in ,

Eksplorasi 10 Wisata Alam Pangkep Sulawesi Selatan, Hanya Satu Kata: Menakjubkan!

10 Wisata Alam Pangkep Sulawesi Selatan, Keindahannya Menakjubkan!

Wisata alam Pangkep, salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan, berikan gambaran bentang alam Indonesia yang menakjubkan. Kabupaten seluas 12.362,73 kilometer persegi ini miliki lanskap yang lengkap. Tidak berlebihan, di Pangkep semuanya ada; dari mulai gua-gua cantik, pulau, pantai, air terjun, taman karst hingga taman purbakala. Nggak perlu lagi lama-lama, berikut ulasannya!

Baca juga : Gua Maria Lourdes, Wisata Religi yang Juga Sajikan Keindahan Panorama

1. Gua dan Pemandian Alami Leang Lonrong

Uniknya Gua dan Pemandian Alami Leang Lonrong Pangkep via Instagram/ agusgammar

Leang Lonrong merupakan objek wisata yang unik. Pasalnya, tempat ini adalah gua horizontal dengan aliran sungai bawah tanah di dalamnya. Aliran tersebut ke luar melalui mulut gua. Oleh masyarakat sekitar, air yang tertampung secara alami dioptimalkan sebagai kolam pemandian. Meski lumayan banyak dikunjungi, udara dan air di kawasan ini masih cukup jernih. Jarang-jarang kan ada gua sekaligus kolam alami?

2. Gua Kalibbong Alloa

Pesona Gua Kalibbong Alloa Memesona Siapa Saja via Instagram/ ikafitrianasari

Menjadi bagian dari Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraun (Bulu), Gua Kalibbong Alloa suguhkan penampilan tercantik yang bisa diberikan sebuah gua. Stalagmit dan stalaktitnya mengkilap seperti dipenuhi oleh kristal. Aliran air di dalamnya pun memiliki kejernihan yang luar biasa. Mulut gua ini berada di bagian atas tebing kabur dengan ketinggian 218 mdpl. Sehingga, untuk sampai dan menikmati kecantikan Kalibbong Alloa, Teman Traveler harus memanjat tebing dan merayap dengan kemiringan sekitar 90 derajat.

3. Gunung Bulusaraung

Para Pendaki, Gunung Bulusaraung Menunggumu via Instagram/ muharfahhm

Manjakan para pecinta daki-mendaki gunung, Gunung Bulusaraung jadi salah satu objek wisata Pangkep yang cukup banyak dikunjungi. Ketinggiannya sekitar 1.535 meter mdpl. Dari atas puncak gunung, Teman Traveler akan dapatkan pemandangan yang keindahannya memabukkan. Untuk sampai sini, ada beberapa tantangan yang harus Teman Traveler taklukan. Meski terhitung tidak terlalu tinggi, medan pendakian Gunung Bulusaraung cukup terjal. Sepanjang jalur, siap-siap saja bertemu dengan banyak batuan dan pepohonan. Jika beruntung, hewan-hewan endemik seperti kera hitam dan musang bisa jadi teman perjalanan.

4. Sungai Pallatae

Hamparan Batuan di Sungai Pallatae yang Unik dan Menarik via Instagram/ xxaswanxx

Sungai Pallatae berada di Biringere, Kecamatan Bungoro. Objek wisata di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan ini berbeda dari kebanyakan sungai-sungai di Indonesia. Bentang alamnya mayoritas dipenuhi oleh batuan-batuan besar yang terhampar, membentang secara merata dan eksotis. Kecantikannya semakin sempurna sebab sungai ini dikelilingi oleh pepohonan yang masih sangat asri. Teman Traveler harus ke sini!

5. Air Terjun Cambang Cui

Air Terjun Cambang Cui Tingkat II yang Pesonanya Luar Biasa via Instagram/ pajokka_rempong

Sudah dijelaskan di awal, bahwa Pangkep memiliki objek wisata yang lengkap. Salah satunya adalah air terjun. Dari beberapa air terjun di kawasan ini, salah satu yang cantiknya bikin pengen cepat basah-basahan adalah Air Terjun Cambang Cui. Ia tidak tinggi, tetapi alirannya cukup deras. Di bagian bawah terdapat kolam yang menyegarkan sekali untuk dipakai berenang. Air terjun yang menyegarkan ini berada di Dusun Buhung, Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci.

