in ,

Wellness Tourism, Tren Wisata di Saat Pandemi

tren wisata di saat pandemi covid-19

fiwellness

Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan seluruh sektor menurun, tak luput pula sektor pariwisata terkena dampaknya. Perlu adanya upaya untuk mengembalikan kembali pariwisata di Indonesia. Salah satunya dengan mengembangkan Wellness Tourism yang akan menjadi tren wisata di saat pandemi, yuk simak penjelasannya.

Baca juga : Resort dan Villa di Nusa Lembongan dengan Bathtub Terbuka, Bikin Enggan Beranjak!

Sedang Dikembangkan di Indonesia

rempah-rempah indonesia
Ilustrasi rempah-rempah Indonesia via pexels mareefe

Pergerakkan wisatawan di Indonesia mulai meningkat secara siginifikan dalam satu dekade terakhir yang mencapai 1,19 triliun. Menjadi salah satu faktor munculnya konsep wisata wellness di Indonesia.

Wisata Wellness adalah minat khusus para wisatawan bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh. Di Indonesia sendiri pengembangan wisata kesehatan ini sudah ada sejak 2012, namun belum optimal.

Indonesia memiliki banyak bahan baku rempah-rempah dan tanaman obat yang sedang dikembangkan. Karena berpotensi besar mendukung keberlangsungan wisata wellness.

Upaya Mengembalikan Pariwisata Indonesia

jogging wellness tourism
Ilustrasi jogging via pexels pixabay

Konsep wellness tourism yaitu mengedepankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas olahraga Seperti yoga, bersepeda, jogging, hiking serta trekking. Adalah salah satu cara upaya menerapkan wisata wellness.

Selain itu fokus utama bagi pemulihan itu sendiri adalah menerapkan standar prosedur kesehatan. Dengan penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Kemudian upaya selanjutnya yaitu strategi pemasaran dan meningkatkan kualitas SDM. Saat ini diperlukan juga sinergi yang kuat antara pemerintah dan pelaku wisata wellness, agar kegiatan pariwisata ini berjalan lancar.

Fokus Wisata Tergantikan

fokus wissata tergantikan
Ilustrasi protokol kesehatan via pexels Gustvo Fring

Dewan Pariwisata Hongkong, beberapa waktu lalu memprediksi adanya perubahan perilaku dan minat dari para wisatawan saat berlibur, setelah pandemi Covid-19 berakhir. Industri pariwisata pun akan menemukan formula baru yaitu, menempatkan kondisi kesehatan publik sebagai prioritas utama pada negara tujuan.

Konsep pariwisata ini nantinya juga tidak lagi mengedepankan kuantitas jumlah kunjungan, tetapi lebih ke kualitasnya. Sehingga wisata wellness akan menjadi tren pasca pandemi Covid-19.

Korea Selatan Sudah Menjalani

korean spa
Ilustrasi Korean Spa via pexels Andrea Piacquadio

Semua Negara di dunia memang sedang gencar-gencarnya menerapkan wista wellness, salah satunya adalah Korea Selatan. Sebagai destinasi wisata favorit dunia, Korsel telah mengembangkan berbagai pilihan kegiatan wellness.

Ada 4 kategori yaitu spa dan kecantikan, pemulihan dan meditasi, wisata alam, serta pengobatan tradisonal. Rekomendasi tempat-tempat populer yang bisa dikunjungi yaitu Sulwhasoo Flagship Store, Spaland Centum City, Tea Therapy, dan Seogwipo Healing Forest. Bagaimana tertarik mencoba wisata wellness di Korea?

Demikian penjelasan tentang Wellness Tourism yang akan menjadi tren pada kondisi pandemi ini, Teman Traveler ayo ikut menerapkan protokol kesehatan di mana pun ya. Next

ramadan
hotel tengah hutan

Back to Nature, Cobain Hotel Tengah Hutan di Bali yang Asri

pantai di indonesia

4 Pantai di Indonesia dengan Nama Warna, Sesuai Julukannya Ngak Ya?