in ,

9 Variasi Gudeg yang Harus Kamu Tahu, Ada yang Bisa ‘Meledak’

Variasi Gudeg dari yang Unik hingga Klasik

Gudeg

Kuliner Jogja itu macamnya banyak. Salah satu yang terkenal dan jadi buruan wisatawan adalah gudeg. Ternyata jenis hidangan dengan tampilan yang unik tersebut juga beragam. Dari yang biasa lengkap dengan ayam dan telur, hingga gudeg bernama unik. Salah satunya bahkan bisa bikin ‘meledak’. Nah kok bisa? Nih variasi gudeg yang perlu kamu cobain saat berada di Jogja.

Baca juga : Rekomendasi Festival Oktober 2019, Ada Banyak Kuliner!

1. Variasi gudeg yang pertama adalah gudeg kering, kuliner dari nangka ini tidak banyak menggunakan areh. Yaitu kuah dari santan yang dicampur dengan ampas minyak kelapa atau blondho.

Gudeg Kering
Gudeg Kering via Instagram/@mahasiswakulineran

2. Kebalikan dari yang kering, ada gudeg basah. Varian ini tentu saja lebih banyak menggunakan kuah areh. Rasa gurih dari santan jadi lebih pekat tapi tidak mengurangi kelezatannya.

gudeg basah
gudeg basah via Instagram/@megaerlindaa

3. Dulu gudeg hanya dikemas dengan daun, anyaman bambu, atau kendil. Namun seiring waktu, ada juga penjual yang mengemasnya dalam bentuk kaleng. Gudeg jenis ini cocok dibeli sebagai oleh-oleh.

Gudeg Kaleng
Gudeg Kaleng via Instagram/@andrawinaloka

4. Berbeda dengan gudeg biasa yang menggunakan nangka, gudeg manggar dibuat dari bunga kelapa. Rasanya gurih dengan tekstur lebih padat.

gudeg manggar
gudeg manggar via Instagram/@santana_andreas

5. Gudeg nyemek umumnya ditemukan di Solo. Berbeda dengan yang ada di Jogja, jenis ini menggunakan suwiran opor ayam dan tahu. Selain itu terdapat sedikit kuah, itulah mengapa disebut nyemek.

Gudeg Nyemek
Gudeg Nyemek via Instagram/@rikhatiwi

6. Di Jember ada penjual gudeg pecel legendaris bernama Lumintu. Di sini, kamu bisa menikmati gudeg yang disiram dengan bumbu pecel. Soal rasa jangan ditanya, enak banget.

Gudeg Lumintu
Gudeg Lumintu via Instagram/@erlinasokcu

7. Ada juga gudeg ceker. Menu ini menggunakan ceker atau bagian kaki ayam yang dimasak dengan bumbu nikmat.

gudeg ceker
gudeg ceker via Instagram/@jogjafood

8.  Gudeg Koyor merupakan makanan khas Semarang. Rasanya tidak semanis gudeg jogja. Biasanya disajikan dengan daun singkong dan kol rebus.

Gudeg Koyor
Gudeg Koyor via Instagram/@masclink_kulineran

9. Yang pamungkas adalah Gudeg Mercon. Rasa pedasnya begitu ‘meledak’ di mulut. Cabai yang banyak dimasak dengan bahan-bahan gudeg lain menjadi sebuah kombinasi yang susah ditolak dan nggak bikin kapok.

Gudeg Mercon
Penjual Gudeg Mercon via Instagram/@jogjabikinlaper

Itulah beberapa variasi gudeg yang bisa kamu temukan. Kamu sudah pernah coba yang mana nih? Yuk coba ceritakan pengalamanmu merasakan kuliner itu di kolom komentar. Next

ramadan

5 Tempat Makan Tawarkan Sayap Ayam Enak di Bandung

KA Sancaka Jogja-Surabaya Tabrakan di Ngawi, Jalur Kereta Akan Segera Pulih