in ,

Wisata Serba Air di Sumedang, Ada yang Dipercaya Bisa Datangkan Jodoh

Inilah Daftar Wisata Air di Sumedang yang Cocok untuk Basah-basahan

Via Instagram/why_ajie
Via Instagram/why_ajie

Sumedang merupakan kabupaten di Jawa Barat yang selama ini terkenal dengan kuliner berupa tahu. Cita rasa dari tahu Sumedang sudah tidak perlu untuk dipertanyakan lagi, banyak orang menggemarinya. Selain kuliner Sumedang, kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat ini juga menawarkan banyak wisata lho Teman Traveler, termasuk yang bertema air. Berikut ini wisata air di Sumedang yang bisa disambangi untuk berakhir pekan. Sudah siap?

Baca juga : Pantai Sunari, Surga Kecil Penikmat Senja di Sulawesi Selatan

Kampung Ciherang

Kampung Ciherang, Via Instagram/johanvibee
Kampung Ciherang, Via Instagram/johanvibee

Kampung Ciherang merupakan destinasi yang banyak dikunjungi wisata keluarga. Tempat ini cenderung sejuk dan dingin, jadi anak-anak juga akan betah. Lokasinya berada di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Banyak wahana menarik yang bisa dicoba di sini. Salah satunya yakni kolam air berundak yang sangat cantik. Wisata air di Sumedang satu ini juga menyediakan banyak spot selfie, ada kupu-kupu, gardu pandang dan lain-lain.

Situ Biru Cilembang

Situ Biru Ciherang, Via Instagram/nizaramrullah
Situ Biru Ciherang, Via Instagram/nizaramrullah

Wisata air di Sumedang lainnya adalah Situ Biru Cilembang. Tempat ini belokasi di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang. Sangat indah, memiliki warna biru yang menawan. Karena kondisi airnya yang begitu jernih, tidak sedikit masyarakat setempat memanfaatkanya untuk air minum. Kedalamannya mencapai 3 meter dan memang memiliki potensi yang besar dalam hal wisata. Jangan lupa mampir ke sini jika sedang berada di Sumedang.

Curug Sabuk

Curug Sabuk, Via Instagram/agajelek_
Curug Sabuk, Via Instagram/agajelek_

Ada pula namanya Curug Sabuk yang terletak di Dusun Nagorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang. Fasilitasnya di sini sudah cukup memadai, ada parkir kendaraan yang luas, mushola, kamar mandi, penginapan, dan lain-lain. Untuk mencapai lokasi gerbangnya, ada kendaraan pribadi ataupun umum yang bisa dipilih. Ketinggian air terjunnya kurang lebih 70 meter.

Mata Air Cipelang

Mata Air Cipelang, Via Instagram/why_ajie
Mata Air Cipelang, Via Instagram/why_ajie

Jika di Malang ada Sumber Sira, di Sumedang ada Mata Air Cipelang. Tempatnya masih alami dengan air yang jernih, bisa untuk mandi dan basah-basahan. Lokasinya berada di lereng Gunung Tampomas, Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. Kedalamannya wisata air di Ssumedang ini kurang lebih dua meter. Selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk aktivitas harian, seperti mandi, berenang, dan juga irigasi.

Curug Cinulang

Curug Cinulang, Via Instagram/arie_rahmt
Curug Cinulang, Via Instagram/arie_rahmt

Curug Cinulang berada di antara Sumedang dan Bandung. Lokasinya bisa ditempuh dari pusat Sumedang kurang lebih 1 jam. Ketinggiannya mencapai 50 meter. Lokasi tepatnya berada di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Ciamanggung, Kabupaten Sumedang. Air terjunnya begitu cantik dan ada kepercayaan di warga setempat yang mebutkan jika pengunjung yang datang ke sini yang sendirian atau jomblo bisa segera bertemu dengan jodohnya. Hal tersebut hanay mitos, bisa percaya ataupun tidak.

Curug Cigorobog

Curug Cigorobog, Via Instagram/panggilsaja_entry
Curug Cigorobog, Via Instagram/panggilsaja_entry

Ada pula Curug Cigorobog yang berada di Citengah, Sumedang Selatan. Jika ditempuh dari alun-alun Sumendang bisa sekitaran 1 jam perjalanan. Meskipun tidak terlalu besar, air terjun ini setidaknya akan memuaskan orang-orang yang berkunjung. Karena bisa dibilang tempat wisata ini sudah dikelola secara serius sejak tahun 2011 dengan dana bantuan Pemkab dan pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Sumedang tidak hanya memiliki tahu saja, destinasi wisatanya yang beragam juga menjadi pesona tersendiri dan mengundang wisatwan untuk terus berdatangan. Bagaimana Teman Traveler, berangkat ke Sumedang? Next

ramadan
Via Instagram/sbykulinerinfo

Warung Lama H. Ridwan, Kuliner Legendaris di Pasar Besar Malang Sejak 1925

Mie Soto Bogor

Pilihan Wisata Kuliner Bogor, Manjakan Lidah di Kota Hujan