in , , , ,

4 Wisata Alam Kebanggaan Banyumas Siap Takjubkan Mata Wisatawan!

Pancaran Pesona Alam Banyumas Diwakilkan 4 Tempat Istimewa Ini

Banyumas merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan. Terletak dilokasi yang tersembunyi membuat beberapa curug ini belum banyak diketahui oleh wisatawan. Oleh karena itulah, destinasi ini masih alami dan sangat bersih.

Baca juga : Mudik Idul Adha Sambil Traveling Tipis-tipis, Naik Kereta Api Saja!

Jika Teman Traveler punya rencana untuk berlibur melihat keindahan alam terbuka di Banyumas, jangan khawatir karena Teman Traveler bisa melihat salah satu destinasi keindahan curugnya Berikut 4 destinasi wisata alam curug yang siap takjubkan mata. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini ya.

1. Curug Jenggala

0ca8ef024aa5457e936c9efa5fa7292c_FEa.jpg
Curug Jenggala via Instagram @kholis.nugroho

Curug Jenggala berada di daerah Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Lokasi wisata ini pun tidak terlalu sulit untuk ditemukan dan diakses. Teman Traveler masih harus tracking untuk menuju ke Curug Jenggala, kurang lebih sekitar 20-30 menit berjalan kaki. Setiap orang dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang.

2. Curug Gomblang

4149c3a7a9564f6e809fe729dfe99d33_vLT.jpg
Curug Jomblang via Instagram @kholis.nugroho

Curug Gomblang beralamat di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Perjalanan untuk menuju curug kurang lebih 18 km dari Pusat Kota Purwokerto. Setiap orang dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000, sedangkan parkir dikenakan Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. Teman Traveler masih harus tracking untuk menuju ke curug Gomblang yakni kurang lebih sekitar 10 hingga 20 menit dari tempat parkir.

3. Curug Telu Lawang Peri

9b3f7d9da2fc4dbeb2d23b266da1f13c_1F6.jpg
Curug Telu Lawang Peri via Instagram @kholis.nugroho

Nama Curug Telu memiliki arti Air Terjun Tiga dan jika benar-benar diperhatikan, memang terlihat ada 3 air terjun dalam satu lokasi yang sama. Curug Telu Lawang Peri Berada di Desa Karangsalam, Baturaden. Perjalanan menuju lokasi wisata ini masih tanah berbatu dan sawah di samping kanan kiri.

Jalan tanah yang Teman Traveler lewati tidak sampai 1 km, tapi harus tetap hati-hati terutama untuk mobil karena jalannya yang tidak terlalu lebar. Setelah sampai di parkiran, Teman Traveler akan disambut petugas parkir yang akan mengarahkan ke gerbang atau loket tiket masuk yang saat itu tarifnya Rp3.000/orang, parkir Rp2.000/motor dan Rp3.000/mobil. 

4. Telaga Sunyi

252c2e69e7f8473687ea56066851e8fb_gUh.jpg
Telaga Sunyi via Instagram @kholis.nugroho

Telaga sunyi berada di Desa Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat wisata ini tidak jauh dari Lokawisata Baturraden yakni hanya berjarak 2,5 km. Masuk Telaga Sunyi dikenakan biaya tiket saat itu sebesar Rp10.000 dan biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan mobil. 

Air di Telaga Sunyi Baturraden ini juga jernih, sehingga Teman Traveler dapat bermain air, berenang atau hanya sekedar berfoto dengan background pesona telaga dan alamnya. Tergolong sebagai wisata air, namun Telaga Sunyi belum memiliki fasilitas yang lengkap.

Setiap tempat memiliki keindahan yang berbeda-beda serta keunikan tersendiri. Namun, tidak ada tempat yang tidak memiliki pesona alam yang jelek. Semuanya akan menyuguhkan pemandangan yang indah dan nyaman saat berwisata. Yuk kunjungi wisata ini saat pandemi virus corona berakhir nantinya. Stay safe ya! Next

ramadan

Tips Menyelamatkan Diri dari Kebakaran saat Mendaki Gunung

Dermaga Tepian Mahligai, Spot Instagenic dengan Pesona Indahnya!