in , ,

Uniknya Warteg Mariam, Warung Berdesain Kekinian dengan Harga Kaki Lima

Warteg satu ini sangat beda dengan warteg pada umumnya

Di wilayah Jogja, ada banyak sekali warung yang menyediakan makanan murah. Salah satunya adalah Warteg Mariam yang tawarkan suasana berbeda sekaligus menyenangkan. Kalau kalian ingin tahu lebih jauh dengan warteg satu ini, simak ulasan berikut.

Baca juga : Warung Mak Par, Sajikan Sambal Bawang Legendaris di Malang

Tak Jauh dari Nol Kilometer Jogja

warteg mariam
Salah satu sudut warteg (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Warteg Mariam berada di Jalan Kapten Piere Tendean No.29, Wirobrajan, Jogja. Lokasinya tidak jauh dari Nol Kilometer Jogja, sehingga kalian bisa dengan mudah menemukannya. Untuk jam operasionalnya, warung ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.    

Suasana Warung yang Apik

warteg mariam
Etalase warung (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Meski namanya Warteg, warung ini menyuguhkan tempat yang nyaman dan  dilengkapi dengan meja dan kursi yang memadai. Selain lampu-lampu yang menggantung, warung ini juga lengkap dengan televisi sebagai hiburan.

warteg mariam
Mural astronot (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain itu, dinding warung ini juga dihias dengan lukisan mural. Seperti astronot, planet dan UFO. Dengan mural ini membuat Warteg terkesan menjadi lebih kekinian.

Bisa Ambil Sesuai Selera

Konsepnya prasmanan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Warung ini memiliki konsep prasmanan, di mana pengunjung bisa ambil makanan sesuai selera. Tertata rapi dalam etalase, kalian bisa menakar banyaknya porsi nasi putih dan masakan yang akan disantap. Tidak perlu khawatir dengan jumlah uang yang akan dibayarkan karena ada papan harga di atas dinding. Meski demikian, belum tentu porsi yang diambil sesuai dengan harga yang tertera ya. Kalau ambil sayurnya banyak, tentu harga akan lebih mahal.  

Masakan Sedap ala Rumahan

Beragam menu pilihan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Seperti Warteg pada umumnya, menu yang ditawarkan merupakan masakan rumahan khas nusantara.  Beberapa menu yang dihidangkan meliputi aneka oseng-oseng, bihun goreng, sop, sambal kentang, tempe korek, tumis kikil, jengkol balado, asam koyor, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk lauknya ada rica ceker, ayam goreng, ayam semur, peda pelangi, cumi hitam, bandeng presto, baby gurita, belut lombok ijo dan telur balado. Menu yang diolah tidak setiap hari sama, tapi kadang berganti dengan sayur lain agar pelanggan tidak bosan.

Olahan Cumi Jadi Favorit

Cumi di Warteg Mariam (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Dari sekian banyak masakan sedap yang dihidangkan di meja prasmanan, ada menu yang jadi favorit oleh pembeli. Adalah cumi yang tidak diolah dengan bumbu yang sama tiap harinya. Cumi terkadang diolah menjadi cumi asin, gulai cumi, cumi ijo dan cumi hitam. Meski sudah terpampang harga per porsi, namun tetap tergantung seberapa banyaknya yang diambil kok.

Untuk cumi kecil dibanderol Rp3.000, sedangkan cumi besar dihargai Rp4.000 per ekornya. Harga tidak selalu sesuai dengan yang tertulis di papan harga ya. Oleh karenanya sebelum membeli disarankan untuk tanya terlebih dulu kepada staf.

Jaminan Dompet Aman

Salah satu menu (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak perlu menunggu awal bulan untuk bisa makan di sini. Dengan uang maksimal sebesar Rp20.000, Teman Traveler sudah dapat jaminan kenyang kok. Untuk nasi putihnya dibanderol dengan harga Rp3.000. Sementara sayur dan lauk dibanderol dengan harga mulai Rp2.000 hingga Rp8.000 saja. Perlu diingat, harga bisa lebih murah dan bisa lebih mahal ya, karena bergantung seberapa banyak makanan yang diambil.

Warung ini bisa jadi solusi untuk bersantap saat traveling di Jogja tanpa mengeluarkan budget berlebih. Jika Teman Traveler sedang berada di area kota, coba buktikan sendiri kelezatan masakan ala Warteg Mariam yang harganya terjangkau ini. Setelah dari area Malioboro, bisa nih mampir di sini. Selamat mencoba! Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pulau Saonek Monde, Wisata Raja Ampat Dekat Pelabuhan Waisai

Bali United Stadium

Bali United Stadium, Tur Stadion Megah ala Old Trafford