in , ,

Pantai Atuh, Si Cantik dari Nusa Penida yang Tak Mudah Ditaklukkan

Mengagumi Keindahan Pantai Atuh di Sisi Timur Nusa Penida

Pantai Atuh
Pantai Atuh (c) Rosita/Travelingyuk

Deretan pantai di kawasan Nusa Penida memiliki karakteristik khas yang sulit ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah Pantai Atuh, si cantik di ujung timur. Reputasinya belakangan tengah naik daun, meski aksesnya tidak mudah. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Pilihan Sate Legendaris di Jogja, Susah Berhenti Makan Saking Enaknya

Lokasi Pantai

pantai atuh
Panorama dari ketinggian (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah Teman Traveler yang pernah liburan ke Nusa Penida? Pulau mungil di kawasan Bali ini dikenal memiliki sederet pantai cantik. Salah satunya adalah Pantai Atuh, yang belakangan tengah naik daun di kalangan wisatawan. Meski tempatnya cukup sulit dijangkau, tempat ini cukup banyak menarik minat pelancong.

Pantai Atuh bisa Teman Traveler temukan di ujung timur Nusa Penida. Begitu tiba di Pelabuhan Banjar Nyuh, kalian harus menempuh perjalanan darat sekitar satu jam. Medan yang akan dilewati memang sudah beraspal mulus, namun tetap harus hati-hati karena kalian bakal menemukan banyak tikungan tajam.

Posisi pantai ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari Raja Lima, hanya dipisahkan tebing tinggi. Mampir ke sini, Teman Traveler bisa sekaligus datang ke Diamond Beach yang letaknya bersebelahan.

Butuh Perjuangan Tak Mudah

img_3446_RDN.jpg
Bukit yang memisahkan Atuh dan Diamond Beach (c) Rosita/Travelingyuk

Beda dengan deretan pantai lain di Bali, untuk menuju sini Teman Traveler harus lakukan trekking melewati medan terjal. Butuh perjuangan tak mudah untuk menuju sini. Setelah menumpang kendaraan bermotor dari Pelabuhan Banjar Nyuh selama satu jam, kalian akan tiba di sebuah bukit. Dari sini kalian bakal melihat melihat hamparan laut biru dan
perbukitan gersang.

img_3539_yE5.jpg
Deretan kafe yang bisa jadi tempat bersantai (c) Rosita/Travelingyuk

Dari sini Teman Traveler masih harus menuruni bukit dengan medan cukup curam. Kalian juga akan melewati jalan setapak berliku dengan bebatuan di atas permukaannya.

Perjalanan akan sedikit lebih mudah jika Teman Traveler datang dari arah Diamond Beach. Kalian masih harus menuruni bukit, namun tinggal melintasi sebuah anak tangga yang langsung mengarah ke bibir Pantai.

Air Laut Sebening Kristal

pantai atuh
Lautan sebening kristal (c) Rosita/Travelingyuk

Menyusuri jalan setapak curam tentu sangat menguras tenaga. Oleh karena itu Teman Traveler jangan lupa kenakan alas kaki nyaman saat berada di sini. Medan yang bakal kalian lewati sama sekali tidak mudah.

Namun begitu sampai di bibir pantai, semua lelah yang dirasakan bakal hilang seketika. Teman Traveler akan langsung disambut megahnya tebing batu yang mengelilingi pantai. Di sekitarnya bakal nampak hamparan pasir memikat, berpadu apik dengan ombak tenang.

Jika diamati lebih dekat, Teman Traveler akan melihat bahwa laut di sekitar sini sangat jernih. Bening bagaikan kristal.

Garis Pantai Atuh sendiri tidak terlalu panjang, namun justru inilah yang menjadi keunikannya. Apalagi posisinya diapit tebing dan perbukitan, membuatnya nampak seperti surga tersembunyi.

pantai atuh
Pantai Atuh memiliki ombak tenang (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Atuh, si cantik di ujung timur Nusa Penida yang tak mudah ditaklukkan. Berencana liburan ke Bali? Teman Traveler jangan lupa sertakan tempat ini dalam list perjalanan kalian ya. Selamat berlibur. Next

ramadan

5 Wisata di Kalimantan Timur, Potret Keindahan Ibu Kota Baru

Salah satu sudut keindahan Blue Lagoon

Blue Lagoon, Pesona Alam Mempesona di Padang Bai Bali