in ,

Liburan Tahun Baru di Jogja dan Sekitar, dari Pesta Kembang Api sampai Menikmati Sunrise Pertama 2019

Habiskan Tahun Baru di Jogja, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Liburan Tahun Baru di Jogja
Liburan Tahun Baru di Jogja

Tidak terasa sudah memasuki penghujung tahun 2018. Resolusi apa yang telah berhasil tercapai? Adakah rencana berlibur yang belum kesampaian? Kalau ada, jangan khawatir masih ada sepanjang bulan Desember untuk memenuhinya. Teman Traveler bisa menghabiskan liburan akhir tahun di Kota Gudeg. Wisata Jogja yang bisa dikunjungi beragam, dari sejarah, alam, hingga kekayaan budayanya. Apa yang bisa dilakukan saat tahun baru di Jogja? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : 12 Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Siap Buat Mulut Menganga

Menyaksikan Kembang Api di Alun-alun Kidul

Pit Warna-warni via Instagram @christian_wohangara
Pit Warna-warni via Instagram @christian_wohangara

Pada hari biasa, Alun-alun Kidul biasanya ramai pada malam hari. Pelancong mencoba sensasi menaiki pit alias sepeda warna-warni dengan kapasitas hingga 5 orang, mengitari Alkid alias alun-alun Kidul. Selain itu, berada di Alkid baru terasa sempurna kalau mencoba melewati dua buah pohon beringin kembar besar di tengah alun-alun dengan mata ditutup kain.

Beringin Kembar di Alkid via Shutterstock
Beringin Kembar di Alkid via Shutterstock

Pada malam tahun baru, kemeriahan di Alkid semakin bertambah dengan adanya kembang api yang dipasang di sekitar area ini. Teman Traveler pun bisa sekalian membeli kembang api kecil untuk sekedar menambah ramai suasana. Lokasi ini menjadi destinasi favorit menghabiskan malam tahun baru tanpa harus meninggalkan pusat kota Jogja.

Menikmati Alunan Musik Musisi Jalanan di Malioboro

Musisi di Jalan Malioboro via Instagram @suryo_modotz
Musisi di Jalan Malioboro via Instagram @suryo_modotz

Masih berada di pusat kota, Teman Traveler bisa menghabiskan tahun baru di Jogja dengan berjalan-jalan di Malioboro. Bukan untuk berbelanja, namun menikmati alunan musik musisi-musisi jalanan. Menggunakan alat musik sederhana, mereka menghibur siapapun yang lewat. Bahkan sering, pelancong berhenti sejenak untuk mengapresiasi musik-musik tersebut. Terkadang malah ada yang ikut berjoged. Tidak hanya satu atau dua grup, biasanya sampai 5 grup musisi jalanan memenuhi Malioboro, mengisi malam tahun baru Teman Traveler.

Ikut Bersenandung dalam Konser Musik Lokal di Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Jogja via Instagram @dito_puruhita
Titik Nol Kilometer Jogja via Instagram @dito_puruhita

Tidak jauh dari Jalan Malioboro, Teman Traveler bisa menuju Titik Nol untuk menikmati konser musik lokal yang biasa ditampilkan oleh pemuda setempat. Tidak begitu jauh dengan Malioboro, terdapat sejumlah musisi jalanan ikut memeriahkan suasana tahun baru di Jogja. Ikutlah bersenandung, siapa tahu hati semakin happy.

Nongkrong sambil Liatin Lalu Lalang Kendaraan di Sekitar Tugu Jogja

 

Tahun Baru di Tugu Jogja via Shutterstock
Tahun Baru di Tugu Jogja via Shutterstock

Kalau situasi meriah tahun baru tidak cocok untuk Teman Traveler, cobalah singgah di Tugu Jogja. Nongkrong sembari melihat kerumunan orang, merasakan sisi lain kota Jogja. Biasanya juga ada pertunjukan kembang api di kawasan ini. Kalau ingin lebih syahdu, ajaklah kawan kemari.

Semarak Pesta Kembang Api dengan Latar Candi Prambanan

Pesta Kembang Api Candi Prambanan via Shutterstock
Pesta Kembang Api Candi Prambanan via Shutterstock

Pilihan menikmati malam tahun baru di Jogja selanjutnya adalah Candi Prambanan. Teman Traveler bisa menyaksikan pertunjukan kembang api spektakuler dengan latar keindahan candi yang berlokasi di Kabupaten Sleman ini. Bayangkan betapa indahnya. Belum lagi suguhan pertunjukan tradisional yang semakin menyemarakkan suasana pergantian tahun.

Menikmati Sunrise Awal Tahun di Kawasan Pantai Gunungkidul

Pantai Krakal via Instagram @mutiarademulone
Pantai Krakal via Instagram @mutiarademulone

Beranjak lebih jauh lagi dari pusat kota Jogja, tepatnya di Gunungkidul. Kawasan ini dikenal dengan deretan pantai-pantai elok dengan keunikan masing-masing. Sebelum ke area ini sebaiknya persiapkan itinerari secara matang, terutama dimana sebaiknya menginap. Karena tidak sedikit pelancong yang memilih pantai sebagai media menikmati tahun baru di Jogja. Teman Traveler bisa menyaksikan matahari terbit dari salah satu pantai di Gunungkidul, seperti Krakal, Indrayanti, maupun Parangtritis.

Menerbangkan Lampion di Candi Borobudur

Menerbangkan Lampion di Malam Tahun Baru via Shutterstock
Menerbangkan Lampion di Malam Tahun Baru via Shutterstock

Kita menuju Candi Borobudur yang berada di Magelang, berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jogja atau ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Setiap tahun, Candi Borobudur menjadi tempat merayakan tahun baru dengan memanjatkan do’a lalu bersama-sama menerbangkan lampion. Tidak hanya itu, Teman Traveler pun bisa menyaksikan matahari terbit pertama di tahun baru dari atas stupa candi ini.

Syahdunya Nirwana Sunrise di Punthuk Setumbu

Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu via Instagram @rossyrostiawati
Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu via Instagram @rossyrostiawati

Masih berada di kawasan Candi Borobudur, sekitar 5 kilometer, dapat dicapai dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 15 menit perjalanan. Teman Traveler bisa singgah di bukit Punthuk Setumbu demi menyaksikan matahari pagi terbit di tahun baru dari balik Gunung Merapi. Ditambah bonus pemandangan Candi Borobudur dari ketinggian.

Itulah yang bisa Teman Traveler lakukan untuk menghayati pergantian tahun di kota pendidikan ini. Tersedia beragam aktivitas di lokasi berbeda, sesuaikan saja dengan keinginan. Teman Traveler sudah siapkan diri untuk habiskan di tahun baru di Jogja? Next

ramadan
Tips Belanja Hemat di Malioboro

Tips Belanja Hemat di Malioboro, Borong Banyak Nggak Bikin ATM Jebol

Waroeng Belik, dari Kulineran Enak hingga Foto-foto dengan Pemandangan Hijau