in ,

Warung Wader Bu Tin, Tempat Kuliner Pertama di Trowulan Sejak 1990-an

Inilah Ulasan tentang Warung Wader Bu Tin Trowulan yang Sudah Melegenda

Via Instagram deviee_24
Via Instagram deviee_24

Kuliner merupakan salah satu daya pikat utama yang diburu wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah. Karena hal itulah hampir setiap daerah atau bahkan pelosok di Indonesia memiliki kuliner khas. Nah, di Trowulan, Mojokerto yang selama ini identik dengan wisata sejarahnya juga memiliki kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun. Namanya adalah Warung Wader Bu Tin Trowulan.

Baca juga : Cengkir Heritage Resto and Coffee, Nuansa Ndeso Tak Jauh dari Pusat Kota

Lokasi Warung Wader Bu Tin

Sambal wader, Via Instagram patrizki
Sambal wader, Via Instagram patrizki

Tempat wisata kuliner satu ini berlokasi di Jl. Pendopo Agung, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Lokasinya tepat berada di sebelah barat kolam segaran atau di sebelah utara Pusat Informasi Majapahit. Kolam segaran ini sendiri merupakan kolam kuno zaman Kerajaan Majapahit yang sampai saat ini dijadikan sebagai destinasi wisata.

Warung Pertama di Trowulan

Menu andalan di Warung Wader Bu Tin, Via Instagram budisimon82
Menu andalan di Warung Wader Bu Tin, Via Instagram budisimon82

Warung sederhana ini merupakan tempat makan pertama di daerah Trowulan. Tempatnya sudah dibangun sejak tahun 1990 yang lalu. Jika dihitung-hitung hingga detik ini, lokasi tersebut sudah berusia 28 tahun pada 2018 ini. Awalnya ternyata, warung tersebut tidak menyuguhkan menu ikan wader, hanya ikan biasa dan berbagai menu botok. Namun saat segaran surut banyak ikan wader yang tidak dimanfaatkan dan munculah ide untuk membuat menu ikan wader.

Menu di Warung Wader Bu Tin

Enak disantap dengan nasi hangat, Via Instagram keinan165
Enak disantap dengan nasi hangat, Via Instagram keinan165

Sesuai dengan namanya, warung di Trowulan ini menyuguhkan menu ikan wader. Mulai dari digoreng, sampai dengan disambal. Selain menu wader, ada menu lain yang bisa untuk jadi pilihan. Misalnya saja mujair, ayam, tempe penyet, botok urang, botok tahu tempe, botok patin dan lain-lain. Namun menu yang paling difavoritkan para pengunjung yang datang adalah sambal wader yang dipadukan dengan terasi segar, lalapan mentimun dan juga daun kemangi.

Citarasa dari sambel wader ini tambah nikmat karena bahan-bahan yang digunakan sangat segar. Sambal wader ini baru dibuat saat dipesan. Bumbunya perpaduan dari bahan-bahan seperti halnya cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan juga jeruk nipis lalu ditumbuk segar tanpa digoreng. Dan bumbu tersebut dipadukan dengan renyahnya wader yang digoreng garing.

Harga Menu di Warung Wader Bu Tin

Warung Bu Tin, Via Instagram sahat_simarmata
Warung Bu Tin, Via Instagram sahat_simarmata

Jika ingin merasakan kuliner di Warung Wader Bu Tin, harga per porsinya kurang lebih Rp15.000 (per Juni 2018). Warung tersebut buka setiap hari mulai dari pukul 07:00 pagi hingga 17:00 sore. Sementara itu terkait penamaan warung tersebut diambil dari nama panggilan pemilik warung tersebut, namanya adalah Rukiati.

Lokasi ini sangat bisa untuk dikunjungi setelah kamu lelah dan lapar usai berkeliling di sekitaran Trowulan. Kuliner legendaris dan cukup unik dicicipi kenikmatannya bukan? Yuk jangan pikir lama-lama, segera nikmati berbagai menu yang ditawarkan. Next

ramadan
Via Instagram jefline

Es Apollo, Legenda Es di Tanjungpinang Sejak Tahun 1969

Tragedi tenggelamnya KM Lestari

Deretan Fakta Mengejutkan di Balik Tragedi KM Lestari