuka untuk masyarakat umum. Namun, seiring waktu, kawasan ini mulai bebas dimasuki oleh siapa pun. Di kawasan Umbul Pengging terdapat tiga kolam yang bisa dipakai untuk berenang atau sekadar berendam. Umbul pertama adalah Umbul Temanten, Umbul Ngabean dan Umbul Sungsang. Masing-masing umbul memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari sejarah hingga kedalaman kolamnya.

3. Lokasi dan Rute Menuju Umbul Pengging

Kesegaran Air di Kawasan Umbul Pengging via Instagram/ elang_pramudya

Umbul Pengging Solo berada di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Solo, Jawa Tengah. Jaraknya dengan pusat Kota Solo hanya butuh waktu tempuh sekitar 44 menit. Teman Traveler harus melalui Jln. Semarang – Surakarta dan Jln. Raya Solo – Jogjakarta ya. Tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Jarak dengan pusat kota juga tidak terlalu jauh.

4. Harga Tiket Masuk Umbul Pengging

Serunya Bermain Air di Sekitar Kawasan Umbul Pengging via Instagram/ umbulsungsang

Teman Traveler yang penasaran dengan suasana sejuk dan kesegaran air di kawasan Umbul Pengging serta berencana untuk mengunjunginya, cukup membayar tiket sekitar Rp 3 ribu. Tetapi, jika ingin masuk lagi ke kawasan umbul yang lain, ada tambahan tiket lagi yang harus dibayar sebesar Rp 2 ribu. Cukup terjangkau, kan? Untuk merasakan kesegaran kolam pemandian alami yang bersejarah ini, Teman Traveler tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Tetapi, tetap jaga kebersihan di sekitar lingkungan ya. Murah bukan berarti bisa berlaku sesukanya.

Objek wisata Umbul Pengging Solo bukan hanya kolam pemandian alami biasa. Ada pengetahuan seputar sejarah dan budaya mengenai Kasunanan Surakarta yang akan dirasakan oleh para pengunjung. Penasaran? Yuk agendakan! Ajak keluarga atau beberapa teman ya! Agar basah-basahan terasa lebih menyenangkan! Next

ramadan
Wisata Lebak Banten

Eksplorasi Wisata Lebak Banten, Destinasi Asyik untuk Jelajah Bareng Temen

Tips Pilih Botol Minum Praktis Buat Traveling, Diisi Air Mineral atau Kopi juga Bisa