in ,

Wisata Bunga Mawar Karangpring, Jember, Diolah Jadi Teh Hingga Pomade

Teh mawar khas Desa Karangpring, Jember, manfaatnya banyak bagi kesehatan.

Wisata bunga mawar Karangpring menjadi salah satu andalan Kabupaten Jember. Hamparan bunga puluhan hektar di Desa Karangpring telah memikat banyak wisatawan hingga media untuk datang berkunjung. Teman Traveler jangan mau ketinggalan dong dengan mereka. Mari kita melancong ke bumi mawar Jawa Timur bersama-sama. Simak Informasinya di bawah ya.

Baca juga : Hotel Sekitar Alun-Alun Magelang, Mulai 200 Ribuan Sudah Bisa Liburan Asyik di Kota Militer

Bunga Mawar Mengantar Desa Karangpring Jadi Desa Inovatif

Kebun mawar Karangpring via instagram/nirvana_garden2019

Desa Karangpring menerima penghargaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur sebagai Desa Prakarsa dan Inovatif terbaik di Provinsi Jatim pada bulan Oktober tahun 2018 lalu. Desa ini memanfaatkan sisa bunga mawar yang seharusnya dipakai untuk ditabur di makam, menjadi komoditas dengan nilai jual lebih.

Karangpring yang terletak di Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember ini memang dikenal sebagi sentra penghasil bunga mawar. Sekitar 50 hektar lahan dari empat dusun ditanami bunga mawar. Hampir setiap Kepala Keluarga (KK) di desa ini mempunyai kebun bunga yang siap untuk diolah.

Diolah Jadi Teh, Sirup, Hingga Pomade

Teh bunga mawar via facebook

Bunga Mawar yang tidak terjual kemudian dikeringkan dan dijadikan berbagai macam olahan kuliner seperti teh bunga mawar, sirup, nugget, bahkan pomade mawar. Teh bunga mawar Karangpring memiliki kualitas premium dan layak ekspor lho. 

Adapun proses pembuatan bunga mawar menjadi sirup cukup mudah. Bunga mawar dicuci bersih, kemudian direbus hingga mendidih dan diperas. Hasil penyaringan tersebut kemudian direbus kembali dengan gula pasir hingga mengental menjadi sirup. 

Manfaat Teh Bunga Mawar bagi Kesehatan

manfaat teh bunga mawar via instagram/v.b_store

Teh mawar mengandung berbagai macam zat antioksidan dan vitamin A, B3, C, D, E. Negara Barat dan Timur Tengah sangat memuja teh ini. Teh bunga mawar biasanya digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, sakit perut, hingga kram menstruasi. Teh sari mawar juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah penyakit kanker karena kandungan polifenol di dalam teh, dan bisa menghilangkan stres.

Cocok untuk Swafoto Instagram

wisata bunga mawar karangpring
wisata bunga mawar karangpring via instagram/pesonajember

Hamparan bunga mawar di desa yang asri ini memang menggoda untuk dijadikan tempat swafoto. Tidak perlu pakai terlalu banyak filter karena sudah cantik dari sananya. Desa Karangpring pun sekarang semakin berbenah supaya banyak wisatawan datang ke sini. Salah satunya membangun jembatan untuk tempat swafoto, kemudian membuat aneka kerajinan bunga, contohnya batik mawar.

Mari kita sukseskan program wisata bunga mawar Karangpring. Kemasi koper dan ranselmu dan segera berangkat ke wisata Jember akhir pekan ini. Selamat berlibur!
Next

ramadan
Gajah Tertabrak Kereta

Viral, Seekor Gajah Tertabrak Kereta Api di India

Koleksi di Museum Layang-Layang

Museum Layang-layang, Wisata Edukasi Seru di Ibu Kota