6. Taman Batu Karst Balocci

Pangkep Miliki Taman Batu Karst Balocci yang Sekeren Ini via Instagram/ daniel_rande

Memberikan sensasi yang berbeda, Taman Batu Karst Balocci ramai dikunjungi. Di sini terdapat batuan-batuan karts yang eksotis. Hamparan karts berwarna abu-abu kehitaman memukau mata siapa saja. Karts-karst tersebut membentuk pola yang unik; sangat instagenic. Berfoto di atas atau di antara batuan karstnya, Teman Traveler seolah sedang berada di luar angkasa.

7. Pulau Samatellu

Siapa Nggak Sabar Liburan ke Pulau Samatellu? via Instagram/ andyamsik

Wisata alam Pangkep selanjutnya yang bisa memberi asupan energi baik untuk Teman Traveler adalah Pulau Samatellu. Keindahan pulau yang secara administratif berada di Desa Mattiro Walie ini sungguh luar biasa. Terwakili oleh air yang sangat jernih, pasir yang putih dan udara yang masih sangat segar. Sesampainya di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk berenang dan snorkelingsnorkeling riang ya. Dijamin memuaskan!

8. Telaga Biru Palleo

Telaga Biru Palleo Cocok untuk yang Butuh Ketenangan via Instagram/ annierusli_

Khusus Teman Traveler yang membutuhkan keheningan, objek wisata alam Pangkep ini bisa jadi pilihan. Pasalnya, telaga ini tenang sekali. Suasana di sekitarnya juga masih sangat alami. Bukan sembarang telaga, Telaga Biru Palleo yang berada di Desa Baring, Kecamatan Segeri, Pangkep ini miliki keunikan. Airnya dapat berubah warna mengikuti cuaca. Jika sedang tidak hujan, airnya berwarna hijau, sementara itu jika hujan, air di kawasan ini akan berubah menjadi biru. Penasaran pasti, kan?

9. Taman Purbakala Gua Sumpang Bita

Salah Satu Gua di Taman Purbakala Gua Sumpang Bita via Instagram/ barrykusuma

Kekayaan wisata alam Pangkep memang luar biasa. Setelah lelah berjalan-jalan menjelajah air terjun, gua hingga taman karst, Teman Traveler akan diajak mengunjungi Taman Purbakala Gua Sumpang Bita. Di sini terdapat dua buah gua yang masih menyimpan sisa-sisa peninggalan manusia purba. Yaitu Gua Supang Bita dan Gua Bulu Sumi. Sesampainya di sini, Teman Traveler akan takjub dengan banyaknya lukisan dinding gua (rock art) dam sejumlah cap tangan. Penasaran? Agendakan segera!

10. Pulau Cangke

Pulau Cangke, Wisata alam di Pangkep
Santai Sempurna di Pulau Cangke via Instagram/ iqbalsahdansyah

Luas Pulau Cangke, destinasi selanjutnya dari wisata alam Pangkep yang harus dikunjungi hanya sekitar 10 km persegi. Meski tidak begitu besar, pulau ini miliki pesona yang menawan. Air yang jernih, pasir putih, udara yang masih sangat asri, dan ketenangan di sekitarnya adalah kemewahan yang tidak setiap waktu bisa didapatkan!

Berjarak sekitar 53 km dari Kota Makassar, Pangkep sungguh bikin penasaran. Teman Traveler yang punya rencana untuk liburan, percayalah wisata alam Pangkep tidak akan mengecewakan. Jadi kapan? Next

ramadan
Via Instagram/kosendahotel

Hotel Dekat Tanah Abang di Jakarta, Tak Perlu Jauh untuk Belanja Murah

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu Kulon Progo, Surga di Balik Perbukitan Menoreh