in , ,

Waduk Selorejo, Nikmati Sejuknya Ngantang

Jalan-jalan dan Nikmati Senja di Waduk Selorejo

Senja di Waduk Selorejo
Senja di Waduk Selorejo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika Teman Traveler jalan-jalan ke daerah Ngantang di Kabupaten Malang, kalian akan menemukan Waduk Selorejo. Bendungan besar ini berperan vital sebagai sumber pengairan sawah, sarana kehidupan masyarakat sekitar, dan menjadi tempat rekreasi bernuansa alam.

Baca juga : Kalau Pesawat Akan Mendarat Terus Naik Lagi Jangan Panik, Ini Loh Alasannya

Perahu di sekitar waduk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Banyak hal menarik bisa Teman Traveler temukan di Waduk Selorejo. Mulai dari serunya memancing, berkeliling naik kapal, hingga menjajal kuliner lokal. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap dari wisata Malang satu ini.

Rute Menuju Waduk

Gerbang masuk ke arah bendungan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk menuju lokasi wisata, Teman Traveler cukup arahkan kendaraan ke Batu dari arah Malang. Berikutnya ambil arah ke jalan utama menuju Kediri. Begitu sampai di Ngantang, Teman Traveler akan menemukan sebuah pertigaan besar.

Di sini kalian akan melihat petunjuk arah menuju Waduk Selorejo. Cukup ikuti jalan yang ada, Teman Traveler akan sampai di gerbang masuk bendungan.

Oh ya, jika kalian datang ke sini pagi buta atau sore hari, tidak akan dikenakan biaya masuk. Hal ini karena jam operasional waduk dimulai pukul 08.00 sampai 15.00 saja.

Melihat Aktivitas Warga Menjaring Ikan

Warga sedang menjaring ikan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Karena lokasi waduk berada tak jauh dari perkampungan warga, jangan heran jika Teman Traveler akan sering melihat masyarakat sekitar sedang menjaring ikan. Apalagi di pagi atau sore hari, akan makin banyak warga yang terlihat menebar jaring.

Jembatan Gantung Ikonik

Jembatan gantung (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bagi para pengguna aktif Instagram pasti tahu tentang bahwa jembatan gantung merupakan spot foto utama di Waduk Selorejo. Jembatan indah ini memang kelihatan megah. Tepat di ujungnya ada tulisan ‘Bendungan Selorejo’ dengan warna-warni terang.

Jembatan yang nge-hits (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Awalnya jembatan gantung dibuat hanya untuk mempermudah akses wilayah di komplek wisata Waduk Selorejo. Namun lama-kelamaan, keberadaannya jadi sangat hits karena banyak yang berfoto di atasnya. Pemandangan di sini memang cukup indah Teman Traveler, apalagi ditambah terpaan sinar matahari pagi atau sore.

Santai di Taman Bermain

Pengunjung bersantai di taman bermain (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Seperti objek wisata pada umumnya, Waduk Selorejo juga memiliki sarana bermain anak. Di beberapa titik, Teman Traveler akan menemukan permainan sederhana seperti ayunan, komedi putar mini, prosotan, dan masih banyak lagi. Tempatnya dikelilingi bunga-bunga indah dan dinaungi pohon rindang, membuat siapapun pasti betah bersantai di sini.

Berkeliling dengan Perahu Motor

Perahu yang bisa disewa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Waduk Selorejo memiliki area perairan jernih yang sangat luas dan tenang. Sangat menggoda untuk dinikmati. Teman Traveler dilarang berenang di sini, namun setidaknya kalian bisa menyewa perahu motor untuk berkeliling area bendungan. Pastinya bakal lebih seru jika bersama teman-teman.

Nikmati Pemandangan dari Gardu Pandang

Gardu pandang di sekitar waduk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang lebih suka menikmati indahnya lingkungan sekitar dengan lebih santai, kalian bisa naik ke gardu pandang di tepi waduk. Dari sini luasnya pemandangan waduk bisa dinikmati secara maksimal. Kalian juga bisa mengabadikan beberapa momen dan keindahan sekitar.

Ada Kolam Renang, Lho

Pintu masuk kolam renang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika masih ngotot ingin berenang, Teman Traveler bisa mampir ke kolam renang Waduk Selorejo. Kalian akan menemukan kolam renang ini setelah berjalan melewati jembatan gantung dari arah parkiran. Di depannya terdapat taman bunga indah dengan warna-warni beragam.

Kolamnya kelihatan segar ya? (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Cukup membayar Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp7.000 untuk dewasa, Teman Traveler sudah bisa masuk ke area kolam renang menyegarkan ini. Memang tidak begitu luas dan mewah, tapi suasana teduh yang ditawarkan sangat menggugah hasrat untuk segera menceburkan diri.

Kantin dengan Menu Lengkap

Kantin di dekat waduk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu panik jika lupa membawa bekal makanan di Waduk Selorejo. Area wisata ini memiliki banyak kios dan warung makan dengan pilihan makanan. Salah satunya olahan ikan tawar hasil tangkapan dari waduk. Soal harga dijamin sangat terjangkau, Teman Traveler tidak perlu ragu untuk makan di sekitar sini. 

Spot Apik Nikmati Sunset

Menikmati pemandangan matahari terbenam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Posisi Waduk Selorejo yang menghadap ke utara membuat Teman Traveer bisa menyaksikan momen matahari terbit dan tenggelam dari sini. Namun, menurut saya panoramanya lebih indah saat senja, apalagi jika sambil naik perahu. Pendaran sinar jingga, ditambah hawa dingin, dan tenangnya perairan sekitar, membuat panorama di sekitar sini sangat menarik.

Oh ya, Waduk Selorejo juga menyediakan beberapa penginapan Teman Traveler. Bisa disewa untuk kalian yang ingin berkunjung bersama rombongan besar. Bagaimana, sudah siap habiskan pekan di sini? Next

ramadan
Sunny Cafe tawarkan suasana vintage

Sunny Cafe Canggu, Atmosfer Vintage di Pulau Dewata

Tinutuan, a Porridge that Becomes the Icon of Manado