in , ,

5 Wisata di Kalimantan Timur, Potret Keindahan Ibu Kota Baru

Menjelajah Wisata Kalimantan Timur

FI Wisata di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur punya berbagai wisata menarik loh! Kebanyakan di antaranya merupakan wisata alam yang masih lestari. Berikut 5 wisata menarik di Kalimantan Timur yang bisa Teman Traveler kunjungi!

Baca juga : Exploring the Wonderful Mawun Beach, Lombok

1. Pulau Maratua

screen_shot_2019_10_12_at_14_YYp.png
Jernihnya Pulau Maratua via Instagram/icaaaaaall

Nama Pulau Maratua mungkin belum setenar Pulau Derawan. Keduanya merupakan keindahan alam Kalimantan Timur yang belakangan ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Pulau Maratua adalah sebuah pulau kecil yang berada di perairan Sulawesi. Tempat ini menjadi surga bagi pengunjung yang menyukai wisata laut, palagi diving. Air di Pulau Maratua masih jernih. Banyak spot cantik untuk menengok keindahan bawah laut Pulau Maratua.

Ditambah lagi, terdapat resort yang terletak tepat di pinggir laut. Bagi yang menyewa resort tersebut, tentu saja bisa melihat keindahan laut sepanjang hari.

2. Danau Labuan Cermin

Wisata Kalimantan Timur
Danau Labuan Cermin via Instagram/i_pratita

Satu lagi wisata alam air yang juga menggugah wisatawan yang datang ke Kalimantan Timur, yaitu Danau Labuan Cermin. Danau ini berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kata ‘Cermin’ digunakan karena konon, danau ini bisa memantulkan sinar matahari.

Danau ini terdiri dari dua jenis air, yaitu air asin pada bagian atas dan air tawar. pada bagian bawah. Dua jenis air tersebutlah yang membuat adanya pantulan sinar matahari. Danau Labuan Cermin juga sering disebut sebagai ‘Danau Dua Rasa’.

Pengunjung bisa berkeliling menggunakan perahu di sini. Pemandangannya yang cantik dihiasi oleh air yang masih sangat jernih. Ada pula pepohonan rindang di sekitar danau. Bila mengunjungi Danau Labuan Cermin, pengunjung bisa berenang, snorkeling, maupun menyelam. Kedalaman danau ini berkisar antara 4-5 meter.

3. Bukit Dinding

Wisata Kalimantan Timur
Bukit Dinding via Instagram/redm0nster

Sesuai namanya, Bukit Dinding merupakan tumpukan batu yang tinggi dan membentuk seperti dinding. Batu Dinding berlokasi di Desa Bukit Merdeka, Kota Minyak, Balikpapan. Jaraknya kurang lebih 55 kilometer dari pusat kota. 

Untuk mencapai puncak batu Bukit Dinding, pengunjung harus memulainya dari rute KM 45 Jalan Soekarno-Hatta. Pengunjung akan berjalan kurang lebih 500 meter dengan pemandangan yang asri. Kanan-kiri perjalanan terdapat hutan, ada pula pertanian. 

Trekking menuju puncak Bukit Dinding membutuhkan kehati-hatian, sebab jalan yang dilalui cukup terjal yang terdiri atas bebatuan dan pasir. Kanan-kirinya juga langsung berbatasan dengan jurang yang curam. Namun jika sudah sampai puncak, pasti lega deh. Keren! Selain trekking berjalan kaki, pengunjung juga bisa melakukan mountain hiking loh di sini!

Dari puncak Bukit Dinding, pengunjung dapat melihat sunrise dan sunset. Jika ingin melihat sunrise, datanglah pada pukul 04.00 WITA. Jika ingin melihat sunset, datanglah pada pukul 16.00 WITA.

4. Pulau Kakaban

screen_shot_2019_10_12_at_14_7DH.png
Ubur-ubur cantik di Pulau Kakaban. via Instagram/reizhard

Pulau Kakaban dulunya menjadi bagian dari Pulau Derawan. Namun, kini termasuk di Kecamatan Maratua. Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya di mana pengunjung bisa melihat ubur-ubur cantik. Tidak perlu khawatir, ubur-ubur ini nggak menyengat kok!

Pulau Kakaban merupakan pulau yang masih sangat dijaga kelestariannya. Sebagai contoh, tidak diperbolehkan ada penginapan di pulau ini. Selain itu, pengunjung yang ingin berenang juga tidak diperkenankan menggunakan sunblock karena dapat membahayakan biota laut. Pengunjung juga dilarang mengangkat ubur-ubur ke permukaan.

Selain berenang di danau, pengunjung juga bisa melihat Kehe Daeng, sebuah goa yang hanya bisa dilihat ketika air surut. Kehe Daeng berarti ‘Lobang Ikan’.

5. Samboja Lodge

Wisata Kalimantan Timur
Restoran di Samboja Lodge dengan pemandangan hutan asli. via Instagram/ferinandriati

Jika Teman Traveler berkunjung ke Kalimantan Timur, coba untuk menginap di Samboja Lodge. Penginapan ini unik karena benar-benar terletak di tengah hutan, yaitu di hutan konservasi Samboja Lestari yang dikelola yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Konsepnya pun bernuansa kayu, yang benar-benar terbuat dari kayu-kayu daur ulang di hutan tersebut.

Teman Traveler bisa merasakan sensasi tinggal di tengah hutan. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan orangutan dan beruang madu yang tinggal bebas di hutan tersebut, juga melakukan wild trekking. Setiap pengunjung yang menginap di kawasan seluas 1.852 hektar ini turut menyumbang untuk pelestarian orangutan melalui Yayasan BOS. 

Buat Teman Traveler yang mau berkunjung ke Kalimantan Timur, sempatkan mampir ke wisata populer di atas, ya. Kapan rencana liburan ke sini? Next

ramadan

Viral Fashion Show ini Dilakukan di Dalam Goa

Pantai Atuh

Pantai Atuh, Si Cantik dari Nusa Penida yang Tak Mudah Ditaklukkan