in ,

10 Pilihan Wisata Bandung Selatan, Lokasi Nyaman untuk Nikmati Kota Kembang

Inilah 10 Wisata Pilihan Wisata Bandung Selatan

Wisata Bandung Selatan yang Wajib Dikunjungi
Wisata Bandung Selatan yang Wajib Dikunjungi

Wisata Bandung merupakan salah satu destinasi populer di Indonesia. Bagi masyarakat Jakarta, Kota Kembang ini jadi lokasi pelarian dan liburan singkat yang sempurna. Banyak destinasi wisata tersebar hampir di seluruh kawasan. Tidak terkecuali dengan wisata Bandung Selatan yang begitu beragam. Ada wisata air, agro wisata dan lain sebagainya. Yuk lihat ada apa saja.

Baca juga : Pura Luhur Giri Salaka, Bangunan Hindu Eksotis di Tengah Alas Purwo

1. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Ranca Upas, via Shutterstock
Ranca Upas, via Shutterstock

Bumi Perkemahan Ranca Upas termasuk juga wisata Bandung murah 2019. Memiliki areal seluas 215 hektar. Tempat ini merupakan hutan lindung yang menjadi habitat banyak hewan lindung. Lokasinya juga menjadi rumah rusa dan burung-burung yang terancam punah. Berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, membuat wisata Bandung Selatan satu ini berhawa sejuk. Datang saja ke Jl. Raya Ciwidey-Patenggang Km 11, Rancabali, Ciwidey Bandung.

2. Barussen Hills

Barussen Hills, via Instagram/bogem_ndhu
Barussen Hills, via Instagram/bogem_ndhu

Barussen Hills merupakan destinasi wisata yang begitu populer di kalangan pengguna Instagram. Pasalnya, di tempat ini menawarkan keindahan alam sekaligus spot Instagenic yang bisa digunakan untuk berfoto. Tak hanya itu, para pengunjung yang datang juga bisa melakukan wisata edukasi di pusat penelitian pohon teh dan kina. Arahkan kendaraan Teman Traveler ke Kampung Barusen, Pasir Jambu Ciwidey, Bandung.

3. Kawah Putih di Gunung Patuha

Kawah Putih, via Instagram/anisadheaa
Kawah Putih, via Instagram/anisadheaa

Wisata Bandung Selatan yang tak boleh ketinggalan adalah Kawah Putih yang terdapat di daerah Gunung Patuha. Lokasi di sini begitu eksotik, alamnya dikelilingi oleh kabut putih yang begitu menakjubkan. Teman Traveler penggemar lokasi cantik nan eksotik bisa datang ke sini. Karena memiliki panorama yang begitu unik inilah, lokasinya kerap jadi spot pre-wedding. Kawah Putih berada di Desa Suhih, Kecamatan Pasir Jambu, Bandung.

4. Pemandian Air Panas Ciwalini

Wisata Air Panas Ciwalini, via Instagram/asetia19
Wisata Air Panas Ciwalini, via Instagram/asetia19

Lawan dinginnya Bandung dengan berendam di air hangat. Pemandian Air Panas Ciwalini menjadi salah satu wisata Bandung Selatan yang menarik. Lokasinya berada di Jl. Raya Ciwidey-Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali, Bandung. Suasana nyaman dan tenang karena berada di tengah alam pegunungan. Wisata ini juga menyediakan ragam permainan seperti flying fox, sepeda, dan ATV Ride.

5. Situ Patenggang

Situ Patenggang, via Shutterstock
Situ Patenggang, via Shutterstock

Situ Patenggang adalah salah satu wisata Bandung Selatan yang tak boleh dilewatkan. Lokasinya berada di Jl. Raya Ciwidey-Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Alam di sini begitu cantik dan diselimuti mitos yang mengundang wisatawan untuk terus datang. Salah satunya adalah Batu Cinta yang diyakini sebagai tempat bertemunya dua manusia yang melatar belakangi sejarah Situ Patenggang. Ada pula Pulau Asmara yang dipercaya bisa mempercepat datangnya jodoh.

6. Perkebunan Teh Malabar

Area Perkebunan Teh Malabar, via Instagram/alam.priangan
Area Perkebunan Teh Malabar, via Instagram/alam.priangan

Menyuguhkan panorama hijau, Perkebunan Teh Malabar ini dikelola dengan baik oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII. Memiliki luas kurang lebih 2.022 hektar yang dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memudahkan. Sebut saja kolam renang air panas, tea walk, camping ground dan lain-lain. Hal unik lainnya, terdapat makam seorang Belanda yang mendedikasikan dirinya untuk pembangunan observatorium.

7. Kebun Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali, via Instagram/mihadi_11
Perkebunan Teh Rancabali, via Instagram/mihadi_11

Berlokasi di Jl. Rancabali, Kecamatan Ciwidey Bandung, kebun teh ini bisa didatangi. Tidak hanya menyuguhkan panorama perkebunan teh yang asri, wisata Bandung Selatan satu ini juga menawarkan pemandian ar panas. Letaknya berada dalam ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut. Sehingga alam sekitarnya memiliki hawa dingin yang sejuk. Buat Teman Traveler yang mencari lokasi berlibur yang cantik dan nyaman, Perkebunan Teh Rancabali ini bisa didatangi.

8. Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang, via Instagram/indoflashlightjabar
Bukit Jamur Rancabolang, via Instagram/indoflashlightjabar

Bukit Jamur Rancabolang yang berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung juga bisa didatangi. Tempat ini menawarkan eksotisme dan keunikan yang bikin orang malas untuk pulang. Bukit ini merupakan sebuah areal perbukitan setengah lingkaran yang membentuk taman. Ada banyak pohon cemara kerdil yang menyerupai tanaman jamur payung. Lokasi ini sangat cocok untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuknya perkotaan.

9. Kebun Petik Strawberry

Kampung Strawberry Ciwidey, via Instagram/ayundakrisna
Kampung Strawberry Ciwidey, via Instagram/ayundakrisna

Teman Traveler juga bisa main-main ke Kebun Petik Strawberry yang juga berada di Bandung Selatan. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Ciwidey, Patengan, Rancabali. Wisata Bandung Selatan satu ini cocok dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Tak hanya memetik di tempat, kamu juga bisa membawa strawberry untuk oleh-oleh atau buah tangan.

10. Situ Cileunca

Situ Cileunca, via Instagram/pergipedia
Situ Cileunca, via Instagram/pergipedia

Ada pula Situ Cileunca yang merupakan sebuah danau buatan manusia yang belokasi di daerah Penegalengan, Bandung. Memiliki luas sekitaran 1.400 hektar, tempat ini juga menawarkan panorama alam cantik dengan air yang jernih. Airnya dimanfaatkan sebagai pembangkit lisrik tenaga air atau PLTA. Datang saja ke  Desa Wanasari, Kecamatan Pangelangan, Bandung. Lokasinya mudah ditemukan, jadi jangan segan-segan untuk datang.

Bagaimana Teman Traveler, apakah ada dari salah satu tempat wisata Bandung Selatan di atas yang ingin segera dikunjungi? Jangan lupa juga mencicipi berbagai kuliner setempat juga, ya. Next

ramadan
via Instagram/desa_kemiren

6 Desa Wisata Budaya di Jawa Timur, Pelajari Tradisi Sembari Traveling

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno, Wisata Alam di Pasuruan dengan Cerita Legendanya