in , ,

Penikmat Pagi, Inilah Tempat Sunrise di Kawasan Bromo-Semeru

Wisata Bromo
Wisata Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau yang akrab disebut dengan TNBTS, memiliki keragaman keindahan diberbagai tempat dan juga waktu. Berada di Jawa Timur, masuk dibeberapa Kabupaten, antara lain Kabupaten Malang, Pasuruan , Probolinggo dan juga Kabupaten Lumajang.

Baca juga : 5 Pantai Jogja Favorit, Buktikan Sendiri Keindahannya

Suasana pagi di Ranu Kumbolo, menjelang terbitnya matahari. Foto Bayu Eka Novanta

Keindahan alam ini terbagi di beberapa kawasan, seperti Penanjakkan satu, Seruni Point, Gunung Bromo, Ranu Regulo serta Ranu Kumbolo dan masih banyak lagi lainnya. Namun, jika kamu menyukai suasana matahari terbit ini dia lokasi yang mungkin bisa sebagai refrensi.

Matahari terbit serta kabut yang dikawasan Probolinggo yang dilihat dari Seruni Point. Foto Bayu Eka Novanta

Seruni Point atau puncak Seruni di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Lokasinya  berada diketinggian 2.400 meter dari permukaan laut. Untuk menuju lokasi ini, kamu bisa lewat arah Probolinggo maupun Malang dan Pasuruan. Namun, jika dari arah Malang ataupun Pasuruan akan melalui lautan pasir. 

Wisatawan berada di Seruni Point, ketika matahari terbit dengan gunung Bromo sebagai latarnya. foto Bayu Eka Novanta

Dari tempat parkir Seruni Point untuk menuju puncak akan melewati anak tangga, kamu bisa berjalan maupun naik kuda untuk keatas. Kebanyakan wisatawan sudah berada di sini sejak pagi sekitar jam 04.00 Wib untuk menanti matahari terbit.

Pagi hari di penanjakkan satu saat gunung Bromo erupsi yang terjadi beberapa waktu yang lalu. foto Bayu Eka Novanta.

Hampir sama dengan Seruni Point, Penanjakkan Satu bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua serta jeep warga lokal. lokasinya berada di Kabupaten Pasuruan. untuk berjalan menunju tempat matahari terbit, nampaknya tak terlalu jauh seperti di Seruni Point. 

 Wisatawan berada di Puncak atau bibir kawah Gunung Bromo. Foto Bayu Eka Novanta

Tidak hanya itu, keindahan matahari terbit juga bisa disaksikan dari bibir kawah gunung Bromo. meskipun, biasanya wisatawan melihat keindahan matahari terbit dari penanjakkan satu ataupun Seruni point dan baru berlanjut melihat kawah gunung Bromo. Tak jarang wisatawan langsung menuju gunung Bromo untuk melihat dan menikmati suasana pagi dari sini.

Wisatawan berada di Ranu Regulo, Lokasi Ranu Regulo ini berada di samping Ranu Pane, Kabupaten Lumajang. Foto Bayu Eka Novanta.

Selain kawasan Bromo, masih banyak lagi lainnya. seperti Ranu Regulo, Ranu ini berada di samping Ranu Pane Kabupaten Lumajang. Untuk menuju tempat ini tak membutuhkan waktu yang panjang, hanya berjalan kaki sekitar 1km dari jalan desa, tempat ini tepat dikunjungi bagi yang memiliki waktu liburan pendek namun tetap bisa menyaksikan pemandangan yang indah.

 Siluet wisatawan berdiri di atas bangunan seperti dermaga kecil di Ranu Regulo. Foto Bayu Eka Novanta

Sama halnya seperti kawasan lainnya, tempat ini juga memiliki suhu yang dingin. jika beruntung, kamu bisa melihat kabut pagi diatas air saat matahari terbit.

Pagi hari di Ranu Kumbolo, Kabupaten Lumajang. Foto Bayu Eka Novanta

Berikutnya adalah Ranu Kumbolo, tempat ini lebih terkenal dari pada ranu Regulo. Lokasinya berada satu jalur menuju puncak semeru, sehingga ranu ini biasa digunakan untuk tempat singgah bagi para pendaki. 

Untuk menuju ranu Kumbolo, kamu perlu berjalan sekitar lima jam dari loket masuk. Biasanya yang melakukan pejalanan kesini bermalam sekitar satu malam hingga dua malam. 

Namun, tak sama dengan tempat lainnya. untuk masuk kesini pemesanan tiket dilakukan secara online, karena tingginya jumlah kunjungan sekaligus memudahkan untuk masuk ke kawasan ini.

Pagi di Ranu Kumbolo, Kabupaten Lumajang. foto Bayu Eka Novanta.

Jika sudah berada di Ranu Kumbolo, kamu dapat berlanjut menuju puncak Mahameru atau Semeru dengan perjalanan sekitar sepuluh jam atau menikmati suasana cukup di Ranu Kumbolo saja.

Selain tempat yang telah disebutkan, TNBTS masih memiliki berbagai tempat yang menarik lainnya, tertantang untk datang menikmati pagi di kawasan TNBTS??? Next

ramadan
Fi pulau Sombori

Pulau Sombori di Sulawesi Tengah, Surga Dunia yang Dijuluki Raja Ampat Mini

Liburan di Padang Gurun? Kenapa Tidak