in , ,

Waduk Wadaslintang, Wisata Alam Serba Ada di Wonosobo

Di sini, kalian juga bisa lihat sunset

Wonosobo dari dulu terkenal dengan banyak gunung di dalamnya. Seperti Gunung Sumbing, Sindoro, Prau dan masih banyak lagi. Namun, di sini juga ada wisata alam lain yang tak kalah menarik bernama Waduk Wadaslintang. Penasaran apa saja yang ada di sana? Berikut ulasannya.

Baca juga : Megah Bersejarah, Jelajah Bangunan Kuno Sekitar Roma

1. Lobang Sewu Erorejo

waduk wadaslintang
Lubang Sewu Erorejo (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Waduk Wadaslintang tak hanya terletak di Desa Wadaslintang, namun sampai ke Desa Erorejo. Nah, di Desa Erorejo ini, Teman Traveler bisa menikmati keindahan waduk dari sisi lain, yakni seperti berada di Brown Canyon.

Di sana terdapat batu-batu kapur yang terkikis air, sehingga memiliki banyak lubang. Oleh karena itulah dijuluki Lobang Sewu yang artinya Lubang Seribu. Batu tersebut hanya muncul saat air surut atau di musim kemarau panjang.

2. Spot Bermain di PLTA

waduk wadaslintang
Bermain jungkat-jungkit di sekitar PLTA via instagram/@dwi_rohasanah

Di sisi lain waduk terdapat PLTA yang juga difungsikan sebagai tempat wisata. Di sana telah difasilitasi ayunan dan jungkat-jungkit untuk bermain anak-anak maupun sekedar foto. Air waduk yang mengalir seperti air terjun pun menambah keunikan background foto Teman Traveler.

3. Naik Perahu Keliling Waduk

dsc_0162_hPm.jpg
Waduk Wadaslintang dari Desa Erorejo (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Tak hanya berfoto, Teman Traveler juga bisa menikmati keindahan waduk menggunakan perahu. Pengunjung bisa menyewa perahu dari Desa Wadaslintang maupun Desa Erorejo yang tarifnya terjangkau.

4.  Lokasi Favorit untuk Memancing

dsc_0117_T74.jpg
Berfoto di sekitar waduk (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Selain luas, waduk ini juga kaya akan ikan air tawar. Tak heran jika banyak orang berkunjung hanya untuk memancing ikan. Nah, bagi Teman Traveler yang hobi memancing pun boleh membawa alat memancing dari rumah, siapa tahu mendapat banyak ikan.

5. Cocok untuk Menikmati Sunset

img_20200126_wa0005_fTa.jpg
Lokasi untuk menikmati sunset via instagram/@dwi_rohasanah

Jika biasanya sunset dinikmati di pantai, maka di Wonosobo Teman Traveler bisa memilih Waduk Wadaslintang sebagai penggantinya. Sunset di waduk tersebut, khususnya di Lobang Sewu tak kalah mempesona dengan sunset di pantai.

Itulah informasi mengenai Waduk Wadaslintang yang berada di ujung selatan Wonosobo. Segera masukkan tempat ini ke dalam bucket list liburanmu kalau berkunjung ke Wonosobo, ya. Next

ramadan

Saksikan Sunset Terindah di Tugu Kilometer 0 Indonesia

Rumah Makan Sop Djanda, Sediakan Sate Maranggi dengan Rasa Tak Mengecewakan