in ,

Keren! Deretan Universitas Luar Negeri yang Meriahkan Ramadan

Barisan Universitas Luar Negeri yang Beri Buka Puasa Gratis

Ilustrasi berbuka bersama
Ilustrasi berbuka bersama (c) Shutterstock

Puasa Ramadan wajib hukumnya bagi umat muslim seluruh dunia. Namun bagi sebagian mahasiswa perantauan, puasa di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim menjadi tantangan tersendiri. Untungnya, ada beberapa universitas luar negeri yang meriahkan Ramadan dengan sediakan buka puasa gratis.

Baca juga : Umaeh Inyong, Resto Instagenic Bergaya Tradisional Banyumas

Dibandingkan di Indonesia, suasana Ramadan di luar negeri memang relatif sepi. Namun adanya universitas luar negeri sediakan buka puasa gratis sepertinya bisa sedikit jadi hiburan. Selain menghemat uang saku, para mahasiswa perantau juga bisa bertemu saudara muslim dari seluruh dunia. Berikut penuturan lengkapnya oleh kontributor Ariyanti Dwi Kumalasari.

1. University of York, Inggris

University of York
University of York via Instagram powderpuff_21

York terletak di kawasan North Yorkshire, dekat Sungai Ouse dan Foss. Melalui Asosiasi Muslim setempat, University of York menjadi salah satu universitas yang rutin memberikan jamuan buka puasa bagi mahasiswa dan staff. Tak tanggung-tanggung, layanan sosial tersebut digelar sebulan penuh.

Meski diperuntukkan bagi umat Muslim, mereka juga tidak menutup kemungkinan bagi warga non-muslim yang ingin turut bergabung. Tujuannya agar semakin mempererat rasa persaudaraan dan mengenal budaya lintas negara.

2. Newcastle University, Inggris

Newcastle University
Newcastle University via Instagram sophie_1090

Masih di Inggris, Newcastle University atau sebelumnya bernama Newcastle Upon Tyne University juga jadi salah satu universitas yang membagikan makanan plus minuman buka puasa. Negeri Ratu Elizabeth memang dikenal sebagai negara yang ramah muslim. Di mata warga lokal, berbagi merupakan bentuk ibadah. Salah satunya dengan beramal membagikan makanan selama Ramadan.

Selain menyediakan menu buka, Newcastle University juga menyediakan takjil. Tidak hanya itu, setelah buka puasa rampung biasanya akan digelar salat tarawih dan tadarus.

3. Istanbul Aydin Universitesi, Turki

Istanbul Aydin Universitesi
Istanbul Aydin Universitesi via Instagram hassan_mirr

Turki adalah negara dengan penduduk mayoritas muslim. Maka tak heran jika sebagian besar mahasiwa Istanbul Aydin Universitesi termasuk pemeluk Islam taat. Selama Ramadan, di universitas tersebut juga digelar jamuan buka puasa bagi mahasiswa.

Selain mahasiswa, acara buka puasa bersama biasanya juga dihadiri sejumlah tamu undangan penting dari kalangan bisnis, politik, media, staff akademik, maupun administrasi universitas. Kegiatan ini sangat cocok bagi para mahasiswa perantauan yang ingin mengenal budaya Turki sembari menyantap buka puasa gratis.

4. Sorbonne University Abu Dhabi, Paris

Paris Sorbonne University Abu Dhabi
Paris Sorbonne University Abu Dhabi via Instagram shuxqq

Berikutnya ada Sorbonne University Abu Dhabi. Meski dinamai Abu Dhabi, tidak serta merta universitas ini berada di Uni Emirat Arab. Nyatanya institusi pendidikan top ini berada di Paris, Prancis. Pendiriannya merupakan buah kerjasama pemerintah Abu Dhabi dan Prancis.

Tidak heran jika selama Ramadan universitas ini turut berpartisipasi menyediakan menu buka puasa bagi para mahasiswa. Sorbonne boleh dibilang menjadi salah satu universitas impian sebagian pelajar Indonesia. Di mana lagi kuliah di Eropa dengan kampus yang kental dengan budaya islamnya.

5. Oregon State University, Amerika Serikat

Oregon State University
Oregon State University via Instagram oregonstate

Tak ketinggalan, Universitas Oregon State di negeri Paman Sam juga sering membagi makanan buka puasa gratis. Mahasiswa dari berbagai negara dan agama pun kerap bergabung dalam kegiatan sosial untuk membantu para pelajar muslim yang berpuasa.

Oregon State University mempersilakan siapapun bergabung dalam kegiatan mereka. Selain membagi takjil dan menu buka puasa, biasanya juga diadakan ceramah Islam yang bakal menambah wawasan Islam.

Bagaimana, keren bukan? Meskipun di luar negeri Islam menjadi minoritas, toleransi antarumat beragama di sana patut diacungi jempol. Semoga semakin banyak universitas luar negeri yang meriahkan Ramadan di masa mendatang. Next

ramadan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Via Instagram benykus

Sop Buntut Bu Ugi Tawangmangu, Kuliner Legendaris yang Laris Manis

Empat Penyakit yang Sering Menyerang Saat Traveling, Baca untuk Mencegahnya