in , ,

Waroeng Belik, dari Kulineran Enak hingga Foto-foto dengan Pemandangan Hijau

Sekali ke Warung Belik, Memanjakan Dua Sekaligus; Perut dan Mata

Waroeng Belik

Berbicara mengenai liburan di Yogyakarta, sudah pasti tak akan ada habis. Belum lagi kulinernya yang bisa ditemukan mulai dari warung sederhana, angkringan, hingga kafe kekinian. Semakin bervariasinya tempat hangout di kota ini menandakan jiwa kreatif dan ada-ada saja ide para penggagasnya. Tak terkecuali salah satu tempat makan di daerah Kaliurang ini, Waroeng Belik. Seperti apa tempatnya? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Annyta Sumarya.

Baca juga : Aston Banyuwangi, Hotel Instagenic yang Tak Meninggalkan Budaya Lokal

Akses Mudah, Dekat Kota

Waroeng Belik yang Ciamik!
Waroeng Belik yang Ciamik (c) Annyta Sumarya/Travelingyuk

Waroeng Belik berlokasi di Kaliurang KM 9,3, Ngaglik, Sleman. Tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika Teman Traveler dari arah kota Jogja, arahkan kemudi ke arah Kaliurang KM 9,3. Setelah sampai di Indomart Plus, belok kanan. Tak jauh dari tempat tersebut, Teman Traveler akan bertemu dengan perempatan, belok kiri. Ikuti jalan dan penunjuk lokasi Waroeng Belik. Tidak terlalu jauh dan pastinya aksesnya mudah, jalan dalam kondisi baik dan bisa masuk mobil. Waroeng Belik buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai dengan 22.00 WIB. Hari libur hanya satu bulan sekali di tanggal 26 untuk program bersih-bersih warung.

Serasa Berada di Kampung nan Teduh

Tempat makan di Sleman
Tempat makan di Sleman(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Waroeng Belik ini hampir senada dengan Kopi Klotok yang sudah lebih terkenal. Tapi tentu ada perbedaannya. Pertama, Waroeng Belik yang dibuka sejak Januari 2018 ini belum banyak diketahui, bahkan orang Yogyakarta sendiri tidak banyak yang tahu. “Pengunjung lebih banyak dari luar kota“, kata salah seorang pegawai. Kedua, tidak perlu mengantre panjang hanya untuk makan. Cocok banget untuk Teman Traveler yang tidak terlalu suka tempat ramai.

Kembali ke Kampung Bersama Waroeng Belik
Kembali ke Kampung Bersama Waroeng Belik (c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Bangunan utama Waroeng Belik berbentuk rumah Joglo Jawa berbahan kayu. Ada hiasan-hiasan tempoe doloe seperti motor lawas Honda CB 100 berwarna biru, radio tua, hingga perkakas dapur tradisional. Belum lagi interior dinding bata ekspos yang diterapkan oleh pemiliknya, Pak FX Fanky Sugiharto. Tak hanya tradisional, konsep pedesaan yang asri dan hijau juga terlihat. Selain diletakkan di tengah ruangan, meja kursi juga dipasang di teras dan halaman. Di sudut lain, ada juga pilihan tempat berupa saung yang dikelilingi tanaman hijau. Serasa berada di kampung bukan?

Pilihan Menu yang Menggugah Selera

Penyajian Makanan; Paresmanan
Penyajian Makanan, Paresmanan (c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Selain banyak pilihan tempat duduk, menu makanannya pun banyak dengan penyajian prasmanan. Pilihan nasi ada dua, nasi merah dan nasi putih. Sayuran banyak macam, dari oseng-oseng sampai dengan sup dan gulai. Sementara lauknya mulai oseng tempe, sayur tahu, olahan ayam, telur, hingga ikan. Tinggal pilih saja. Untuk rasanya, bukan main. Seperti makanan rumahan keluarga Jawa.

Sementara menu yang paling laris adalah sayur lompong. Menu ini terbuat dari batang talas yang dipotong kecil-kecil lalu dimasak dengan santan. Tempe mendoan pun tidak mau kalah, di samping kelezatannya, ukurannya pun besar-besar, jadi bisa makan bareng-bareng sama teman atau keluarga. Selain makanan, minuman pun banyak pilihannya, seperti kopi, teh, susu, gula asem, sampai dengan asparila.

Fasilitas Lengkap yang Ditawarkan

Spot Makan di Teras Rumah
Spot Makan di Teras Rumah(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Bicara mengenai fasilitas, Waroeng Belik memberikan pelayanan sampai dengan fasilitas sebaik-baiknya untuk pengunjung. Kamar mandi bersih, air jernih, tempat ibadah yang adem dengan tempat wudhu unik berupa kendi-kendi berisi air, beragam pilihan tempat makan, makanan yang bervariasi juga ramah vegetarian, stop kontak di beberapa sudut, parkiran luas dan aman hingga spot-spot foto yang cantik. Lengkap bukan?

Tempat Wudhunya Pakai Kendi!
Tempat Wudhunya Pakai Kendi! (c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Harga Aman di Kantong

Spot Makan Teras Rumah
Spot Makan Teras Rumah (c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Waroeng Belik tergolong  tempat makan yang bersahabat dengan kantong mahasiswa loh. Untuk parkir saja, hanya butuh merogoh kocek Rp1.000/motor dan Rp2.000/mobil. Harga nasi dan sayur saja sekitar Rp9.000, lauk lainnya seperti ayam, ikan, tahu, tempe, tergantung dengan patokan harga masing-masing. Bahkan saat berkunjung ke sana, hanya cukup mengeluarkan uang Rp30.000 saja untuk dua orang. Sebanding dengan fasilitas dan rasa masakan yang memuaskan tentunya.

Bagaimana nih, Teman Traveler? Worth it banget kan rekomendasi makan di Waroeng Belik ini? Yang sedang merencanakan liburan ke Kota Gudeg, Waroeng Belik patut dimasukkan ke agenda. Jangan lupa! And, Happy holiday, Teman Traveler! Next

ramadan

Written by Annyta Sumarya

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Liburan Tahun Baru di Jogja

Liburan Tahun Baru di Jogja dan Sekitar, dari Pesta Kembang Api sampai Menikmati Sunrise Pertama 2019

Nikmatnya Es Cendol

Es Cendol Makanan Penutup Terbaik Sedunia, Bukan dari Indonesia?