in ,

Viral Pendaki Hilang di Gunung Piramid, Yuk Kenali Pegunungan Argopuro Lebih Dalam

Viral video minta tolong pendaki hilang di Gunung Piramid sangat menyayat hati. Teman Traveler yang berniat mendaki gunung ini, persiapkan diri dengan baik.

Mendaki gunung sudah menjadi salah satu aktivitas wisata yang populer, namun kalian harus mempersiapkan diri dengan baik saat akan mendaki gunung, Teman Traveler. Hal tak enak terjadi pada Thoriq Riski Maulidan, pendaki hilang di Gunung Piramid yang sampai saat ini belum ditemukan. Pencarian pendaki ini dengan menyisir Pegunungan Argopuro pun resmi dihentikan. Video minta tolong Thoriq pun viral beredar.

Baca juga : Bromo Cottage Pasuruan Punya Fasilitas Lift yang Turun di Tengah Bukit, Penasaran?

Supaya kalian tidak terjadi hal serupa, yuk kenali lebih jauh Gunung Piramid yang sedang ramai diperbincangkan ini. 

Karateristik Gunung Piramid

Puncak Piramid dilihat dari Gunung Saeng via Instagram/pakabon26

Gunung Piramid memiliki ketinggian 1.521 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan diapit oleh gunung Salak, gunung Krincing, dan gunung Saeng. Memiliki bentuk khas seperti piramida, sehingga gunung ini disebut gunung Piramid. Dari puncak Piramid kita bisa melihat indahnya kabupaten Bondowoso dan Dusun Tegal Tengah, Desa Curahdami.

Persiapan Mendaki Gunung Piramid

mendaki gunung Piramid via instagram/hanifalam5

Sebelum mendaki gunung, Teman Traveler harus memahami rute yang akan ditempuh dalam mendaki gunung Piramid. Jangan lupa membawa persediaan logistik yang cukup, seperti air minum, karena gunung ini jarang sumber mata air. 

Persiapan selanjutnya adalah pergunakan perlengkapan mendaki gunung yang kuat dan aman. Kalian juga jangan malu bertanya kepada penduduk sekitar mengenai rute maupun lokasi gunung Piramid, atau ajak mereka sebagai guide lokal.

Waktu Terbaik Mendaki Gunung

Mendaki di siang hari via instagram/hanifalam5

Gunung ini masih terbilang sepi pengunjung, oleh karena itu sebaiknya lakukan pendakian di siang hari, karena pendakian malam hari beresiko sangat tinggi. Rute pertama yang akan Teman Traveler lewati setelah lepas dari rumah penduduk adalah hutan pinus, disusul dengan padang ilalang, dan barulah jalanan menanjak dimulai. 

Teman Traveler harus ekstra hati-hati karena medan yang ditempuh cukup sulit. Gunung ini dikenal memiliki kemiringan yang ekstrem. Bagian kanan dan kiri jalur pendakian adalah jurang yang dalam. Terlebih lagi tekstur tanah Gunung Piramid cukup licin dan mudah terjadi longsor. 

Lama pendakian kurang lebih 6 jam. Namun, hal ini kembali lagi pada stamina dan fase mendaki masing-masing orang. 

Mitos Gunung Piramid

peristirahatan Dewi rengganis via instagram/hanifalam5

Gunung Piramid memiliki banyak cerita misteri dan mitos yang belum diketahui kebenarannya. Salah satunya menyebutkan bahwa gunung ini adalah tempat peristirahatan Dewi Rengganis, Putri Kerajaan di zamannya. Pastinya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Teman Traveler silakan meminta izin dan mengucapkan salam ketika akan mendaki gunung.

Demikian hal-hal yang harus kalian persiapkan sebelum mendaki Gunung Piramid yang terletak di Pegunungan Argopuro, Bondowoso. Semoga tidak ada lagi cerita pendaki hilang di Gunung Piramid ke depannya. Selamat mendaki, Teman Traveler! Next

ramadan

Restoran Belanda di Jakarta, Hidangan Kolonialnya Menggugah Selera

The Omah Londo

The Omah Londo, Resort Instagenic ala Eropa di Batu